28.3.17

Hari Gini Masih Gak Punya Tabungan?

Bang bing bung yook kita nabung..
Begitulah sepintas lagu jadul yang sering dinyanyiin anak-anak. Lagunya siapa yaaa

Dari kecil kita udah disuruh buat nabung. Siapa yang suka dibeliin celengan ayam sama mama papa buat nabungin duit jajan? Cung tangaan!
Trus pas duit celengannya udah banyak, tergoda deh buat congkel-congkelin isinya biar bisa dipake jajan mie gemez XD Ahahaha
Zaman masih bahagia-bahagia nya banget yak..

petok petok ~

Dan sekarang..
Sampe sekarang pun kita diharuskan punya tabungan sendiri. Makin dewasa, kebutuhan makin banyak, dan ga selalu bisa langsung dibeli saat kamu pengen ini itu. Yap, beberapa keinginan kamu baru bisa terpenuhi kalo udah ngumpulin duit dulu. Kamu pengen beli handphone? Nabung! Pengen beli motor? Nabung! Jalan-jalan ke korea? Nabung dulu dong! Apa? MAU NIKAH? Ya wajib nabung dooongs~ Masa mau nikah pake modal cinta doang? Ya kaliii.. ahahaha

Walaupun sekarang banyak sales kartu kredit yang nawarin bikin kartu kredit dan bisa digesek dimana aja buat jajan ini itu sampe batas limit yang dikasih, tapi tetep aja ujung-ujungnya si tagihan kartu kredit harus dibayar kan? XD Dan gak semua kebutuhan kita bisa dibeli pake kartu kredit. Karena sesungguhnya, jajan pake tabungan sendiri itu lebih membahagiakan dibanding belanja pake kartu kredit. Betul tidaaak? ;)

Jadi, udah berapa juta tabunganmuuu? 

 Kadang suka heran sama orang-orang yang udah kerja bertahun-tahun, tapi pas ditanya tabungannya udah berapa, malah nyengir. Masih banyak yang terlena sama kebutuhan pengen eksis dan dikenal, dan ngorbanin duit sampe jorjoran.

Katanya, belum gaul kalo hari gini belum nongkrong di Starb*ck. Belum kece kalo ga cekin di hotel A pas weekend. Belum kekinian kalo belum punya HP Iph*ne. Dan ini itu lainnya.
Gak ada yang larang loh kamu mau ngehits dan eksis di pergaulan, malah disarankan banget. Yang penting kamu tetap punya tabungan / simpanan buat investasi / masa depannya kamu.


Jadi, gimana dong caranya biar bisa nabuuung?

Nah!
Buat yang udah gajian, coba deh ke Bank terdekat, biasanya tiap bank punya produk tabungan yang sistemnya Autodebet. Misalnya aja nih kamu gajian tiap tanggal 1, dan gaji kamu perbulannya Rp.3000.000. Jadi kamu tinggal minta mba-mba Bank nya buat bikinin rekening tabungan khusus, (kalo di Bank Mandiri namanya Tabungan Rencana Mandiri - TRM), dan setiap abis gajian (misalnya tanggal 2) dipotong otomatis Rp.100.000 (atau bisa lebih, sesuai kebutuhan) dan dipindahin ke rekening khusus penampungan tabungan kamu. Dan pas udah satu tahun / lebih, tabungan kamu udah bisa diambil deh, biasanya duit yang udah ditabung 1 tahun atau lebih bakal otomatis balik ke rekening gaji kamu lagi, tanpa harus datang ke Bank.

Dengan cara nabung paksa di awal, kamu lebih enak buat jajan ini itu. Karena kamu nabungnya bukan pas ada sisa gaji, tapi potong gaji dari awal sebelum dipake.
Gampang kan?

Kenapa aku saranin datang ke Bank?
Karena dengan bantuan autodebet gitu, apalagi kalo gajiannya kamu udah sepenuhnya masuk ke rekening Bank, kamu gak perlu misahin duit gaji secara manual ke celengan, dan kamu gak bakal tergoda nyongkel celengan kamu kayak jaman bocah dulu. Dan enaknya, rekening TRM nya kamu gak bakal dipotong buat biaya administrasi bulanan kayak di rekening gaji. Dan enaknya lagiii, kamu bisa bikin lebih dari satu rekening TRM loh. Bisa dialokasikan terpisah, yang satu buat pendidikan S2, yang satu buat DP rumah, yang satu buat ibadah (Pstt!, nikah itu ibadah loh haha).

Kalo tiba-tiba duitnya dibutuhin gimana?
Biasanya tiap Bank ngasih limit jangka waktu minimal buat nabung paksa (baca: TRM). Kalo di Bank Mandiri sendiri, minimal nabungnya harus satu tahun. Kalo sebelum 1 tahun mau dicairin gimana? Yaa konsekuensinya harus kena penalti Rp150.000 sih. Dan si TRM ini gak bakal ada ATM nya loh yaa, jadi kamu ga bisa ngambil duitnya di ATM :P

Namanya juga nabung, jadi harus jelas.. Tahun depan mau apa? Duitnya berapa?

Mau Beli Rumah, Mobil, Holiday, Camera Mirorless, Handphone, apalagi ya?

Mau nikah 2 tahun lagi dengan budget nikah 48juta?
Berarti kamu nabungnya 2juta perbulan, ambil yang jangka waktu 2 tahun. Gampang kan? Ahaha
Nikahnya 2 tahun lagi tapi belum ada calon? Nah lo. Tenang, masih ada waktu 2 tahun buat nyari pasangannya XD Hehehe

So, masih jaman udah umur segini belum punya tabungan sendiri?
Yuk nabung~

4 komentar:

  1. Belum banyak tabungan. Malah hutang yang menumpuk. Hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah bahaya nih.. Besar pasak dari tiang dong kalo gitu :(

      Hapus
  2. Itu lagunya saksia geofanny
    Kadang kadang mereka juga trio sama angie

    #TauBanget #Hahaha

    Iyaaa ini aku mulai sering nabung nih
    Tapi sering juga digesek huhu :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha hafal banget yak :P
      Masa kecil bahagiaa sepertinya~

      Nah, tabungannya dipisah dari rekening gaji / harian mas.. Jadi bikin rekening baru ajaa, tp jangan diterbitin atm nya, biar ga tergoda buat gesek2 ;)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...