5.1.14

Stop Banjir Dari Sekarang!

Awal-awal tahun 2014 disambut dengan guyuran hujan, di berbagai tempat. Hujan ini masih lanjutan dari bulan sebelumnya, dan sering bikin orang-orang jadi galau, melankolis, keinget mantan, keinget inceran, keinget hutang, dsb.. Tapi bukan hanya itu, hujan ini juga tega bikin beberapa daerah langganannya terserang banjir.

Kenapa banjir? Karena ada hujan..
Kenapa hujan? Karena ada air yang turun..
Kenapa airnya turun? Karena adanya kondensasi dari air laut, yang dibawa angin dan pada saat tertentu akan ......... *isi dengan jawaban sendiri* *salah fokus* *berubah jadi pelajaran IPA -_-*

Nah, balik lagi ke banjir. Saat ini, dimana pembangunan semakin banyak, saluran air semakin tersumbat, budaya buang sampah dimana aja semakin marak, pepohonan jadi korban ilegal logging, dll. Kasian :( Jadi wajar aja kalau daerah-daerah yang dulunya gak pernah banjir, sekarang udah ikut berlangganan banjir juga.

Hal ini juga terjadi di Padang..

Hujan lebat sering mengguyur kota Padang hingga beberapa hari, yang bikin munculnya banjir dimana-mana. Daerah langganan banjir tetap jadi langganan, bahkan dengan ketinggian yang semakin besar. Yang belum langganan, sebagian udah mulai berlangganan. Sebagian lain masih mikir dua kali buat itu. Hingga saatnya hujan lebat + lama terjadi, daerah daratan Padang jadi semakin kecil :" (baca: banjir).

Dan harusnya kini masyarakat Padang jadi lebih tanggap dan nggak ingin musibah tersebut terulang lagi. Apalagi saat ini hujan lebih sering datang. Sejak Desember lalu, cara menanggulangi banjir jadi topik hangat di TL twitter.


Translet : Jadi menurut teman-teman, apa yang menyebabkan terjadinya banjir di kota Padang kemaren?
#FYI, @infosumbar itu merupakan akun yang menyajikan berita-berita Sumbar.

Dan pertanyaan itu dijawab oleh beberapa orang.. Seperti gambar dibawah.







Banyak yang jawab penyebab terjadinya banjir itu sampah, drainase yang buruk, dan ilegal logging. Sampah jadi salah satu masalah utama. Hal ini bisa diliat digambar berikut, sampah bertebaran di tepi pantai Padang. Sangat sangat gak enak diliat.



So, gimana cara menanggulanginya?
Salah satu tips yang dikasih @infosumbar adalah memberikan sangsi sosial buat yang buang sampah sembarangan. Kayak twit dibawah :
translet : besok kalau ada lihat sampah di tepi jalan / sungai, atau orang buang sampah
sembarangan tolong difoto, dan upload + mention ke #infoSumbar

Dan ada beberapa tips dari pemuda kota Padang yang mengkritisi hal tersebut. Bisa diliat di skrinsut dibawah :




Menurut akun @Indrafarni, cara menanggulangi banjir itu ada 7, yaitu :
  1. Fungsikan kembali tukang ambil sampah dikelurahan yang selama ini dialihtugaskan menyapu jalan utama
  2. Tambah dan perbaiki kualitas kontainer tempat pembuangan sementara (TPS), terutama dipinggir sungai
  3. Lakukan sosialisasi terus-menerus kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan selokan
  4. Sudah saatnya modernisasi persampahan dengan menjadikan sampah sebagai sumber energi
  5. Undang investor untuk mengelola sampah dengan tidak mempersulit birokrasi
  6. Saya kira pemimpin daerah ini sudah banyak melakukan studi ke negara yang sukses mengelola sampah
  7. Kesungguh-sungguhan memegang amanah rakyat saja yang belu ada saat ini, semua solusi sudah di tangan mereka

Jadi, yuk kita mulai action. Stop banjir dari sekarang! :)
Mulai dari diri sendiri. Dan semoga juga walikota yang baru bisa menghentikan siklus hujan lebat-banjir itu. :)

Last, ini gak cuma bisa diterapin di Padang kok, di berbagai daerah langganan di kota-kota lain juga bisa dipakai ;)

Kalau di daerah kamu gimana? 
Sering banjir juga nggak? 
Share disini yuk :)

1 komentar:

  1. sebenarnya banjir terjadi akibat sikap manusia sendiri yang tidak mencintai alam, membuang sampah sembarangan, tidak menjaga kebersihan saluran pembuangan, menggerogoti hutan sampai gundul ...dan masih banyak lagi....
    salam dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...