2.11.14

Hujan Disini, Kemarau Dimana-mana

Banyak yang bilang hujan itu rahmat. Tapi banyak juga yang suka kesel kalau hujan datang. Kata mereka sih, hujan itu bikin aktivitas terganggu, jadi gak bisa keluar rumah, basah, dingin, banjir, galau, inget mantan, dan sebagainya.

Ngomong-ngomong soal banjir nih, ternyata gak cuma di kota besar aja yang udah berlangganan wisata air itu. Ya, realitanya sekarang kota kecil pun udah merasakan 'nikmatnya' kolam renang dadakan akibat hujan lebat. Seperti kota gue ini, Padang.

Akhir-akhir ini, hujan gak pernah bosen ngapelin kota Padang. Jadwal ngapelnya sih hampir tiap hari, sejak siang, lanjut sore, sampai tengah malam. Dan biasanya menjelang pagi baru kelar ngapel. Hujannya juga jarang rintik-rintik biasanya itu ya hujan lebat. Dan karena tuntutan pembangunan yang makin marak, sanitasi air yang mulai terganggu, banjir suka ikutan mampir di beberapa daerah.

Hujannya gak cuma mengguyur Padang, di kota-kota lain kawasan Sumatera Barat juga sama basahnya.

Penampakan banjir yang lagi ngapel di kota Solok (masih di kawasan Sumbar) :

penampakan banjir di solok yang sempat bikin heboh se-Sumbar (30 Oktober 2014)

kelamaan ngapel sih, jan *ngomong sama hujan*

Sebenarnya hujan itu memang rahmat, karena hujanlah tanaman, binatang, dan manusia bisa hidup dan beraktivitas.  Kayak yang udah tertulis di Al-Qur'an :
“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf : 11)
“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiya’ [21] : 30)
 “Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS. Qaaf [50] : 9)
*Bahkan turunnya hujan-pun udah tertulis di Al-Qur'an*

Hujan memang banyak gunanya..
Tapi kalau sampai banjir gini? Ya kita gak bisa nyalahin tuhan dong ya. Kan banjir itu karena ulah kita juga yang kalap nebang pohon, buang sampah sembarangan, dan tersumbatnya saluran air.
Jadi walau hujan lebat datang, bersyukurlah :) Karena ternyata ada orang-orang yang belum seberuntung kita. Di daerah jawa sana hujan udah lamaaa banget gak ngapelin. Kasihan :(

Andai aja hujan bisa di transfer lewat rekening. Andai aja hujan bisa dikirim lewat email. Pasti deh hujan lebat yang disini udah terbagi merata ke seluruh Indonesia. Tapi katanya pawang hujan bisa ngelakuin transfer-transfer begituan yak? Bener gak sih?

:") Semoga cepat turun hujan disana ya buk
*panggil pawang hujan*

Semoga hujan bisa segera turun di daerah yang kekeringan *amin* :))

Apa yang bisa kita lakuin kalau hujan tiba? Berdo'a!
Ya, salah satu waktu yang mujarab untuk berdoa itu ketika hujan datang. *brb cari referensinya*

Nah, kalau lagi hujan pas kamu baca postingan ini, yuk doa :)

Do’a ketika terjadi hujan lebat :
“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari"
[Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan]

*Ketika hujan turun begitu lebatnya, Nabi Muhammad ngeaca doa diatas, dan beliau memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah.


Do’a ketika turun hujan sebagai rasa syukur pada Allah :
”Allahumma shoyyiban nafi’an”
[Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]


Berhubung doanya simpel, bisa kamu hafal deh. Jadinya bisa langsung doa ketika hujan turun ;)

***

Sumber doa :
Hujan Adalah Berkah dan Rahmat Allah SWT

8 komentar:

  1. Wiih... bahagianya yang udah hujan di Sumbar. Iya mbak.. Jatim kering nih. Surabaya hawanya panas dan sumuk. Baru hujan sekali beberapa waktu lalu dan cuma bentar. Sampe sekarang masih nunggu hujan turun lagi. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini udah hampir dua mingguan hujannya, alhamdulillah :)
      semoga cepat turun hujan ya disana, biar gak kekeringan lagi :')

      AMIIN!

      Hapus
  2. Di Malang belum hujaan sama sekali, tapi gpp sih, kalo hujan Malang tambah dingin *katanya
    Anak kos soalnya belum tau apa" haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi di malang nggak sampai kemarau kan?
      kalau inget malang jadi pengen apelnya :3 *eh

      Hapus
  3. Di Jogja udah ujan tadi malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah :)
      moga kekeringannya bisa semakin berkurang :)

      Hapus
  4. Iya bener
    Yang di solok kemarin bikir warga sumbar ribut banget
    Dan baru tau juga ternyata di daerah lain sedang kekeringan

    Musim nya udah kacau ya..
    Iklim nya juga..

    #PrayForIndonesia #StayStrongPlanetEarth

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, jadwal hujannya nggak samaan gitu ya. mungkin karena global warming :3
      #PrayForIndonesia #StayStrongPlanetEarth

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...