16.5.14

Nak, Ajarin Emak Internet!

ketika internet dalam genggaman tangan

Kini, tangan ini lebih sering bersentuhan dengan handphone (HP). Kapan-pun ada waktu luang, diatas angkot-lah, pas istirahat sejenak dari belajar, menjelang tidur, bahkan sambil menikmati ritual pagi di kamar mandi-pun *ups*, handphone nggak bisa lepas dari genggaman tangan. Lantas, apa yang ku kerjakan?
Ya, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, informasi menjadi semakin penting dan mahal. Informasi itulah yang aku cari setiap saatnya di HP. Scroll twitter, scroll portal berita, facebook, instagram, dll. Informasi yang dicaripun beragam, mulai dari berita hot *trending topic*, berita politik (yang udah semakin seru untuk disimak), berita bola (ya, gak cuma cowok yang suka bola), info perkembangan teknologi terbaru (namanya juga anak jurusan Sistem Informasi, gak boleh kudet buat hal ini), berita-berita ringan, mulai dari lifestyle, tips ini itu, dan lain-lain. Dan pastinya internet yang lancar lewat HP ini bisa dilaksanakan bisa didukung dengan paket data dan quota yang memadai. Sama halnya seperti laptop bertemu modem, tanpa paket yang pas, internet-an bakal nggak lancar, kayak susah BAB gitu :3

Tapi nggak selalu aku bisa mendapatkan akses internet yang lancar. Apalagi saat-saat di daerah pinggiran kota. Ya, aku-pun teringat masa-masa menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) setahun yang lalu...
(Sungai Liku, 15 Juli 2013)
Teriknya matahari, kencangnya angin yang menghembus dedaunan kelapa, dan damainya suasana pedesaan menjadi santapan harianku selama disini, Sungai Liku. Aku menetap disini, di salah satu nagari kecil di Kabupaten Pesisir Selatan. Namanya nagari Sungai Liku Palangai. Sesuai dengan namanya, nagari ini berhadapan langsung dengan sungai. Dan lokasinya jauuh dari kota :3 Jangan harap bisa lewat jalan yang mulus bila ingin kesini. Aku diutus dari jurusan Sistem Informasi, dan pastinya bakal mensosialisasikan hal-hal berbau teknologi dan internet.

Sebagai seorang mahasiswa masa kini, laptop telah menjadi pacar kedua bagiku *eh bukan jomblo. Dan hidup terasa semakin lengkap ketika laptop itu bisa menggapai sinyal internet. Biasanya sinyal internet itu didapat dari modem ahong putihku.

Tapi disini, aku mengalami kesulitan menjalani ritual internetan. Ya, sinyal kartu modem yang biasa kugunakan tidak ada disini, padahal aku biasa menggunakan modem itu untuk berselancar di dunia maya. Dan di zaman itu (2013), aku lebih sering berselancar dengan laptop dibanding handphone (karena handphone terlalu lemot dibawa internetan). Demi tetap bisa eksis di internet-lah, makanya niat beli modem baru + kartu baru yang sinyalnya ada disini :3.

Dan kini, di sebuah teras rumah yang menjadi tempat tinggalku selama disini, aku browsing, sibuk bermain dengan keyboard laptop, mengetikkan satu persatu huruf , dan tenggelam didalamnya. Aku mengetikkan alamat di browser, www.kaskus.co.id, dan membaca berita terbaru di forum terbesar di Indonesia itu.


anggap aja ilustrasi kejadiannya kayak gini : | (sumber)
Tiba-tiba, seseorang menghampiriku. Ia memanggil namaku berkali-kali, dan akupun tersadar kalau emak gaul yang datang. Emak gaul? Ya, emak gaul adalah panggilan sayangku ke emak yang jiwanya lebih muda 15 tahun dari raut wajahnya ini. Beliau suka berkumpul bersama kami, mahasiswa KKN, sekedar untuk bercerita dan menanyakan kabar. Mak gaul juga senang mempelajari kosakata 'gaul', seperti kepo, galau, alay, retweeet, dsb. Dan ternyata kini emak gaul penasaran dengan apa yang kubaca.


emak gaul : yang dikanan


Emak Gaul : Itu apa nak? (nunjuk layar laptop)
Aku : Itu namanya website mak, website kaskus. Disini emak bisa tau informasi-informasi terbaru tentang semua hal. Nah, kaskus ini diakses dengan internet mak.
Emak Gaul : website? Kaskus? Internet?
Aku : iya mak, internet itu adalah jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain. Jadi internet ini bisa memudahkan kita mendapat informasi di dunia maya, informasi di seluruh dunia. Semua yang mak dicari ada di internet, mulai dari berita politik, berita bola, cari tugas sekolah, unggah lagu kangen band favorit emak, ketemu temen baru ataupun temen lama, semuanya bisa dilakukan dengan internet, terus mak juga bisa jualan di internet deh! Ada juga yang namanya website, kayak Kaskus yang aku buka ini, yang nampilin info-info yang mak butuhin.
Emak Gaul : Ya elah nak, kalau cuma untuk itu sih di koran juga ada. Lengkap deh disana, emak bisa baca berita bola, berita politik, dan berbagai iklan lainnya. Cari tugas sekolah? Kan ada dibuku cetak. Unggah lagu kangen band? Kok tau sih lagu kesukaan emak *-* Kalau emak sih biasa beli kasetnya di balai jumat aja, toh cuma lima ribu doang. Naah, kalau mau ketemu temen baru temen lama kok lewat internet toh nak? Ketemunya langsung dong, pergi ke rumahnya, atau pergi ke balai jumat tuh, rame! biar banyak punya temen baru. Terus, apa satu lagi? Jualan di internet? Hadeh hadeh.. yang namanya jualan ya di balai jumat sana nak. Masa di internet? Siapa yang mau beli nak eee. Ckck..
JDERR!
****
*Kembali ke masa sekarang*
Jawaban nyeleneh emak gaul itu membuatku tersadar, sebenarnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal internet. Emang sih, menurut survey yang dilakukan Markplus Insight, jumlah pengguna internet Indonesia didominasi oleh generasi muda berusia 15-30 tahun (sumber). Dan menurut hasil studi riset EDUQO yang berjudul "Keamanan Penggunaan Media Digital pada Anak dan Remaja di Indonesia" kerjasama antara UNICEF dengan mitranya termasuk Kementrian Komunikasi dan Universitas Harvard, Amerika Serikat, dengan sampel penelitian anak dan remaja sebanyak 400 responden dari seluruh Indoneisa yang mewakili pedesaan dan perkotaan (umur 10-19 tahun), ditemukan bahwa 98% anak dan remaja mengaku tahu tentang internet, dan 79,5% nya adalah pengguna internet (sumber). Sementara menurut Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston (24 Maret 2014), ada 27% masyarakat Indonesia yang mengakses internet secara reguler, sedangkan 73% belum melek internet (sumber).

Wow, hal ini tentunya mengejutkan kita, hanya remaja hingga dewasa yang mengerti tentang internet. Selebihnya? Masih banyak orangtua yang buta internet. Sebenernya wajar aja sih banyak orang tua yang masih buta internet, karena pas zaman mereka muda internet belum ada. Dan lagi, lebih dari setengah masyarakat di Indonesia belum melek internet a.k.a buta internet, atau istilah kerennya gaptek (gagap teknologi). Buta internet itu sendiri adalah sebutan bagi seseorang yang tidak bisa menggunakan teknologi internet dengan baik.
Dan ternyata, ada beberapa faktor yang bikin seseorang bisa terkena penyakit buta internet, yaitu:
1. Letak geografis. Menurut hasil studi riset EDUQO, ada kesenjangan digital antara responden yang tinggal di perkotaan dan di pedesaan. Contohnya responden dari daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Banten yang berada di perkotaan yang hampir semuanya bisa mengakses internet (lebih sejahtera), hal ini berbanding terbalik dengan responden dari daerah Maluku Utara dan Papua Barat yang berada di pedesaan, hanya sepertiga responden saja yang menggunakan internet. Dan berarti ada dua pertiga masyarakat disana mengalami buta internet. Angka tertinggi penduduk yang masih belum melek internet adalah didaerah perbatasan.
2. Tak ada fasilitas internet yang memadai, sehingga menyulitkan masyarakat menggunakan fasilitas internet untuk membantu kegiatan mereka. Hal ini juga sering terjadi pada masyarakat yang hidup pas-pasan, tidak ada uang berlebih untuk membeli pulsa internet, ataupun membeli gadget / laptop untuk mengakses internet tersebut.
3. Masyarakat perkotaan yang tidak mau tahu tentang internet. Walau masyarakat perkotaan lebih mudah menggapai informasi, ada saja masyarakat perkotaan yang tidak tertarik untuk mengerti tentang internet. Mereka tidak begitu peduli dengan perkembangan teknologi saat ini, yang penting hidup mereka adem ayem.
Padahal internet tebukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. So, untuk itulah kita sebagai generasi muda wajib mensosialisasikan internet kepada semua kalangan masyarakat, sehingga penyakit buta internet bisa diberantas, dan semua masyarakat Indonesia bisa melek internet.

Siapa aja sih yang harus kita kenalkan dengan internet? Apakah itu orang tua kita? Atau tetangga sebelah rumah? Keluarga di desa? Orang-orang yang jualan di pasar? Siapapun itu, yuk kita kenalin apa itu internet dan berbagai manfaat dari penggunaan internet kepada mereka :) Nah, jadi kita bahas satu persatu ya, mulai dari definisi internet dulu!

DEFINISI
Jadi, Internet adalah suatu wadah untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, hiburan, teman, dan sebagainya. Kalau kata om wikipedia sih, internet itu adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Bingung? :D
Intinya internet itu adalah jendela untuk mengakses berbagai macam informasi yang ada di seluruh penjuru dunia, yang juga berfungsi menjadi media komunikasi, mendekatkan yang jauh, merapatkan yang dekat.
--

Setelah tau definisi internet, kita lanjut ke tahap kedua! Tau manfaat penggunaan internet!
Kalau menurut hasil studi riset EDUQO sih, anak dan remaja sering memanfaatkan internet untuk mencari informasi (dorongan tugas-tugas sekolah), untuk terhubung dengan teman (lama dan baru), serta untuk hiburan. Tapi sebenarnya manfaat internet jauh lebih banyak daripada itu. Dengan menjelaskan berbagai ragam manfaat internet pada masyarakat buta internet, diharapkan mereka akan tersadar bahwa mereka membutuhkannya, mereka tidak bisa terus-menerus hidup tanpa internet.
Oleh karena itu,

BEBERAPA MANFAAT INTERNET ADALAH:
#Bisnis
Menjalankan bisnis melalui internet? Why not?
Banyak kok yang udah nyobain, dan berhasil! Pebisnis sukses mengakui bahwa dengan menjalankan bisnis di internet, modal yang dikeluarkan jadi lebih minim, atau bahkan bisa tanpa modal serupiah-pun.

Kenapa harus berbisnis online? Karena untuk menggapai pasar yang lebih luas, sehingga internetlah yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Pembeli tidak hanya dari tanah abang lagi, tapi se-Indonesia! Bahkan mendapatkan pembeli dari luar negeri juga bisaa~ Dan pastinya cakupan pembeli produk menjadi lebih luas dibanding berbisnis / jualan di dunia nyata.

Beberapa potensi di internet yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah jualan produk / jasa secara online,  e-commerce, iklan, dll. Ya, nggak salah lagi, internet dapat mempromosikan produk / jasamu secara efektif dan efisien. Tertarik mencoba?

jual di internet aja pak, biar cepet laku! (sumber)

#Mencari Hiburan
Banyak pengguna yang mengakses internet untuk mencari hiburan, seperti bermain game, unggah lagu, unggah film korea, unggah game, menonton streaming tv online, dll. Mereka menggunakan internet untuk melepas stress dari aktivitas sehari-hari.

#Sumber Informasi
Tidak dapat dipungkiri, internet menyediakan akses informasi yang murah, dan kamu bisa mengakses sumber berita dan informasi yang diinginkan.  Saat ini banyak portal berita online, informasi bertebaran dimana-mana, bahkan tidak sedikit informasi palsu juga ikut meramaikan dunia internet. Jadi, kita harus bisa pilih-pilih informasi ya :) Jangan sampai percaya HOAX :)

lagi baca blog aku ya mbak? :3 *eh (sumber)

#Sarana Komunikasi
Setelah internet muncul, komunikasi dapat dijangkau jauh lebih efisien dan praktis dengan adanya fasilitas email, chatting, media sosial (seperti Facebook, Twitter, Path, dll), hingga voice chat yang menjangkau seseorang hingga ke seluruh dunia.

Dengan berkembangnya situs jejaring sosial, forum, dan blog di internet, memungkinkan kita mengenal orang -orang dari segala suku bangsa dan negara dengan mudah, walau tidak dapat bertemu secara fisik. Contohnya aja kayak chatting sama bule, kamu bisa jadi nggak tau wujud orang yang kamu ajak ngobrol kan? :D


(bule-bule lagi chatting) Hi! ASL Pls! :)

#Untuk Keperluan Darurat
Contoh, saat berada di suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya (nyasar), dan gak ada tempat bertanya selain internet. Dengan mengakses Google Maps atau informasi pada Google, kita dapat menemukan alamat, dan lokasi yang harus dituju untuk menuju lokasi tertentu dengan cepat. Ya, internet memang dapat membantu pengguna untuk keperluan yang cukup mendesak.

***
Naaah, itulah manfaat-manfaat internet yang seru banget! Dan ketika definisi dan manfaat internet ini aku jelasin ke emak gaul, beliau excited! Dan malah jadi semangat buat belajar, she said 'nak, ajarin emak internet ya!'.. Iya mak :')

Next, kita gak cuma ngasih teori ke mereka. Kita juga harus bantuin mereka biar bisa make internet dengan baik dan bersahabat dengannya. Kita bisa membantu mereka yang belum merasakan serunya manfaat berselancar di dunia internet.

Apa yang bisa kita lakukan?
Yaitu dengan cara...

Sosialisasi Gerakan Anti Buta Internet! Yeay!

Caranya:
- Sosialisasi tentang internet, manfaatnya, dan menjelaskan bagaimana cara berinternet sehat
- melalui workshop dan pelatihan
- mengarahkan bakat dan minat masyarakat dan mencarikan media pembelajarannya di internet
- bakat dan minat juga nggak jauh-jauh dari profesi. Biasanya seseorang melakukan pekerjaan yang sesuai passion-nya. Untuk itu kita harus mengarahkan mereka sesuai ketetarikannya tersebut.
Contoh:
* Buat seseorang yang hobi nulis / pekerjaannya penulis, bisa diajarkan menulis di blog, agar makin banyak yang membaca karya tulisannya, dan bisa diapresiasi (diberi kritik dan saran) dengan baik.
* Buat seseorang yang hobi travelling, banyak blog yang bercerita tentang keindahan suatu tempat, kamu bisa mencari-cari info tentang rekomendasi tempat jalan yang sesuai dengan budget dan lokasi.
* Buat seseorang yang hobi nyanyi / penyanyi, biasanya suka share suara mereka di internet, ya hitung-hitung menghibur semua orang dengan suara merdu mereka (iya mereka, bukan kita :3), bisa lewat soundcloud, instagram, youtube, dll. Kali aja ntar ada produser yang gak sengaja liat video nyanyi kamu di youtube, demen sama karakter suara kamu, dan diembat deh buat bikin album! Seru nggak tuh!
* Buat ibu rumah tangga juga bisa, bosan sama masakan yang itu-itu aja? Bisa liat resep masakan sesuai dengan stok bahan baku yang dipunya lewat internet, cara mendidik anak biar bisa jadi anak yang cerdas dan saleh juga banyak banget bertebaran di internet, tinggal dipilah pilih deh.


mau nyari cara mendidik anak di internet ya, Bu?

* Buat yang ngerasa cantik / berbakat model, bisa jadi model endorse produk-produk toko online (biasanya), atau model fotografer, bisaa.. sering-sering main di instagram aja.
* Buat petani juga bisa loh! Petani bisa mencari cara budidaya tanaman yang baik (sehingga dapat mengelola sendiri komoditi jika sewaktu-waktu ada penurunan harga komoditi yang ditanam), cara mencari komoditi yang cocok ditanam sesuai kondisi tanah, cara menanamnya, mengatasi hama, proses pengolahannya (untuk mengatasi anjloknya harga komoditi itu dipasaran), hingga menjual produk komoditi petani tersebut di internet.

Pemasaran juga menjadi aspek penting yang bisa dilakukan dengan internet. Petani bisa menjelaskan secara detail tentang produk unggulan didaerah mereka, dan nantinya juga bisa mendatangkan investor / wisatawan kesana (sumber). Lahan perkebunan kan juga bisa dijadikan tempat wisata, asal tidak merusak. Lumayan, buat nambah pemasukan :P


Hari ini nanam apa ya? *googling* (sumber)

* Buat tenaga pendidik (guru / dosen), internet bisa digunakan untuk mencari bahan ajar, media komunikasi ke siswa / mahasiswanya, sebagai media upload materi pembelajaran ataupun tugas kuliah.
* Buat pengangguran, bisa banget buat nyari cara-cara berbisnis, cara buka peluang usaha sendiri dengan skill yang telah dipunya. Kalau masih mau jadi pegawai juga, info lowongan pekerjaan juga banyak kok di internet, daftar lewat internet pun bisaaaa..
* dan lain-lain (ex: siswa, mahasiswa, PNS, dokter, peternak, dan masih banyak lagi~)
---
Setelah diarahkan, Tiba saatnya belajar biar bisa mengakses internet, biar gak gaptek lagi..
So yang harus dilakukan adalah..
First..
Punya / minjem 'sesuatu' buat mengakses internet tersebut, bisa jadi 'sesuatu' itu berupa laptop, komputer, notebook, smartphone, tablet, dan lain-lain.
Second..
Punya akses internet, bisa jadi berupa paket internet, sinyal wifi, ataupun pulsa (bagi pengguna handphone non smartphone).
Third..
Gunakan internetnya! Bisa dengan cara buka browser untuk memulai berselancar, ketikkan alamat yang akan dituju, atau cari kata kunci di search enginee (seperti google)
Pilihan lain..
Apabila kamu menggunakan smartphone / tablet, kamu bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang lebih memudahkan kamu mengakses internet, tanpa perlu mengetikkan alamat link di adress bar browser. Banyak aplikasi yang memudahkan kita mencari apa yang kita butuhkan. Ada aplikasi facebook, tweetdeck, kompas, dll. Ada macem2 deh.
Cara gampangnya.. Langsung aja ke warung internet. Cukup membayar sesuai tarif yang telah ditetapkan (biasanya 3000 perjam), warnet menjadi pilihan seru bagi orang-orang yang ingin berinternet ria. Sambil internetan, bisa dapet temen baru juga tuh dari yang duduk disebelah meja komputer kamu :P
---
Finally, Internet itu seru, mengasyikkan! dan gampang untuk dijalani!
Jadi jangan pernah beranggapan bahwa internet adalah hal rumit dan hanya cocok digunakan anak muda. Tapi ingat! kita juga harus bisa menggunakan internet untuk hal-hal positif. Kadang banyak yang salah menggunakan internet, kayak kejadian-kejadian yang sering terjadi akhir-akhir ini. Seperti kasus sekolah TK J!S, em0n, dll. Para pelaku bisa saja merupakan contoh dari penggunaan internet yang salah, salah memfungsikan internet.
Ada beberapa dampak negatif internet yang bakal muncul kalau kita salah memanfaatkannya, yaitu :
~ Informasi Yang Tak Terfilter
Informasi yang disediakan oleh internet tidak terbatas, informasi yang ada tidak selalu bermanfaat bagi kita. Beberapa informasi yang tidak bermanfaat juga dapat membawa pengaruh buruk bagi pengguna, seperti informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan.

~ Apabila internet digunakan secara berlebihan maka..
~~ Menyebabkan Kecanduan
Banyak pengguna internet yang rela menghabiskan waktu hingga seharian untuk ber-facebook ria, chatting, bermain game online, dll. Kecanduan pada internet dapat membuat kita lupa waktu dan menjadi malas.
Tak heran kini sangat mudah menemukan warung internet (warnet) yang memasang tarif internet murah untuk penggunaan selama beberapa jam secara langsung. Jangan sampai internet malah membuat kita lupa dengan tugas-tugas di dunia nyata ya! Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik! :)
dek, pulang dek! dicariin emak tuh :v (sumber)

~~ Berdampak Buruk Bagi Kesehatan
Banyak yang tidak sadar bahwa ternyata duduk berlama-lama menggunakan komputer dan internet bisa membawa dampak buruk terhadap kesehatan, terutama jantung, otot dan aliran darah pada tubuh. Ngeri ya!

~~ Berdampak Buruk Bagi Mata
Berlama-lama didepan komputer akan mengakibatkan menurunnya jaringan pada syaraf penglihatan.

lelah mata barbie~ :3

So, istirahatkan matamu setiap 15 menit menatap layar monitor, cukup dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik, dan kelelahan pada mata dapat dihindari + tak menebalkan kacamatamu.
[PENTING!]

~ Keterbatasan Pergaulan Sosial
Banyak sekali anak muda saat ini -terutama yang masih sekolah- menghabiskan waktu bermain mereka di depan komputer, bermain internet sepanjang hari. Terlalu sering bermain internet mengakibatkan keterbatasan pergaulan sosial secara fisik. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk menasehati secara tegas agar anak tidak terjerumus pada kecenderungan internet yang parah.

~ Kejahatan dan Penipuan
Internet menjadi wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung. Banyak orang tertipu terhadap toko online palsu, berpura-pura sebagai penjual asli, dengan produk yang tampak real. Tapi setelah pembayaran selesai dilakukan, barang tidak kunjung tiba kepada pembeli. Hati-hati! Berarti kamu telah menjadi korban penipuan.
Oleh karena itu, sebagai pengguna internet kita harus meningkatkan proteksi dan keamanan pada diri sendiri, agar bisa melihat bentuk-bentuk penipuan & kejahatan yang sering terjadi di dunia maya, dan bisa belajar dari pengalaman orang lain yang pernah menjadi korban kejahatan dan penipuan tersebut.

----

Nah, hindari penggunaan internet yang melenceng kayak diatas yaa!
Yuk kita sama-sama berinternet sehat, gunakan internet buat hal-hal positif aja.

Sebarkan manfaat internet semua, mari kita berantas buta internet! 

Yey!


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Sekilas info!

Hei, ada yang belum tau sama #PIN2014? Haduuh, kemana aja? 
Buruan deh cari infonya di twitter, pasti nemu!

Nggak punya paket internet? Haduh! Ya udah deh sini dijelasin.. :)

Jadi, #PIN2014 adalah Event Pekan Informasi Nasional (PIN) yang akan berlangsung ke-6 kalinya pada tahun 2014 ini. Dan saatnya tahun ini menjadi tahunnya Sumatera Barat sebagai tuan rumah #PIN2014. Sumatera Barat diberi kepercayaan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.


Jangan sampai kelewatan!

Nah, jadi event PIN ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, apresiasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan-kegiatan di #PIN2014 ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan antusiasme warga terhadap PIN, menambah pengetahuan generasi muda akan dunia ICT & menambah kepedulian masyarakat akan potensi sosial budaya yang dimiliki.

#PIN2014 ini pastinya bakal seru banget! Kenapa? 
Karena acaranya sangaaat banyak. Mulai dari festival pertunjukkan rakyat, pagelaran media tradisional, sarasehan, pertunra dan KIM, bidan aplikasi teknologi informasi (lomba blogger & animasi), bidang pameran teknologi informasi, postel dan penyiaran, bidang parade budaya nusantaradan marching band, dan maaaaaaasih banyak lagi..

Fiuh! 
Nggak sabar deh nunggu sampe tanggal 23 Mei 2014. Buat yang mau tau info lebih lanjut tentang event PIN, bisa langsung kepoin hashtag #PIN2014 di twitter, atau bisa liat link ini juga nih --> disini :) 
Atau kalau mau lebih kepo lagi, kamu juga bisa liat informasi PIN secara keseluruhan di Website Menkominfo.

8 komentar:

  1. sejak mengenal internet, pengetahuan dan wawasan menjadi luas, tidak ada ruginya mengenal internet hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, asal kita pinter2 manfaatin internet, nggak ngegunain buat hal2 negatif :) pasti banyak deh manfaatnya :D

      Hapus
  2. Keren postingannya, komprehensif dan membahas topik yang ditentukan dengan mendetail :) You deserved to be the winner ;)
    Oya, namaku Ami. Salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai ami, iyaaa alhamdulillah diizinkan buat menang :))
      thanks ya :D

      Hapus
  3. assalamu'alaykum mbak Vivi? salam kenal dari Nur Fitria di Makassar. Maaf mbak, gimana cara menggunakan blog ya? aku masih pemula mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam :)
      Untuk pemula, kamu bisa bikin akun dan blognya di blogspot atau wordpress (banyak yang pakai itu). Nanti tinggal di desain deh biar blognya cantik, trus diisi dengan tulisan-tulisan kamu. Simpel kok ;)

      Hapus
  4. nah iya tuh garagara internet mungkin saya gabisa jaga mata saya sekarang nambah tebel aje ni kacamata nyampe 3.5 mins nya belom silindernya ,,,huh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau matanya udah lelah istirahat dulu aja, biar gak perlu pake kacamata :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...