11.11.14

Tips Sehat Tanpa Nguras Dompet (GRATIS!)

Si mamah lagi suka makan daun. Bukan daun bayam atau daun singkong yang biasa di bikin sayur.  Si mamah bukan kaum vegetarian juga. Tapi si mamah lagi suka 'ngunyah' daun yang 'katanya' bisa nyembuhin penyakit ini itu dan lain-lain.

Berhubung si mamah punya relasi yang banyak bingits *anak gehol* *asik*, beliau sering di rekomendasiin makanan, minuman, ataupun obat herbal yang recommended buat dikonsumsi.

Apalagi sekarang obat herbal lagi in banget, ya nggak sih?
Banyak yang suka konsumsi obat herbal karena katanya lebih 'aman' daripada obat dokter. Dan si mamah juga percaya sama hal itu. Berhubung temen-temen si mamah udah mulai banyak yang sakit gula, diabetes, rematik, hipertensi, dsb, dan banyak yang mulai berhasil sembuh karena ngonsumsi dedaunan. Ilmu dan daunnya di share ke mamah. Alhasil dedaunan herbal itu sekarang udah tumbuh lebat di rumah gue.

Pertinyiinnyi..
Apakah dedaunan yang dimaksud? Hijau daun kah? Daun-daunan kah?

Nah ternyata oh ternyata.. si daun bernama binahong dan afrika *wow*

Kata si mamah daun binahong itu bagus buat batuk, jerawat, dan khasiat-khasiat lainnya. Sementara daun afrika (ada juga yang nyebut daun afrika selatan) dipercaya bisa nyembuhin rematik, diabetes, dan penyakit-penyakit lainnya. Bahkan temen si mamah yang ngerekomendasiin daun afrika udah mulai sembuh dari rematik yang dia derita, udah mulai fit gitu deh katanya. :D

Alhasil si mamah nyuruh gue nyari info tentang dua dedaunan tersebut di internet.

Dan akhirnya gue nemuin kesimpulan bahwa :

DAUN BINAHONG
TERNYATA daun binahong itu terbukti bisa ngobatin berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit berat (batuk / muntah darah, paru-paru / bolong, kencing manis, sesak nafas, borok akut (menahun), patah tulang, darah rendah, radang ginjal, gatal-gatal / eksim kulit, gegar otak ringan / berat, hingga penyakit ringan (disentri / buang air besar, ambeien berdarah, hidung mimisan, habis bedah /operasi, luka bakar, luka berdarah, kecelakaan / benda tajam, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan kelancaran haid, habis bersalin / melahirkan, menjaga stamina tubuh, penghangat badan, lemah syahwat).

Penampakan daun binahong :

Gambar daun binahong
Penampakan daun binahong

Daunnya kecil-kecil, batangnya tipis dan gampang merambat kemana-mana. Itulah bentuk fisik dari daun binahong ini. Bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit, daunnya kecil fungsinya banyak.

Gimana cara ngonsumsinya?
ambil 4-20 lembar daun binahong, direbus dalam 2-3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. Kalau mau ngobatin luka berdarah, daun binahong bisa langsung ditumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan berulang kalau luka masih basah atau kondisi luka yang parah.

Untuk mengobati jerawat, bisa langsung ambil 5 daun binahong atau lebih dan tumbuk hingga hancur. Langsung oleskan pada wajah secara teratur. Baiknya dioleskan saat malam hari sebelum tidur.

Untuk pengobatan luar (memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit), daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.
Selain daunnya, umbi atau rimpang tanaman binahong juga berkhasiat sebagai obat. Caranya, ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari. Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.


DAUN AFRIKA
Bisa untuk mengobati diabetes, rematik, batuk, hipertensi, mengurangi kolesterol jahat, asam urat, pengerasan hati bahkan kanker hati dan pembuangan racun dari tubuh (detoksifikasi), susah tidur, kesemutan, demam, pusing kepala, menghilangkan flek flek hitam silinder, infeksi kerongkongan, menghilangkan dahak, melancarkan buang air seni, menguatkan fungsi lambung, menguatkan fungsi paru-paru
Psst.. katanya daun afrika nggak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil dan selama mengalami menstruasi loh! 
 
Gimana cara ngonsumsinya?       
ambil satu lembar daun Afrika dan cucilah sampai benar-benar bersih, kunyah secara mentah tiap hari satu helai daun atau diseduh dengan air panas dengan menggunakan 3 sampai 5 lembar daun. Lakukan setiap hari. Bisa juga dimasak dengan air sebanyak 5 sampai 7 lembar daun.

Berhubung rasanya pahit (banget kalo kata gue -_-), kamu bisa nyediain teh manis atau madu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Atau air rebusan daun afrikanya bisa ditambahkan dengan madu. Khusus untuk sakit batuk, kamu bisa jemur beberapa lembar daun afrika hingga kering kemudian tumbuklah sampai halus. Lalu ambil 2 sendok makan daun Afrika yang sudah kering kemudian seduh dengan air panas. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari untuk mengobati batuk dengan cepat.

Penampakan daun afrika :

Penampakan daun afrika
***

Setelah dapat pencerahan dari mbah google (dari berbagai sumber yang udah dirangkum), akhirnya si mamah tambah semangat buat ngerebus air dedaunan itu tiap hari. Tiap hari di selang-seling, kalau hari ini daun binahong, besok daun afrika, besoknya lagi daun binahong, gitu seterusnya.

Gue sendiri udah beberapa kali nyobain rebusan daun binahong, nggak kayak dedaunan lain yang pahit banget kalau abis direbus, air rebusan daun binahong nggak pahit sama sekali! Malah nggak berasa apa-apa, kayak minum air putih biasa. Dan gue sama mamah suka nambahin 2 sendok madu biar makin sehat :D

Besoknya si mamah ngerebus daun afrika + air. Alhasil gue ikut nyobain juga khasiat daun rebusan dari benua seberang ini. Dan ternyata.. air rebusannya pahit banget! Walau udah dicampur madu, tetep aja pahit banget. Tapi sebenernya wajar juga sih kalau rasanya pahit, namanya juga obat :3 Si mamah yang udah biasa minum rebusan-rebusan daun gitu udah kebal sama rasa pahitnya, dalam satu teguk bisa habis satu gelas, hebat! *tepuk tangan*. Gue? Ngik, minumnya pake perasaan. Minum satu teguk, langsung minum air putih buat ngilangin pahit, terus jeda 5 menit. Abis itu minum satu teguk lagi (agak banyakan), hampir muntah -_-, dan begitu seterusnya sampai -akhirnya- HABIS! Yeay!

air rebusan daun afrika
Air rebusan daun afrika - kuning banget -_-
Kebiasaan, gue suka minta lebihin segelas kalau si mamah bikin rebusan daun. Tapi agak trauma sama daun afrika ini :3 Kalau disuruh milih, gue lebih suka daun binahong :D Ponakan gue aja gak nyadar kalau air yang dia minum ternyata air rebusan binahong, karena bentuknya dan rasanya kayak air madu biasa XD

Wah seru khasiatnya!
Gimana cara nanemnya nih?

Nah, untuk daun afrika ini gampang banget nanamnya. Tinggal minta batangnya ke tetangga, di tanam ke tanah, siram-siram, besoknya udah subur deh. Kalau binahong, tinggal minta tanaman anaknya (yang ada akar ya!) ke tetangga, di tanam di pot, kalau bisa di potnya ditanamin besi juga ya, biar binahongnya gampang merambat ngelilingin besi.

Hihi, gitu deh tips sehat tanpa nguras dompet ala gue. Beneran bisa bikin sehat kalau dikonsumsi rutin. Nggak nguras dompet karena daunnya bisa langsung diambil dari pekarangan rumah. Gratis, bisa langsung minta daunnya ke tetangga (kalau gak punya tanamannya di rumah).

So, sehat itu nggak mahal toh? ;)

4 komentar:

  1. Kalau daun afrika dikunyah langsung, saat dikunyah akan terasa pahit. Tapi sesudah menelannya, di mulut akan terasa manis selama kira2 15 menit. Ini sudah saya buktikan sendiri dan sudah beberapa orang yang merasakan hal yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya apakah benar? nanti sy coba deh dirumah, terima kasih info nya

      Hapus
    2. Benar itu. Setelahnya akan terasa manis di lidah.

      Hapus
    3. Benar itu. Setelahnya akan terasa manis di lidah.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...