13.12.13

Langka! Artis Ini Udah Wisuda S2 di Umur 21 Tahun

Pertama kali mendengar ada artis yang baru aja wisuda liat infotainment, denger ada artis yang S2 diumur 21 tahun, jederrr! Dan ternyata kabar itu datang dari artis cantik Alyssa Soebandono. Nggak sekedar gosip belaka, tapi kenyataan.

S2? Nggak nyangka pastinya, disaat anak-anak seumuran dia masih sibuk skripsi S1, Icha (panggilan Alyssa Soebandono) udah bergelar Alyssa Soebandono, B.A (Global), MSi. Disaat banyak teman sesama artis yang mengenyampingkan pendidikan dan lebih fokus dengan pekerjaannya, Icha bisa menjalani kedua hal itu, kuliah dan akting sekaligus.

Profil Alyssa Soebandono
Icha - Alyssa Subandono
Icha yang memiliki nama lengkap Anindya Alyssa Soebandono ini lahir di Jakarta, 25 Desember 1991. Ia adalah anak ketiga dari 4 bersaudara yang memiliki hobi bermain biola, akting, menyanyi, membaca, menulis dan berenang.

Kini ia lebih dikenal sebagai pemain sinetron, bintang film, dan bintang iklan. Tapi siapa sangka, ternyata Icha juga seorang blogger. Ia memiliki blog berjudul Alyssa Soebandono, dan udah mulai ngeblog tahun 2009.


Karir Icha yang melambung tidak membuatnya mengesampingkan pendidikan. Setelah lulus pendidikan SMA, pada tahun 2009 Icha lebih memilih melanjutkan studi S1-nya di Monash University, Australia dan meninggalkan karirnya sementara di dunia entertainment.


Icha, selain memiliki wajah yang cantik, baik, ramah, dan bakat dibidang seni peran, ternyata juga dikaruniai otak yang cerdas. Hal ini bisa diliat dari kutipan yang gue ambil di blognya Ndoro Kakung. Disana ada percakapan singkat Ndoro Kakung dengan Alyssa Soebandono, yang dikenalnya melalui Twitter ketika melancong ke Melbourne. Sejak itu, beberapa kali mereka ngobrol via BBM. Ndoro Kakung pernah bertanya langsung via BBM ke Icha, jadi ceritanya :

Kegiatan harian Alyssa Soebandono
Participants:
NK : Ndoro Kakung
AS : Alyssa Soebandono


Messages:
AS : Mau ke Melbourne?
NK : Enggak. Kamu di mana?
AS : Icha di UK

NK : Hah? Di UK? Nerusin sekolah atau liburan?
AS : Keterima jadi ambassadornya Monash untuk Exchange Program. Hehe

NK : Waaa….seru kali. Berapa lama?
AS : 6 bulan hehe habis itu ke Melbourne lagi

NK : Oh ya? Ckckck….sampai bulan apa? Terus di UK ngapain aja?
AS : Kuliah aja hehe. Tapi akan keliling2 sepertinya. Icha dari kecil tergila2 sama UK.

NK : Gimana sih ceritanya kok bisa jadi ambassadornya Monash. Terus ambil studi apa di UK? University apa?
AS : Kan ada Exchange Program dari Monash, nah Icha apply untuk itu. Awalnya ingin University of Liverpool. Tapi Papa ga bolehin, akhirnya coba ke Sussex University. Setelah proses berbulan-bulan, sempet hopeless karena yang keterima itu cuma 3 yang ke Sussex dan 30 orang utk seluruh Uni di UK. Ternyata, Icha kepilih salah satunya karena ngeliat academic record + dapat beasiswa utk exchange. Dan icha satu2nya orang asia.

NK : Ambil studi apa Cha?
AS : Ambil International Relations (Politics, Sociology)

NK : Mulai kapan masuk ke Sussex?
AS : Dari minggu lalu, tanggal 10 hehe

NK : Waow! Apa rasanya kuliah di negara yg dipengenin sejak kecil?
AS : Beda banget. Bener2 excited

NK : Bedanya gimana tuh?
AS : Karena sesuatu yang lama Icha ingin tercapai padahal sempet hopeless dan juga ga nyangka dapet. Dan begitu sampai sini, banyak yg ingin diliat. Ini aja, bener2 sendiri. Ga tau siapa2 … ke London sendiri, eksplor segala macem. Hehe nyasar2, tapi seru

NK : Kenapa pilih jurusan hub internasional?
AS : Karena lebih “global” jadi ga sepsifik belajar tentang negara itu aja tapi mendunia hehe

NK : Trus nasib kontrak iklan dan sinetron gimana Cha?
AS : Dari awal, Icha sudah kasih tau gimana kondisi Icha ke mereka semua. Dan Icha bersikap adil. Icha ga ingin “serakah”. Kalau memang mereka keberatan dengan keputusan Icha, ya Icha lebih baik undur diri. Icha gapapa seperti itu asal jangan ganggu jadwal kuliah sedikitpun, krn Icha ga mau kalau harus bolak balik ke Indonesia dengan alasan “masih ada sisa kontrak”. Tp alhamdulillah semuanya malah ngerti dan sangat mendukung Icha. SinemArt gapapa Icha hanya main sinetron saat libur akhir tahun, Iklan pun juga terima harus ga ada road show, dsb untuk promo; jadi hanya TVC saja. Semuanya dengan persetujuan, kalau Icha ada hari libur dan sudah tahu pasti tanggalnya segera kabari mereka.

NK : Kenapa sih Icha pengen sekolah terus? Nggak mau serius main sinetron aja atau jadi bintang iklan gitu?
AS : Sekarang, kan Icha alhamdulillah di kasih kemudahan dan rezeki utk bisa nempuh pendidikan. Nah, kalau suatu saat nanti Icha ga bisa lagi mendapatkan ‘kemudahan’ itu, Icha bisa berbagi ke orang2 yg membutuhkan dengan segala sesuatu yg Icha dapat saat Icha masih sekolah. Icha ingin serius di karir Icha. Tapi Icha gamau di bilang “ga punya otak” :) Icha ingin buktikan kalau tanpa gosip atau buat sensasi, Icha jg punya sesuatu yang bisa Icha banggakan. Dan semua karena usaha dan kesungguhan Icha. Icha ga perlu show off segala sesuatu dari karir Icha. Karena semuanya bukanlah yang Icha kejar selama ini. Icha sadar, ga akan selamanya kerja di dunia Entertainment. Maka dari itu, kalau nanti icha ‘pensiun’ jadi pemain sinetron atau model iklan, Icha punya bekal untuk kerjaan yang lain :)

***

Begitulah obrolan singkat yang dilakukan Ndoro Kakung dengan Icha. Dan disitu terlihat kalau Icha jadi satu-satunya orang Asia yang diterima exchange program disana. Hal ini ngebuktiin kalau academic record-nya Icha bagus banget.

Icha Alyssa Soebandono
aku padamu kak Icha :*
Icha sendiri memang punya impian bisa ke UK, hingga akhirnya kesampaian dan bisa belajar di Sussex University, Brighton,  UK selama 6 bulan, sejak 10 Januari 2011.

Setelah beberapa tahun mengenyam pendidikan di Monash University, Icha sukses meraih gelar S1 pada akhir tahun 2011 lalu, tepatnya 13 Desember 2011. Dan bukannya kembali fokus ke dunia entertaiment, Icha malah memutuskan lanjut kuliah S2. Ada beberapa Universitas yang dipilihnya, hingga akhirnya memilih LSPR (London School of Public Relation), karena ketika Icha diterima disana, ia mendapatkan full scholarship. Program S2 nya dimulai pada tanggal 17 Maret 2012 dengan mengambil jurusan Coorporate Communication.

Icha-pun menjalani kuliah S2-nya sambil syuting. "Cuti nggak, tetep jalan, kuliahnya cuma 1 hari aja walau full. Kenapa terima (sinetron), mau main lagi dan terikat kontrak. Nggak ada salahnya selagi ada tawaran, cerita fresh, karakter nggak nangis-nangis segala macem," ujar Icha ketika berada di lokasi syuting 'Yang Muda Yang Bercinta' di TMII, Jakarta Timur, kamis (14/2/2013).

"Kuliah satu hari full, Sabtu dari pagi sampe malam. Icha juga minta off hari Minggu buat ngerjain tugas, alhamdulillah kantor dan pemain, kru ngerti. Tapi ada yang kepepet hari Minggu syuting. Senin-Jumat sampe pagi," pungkasnya.

Setelah berhasil membagi waktu antara kuliah dan syuting, Pada hari Selasa, tanggal 10 Desember 2013 kemaren Icha kembali diwisuda (wisuda S2) disaat umurnya masih 21 tahun. Acara wisuda yang diadakan di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan ini-pun membuktikan Icha berhasil membawa gelar Magister Ilmu Komunikasi, lulus dengan nilai memuaskan, bahkan mendapatkan award Best of the Best student untuk Post-Graduate Programme 2013.

Wisuda S2 Icha Alyssa Soebandono
es dua *-*

*standing applause*
Wah, udah cantik, pinter, jago akting lagi. ckck.. perfecto banget . Cowok mana yang gak suka sama Icha *-* Kalau gue jadi cowok pasti juga suka :") . Dan katanya, Icha juga berniat  ingin melanjutkan S3. Wahaa >.<

Foto Alyssa Soebandono
Kak Icha gelius pisan euy ;)

Artis yang kayak gini nih yang harus diacungin jempol (y). Menomorsatukan pendidikan!
Congrats ya kak Icha ><
Doain semoga adekmu ini bisa menyusul :". S1 aja belum tuntas, haha *malah curhat*

Nah, terakhir deh.. Last Quote dari Icha Alyssa Subandono buat kita semua (dikutip dari blognya Icha di http://ichalyssa-soebandono.blogspot.com/2013/12/finally.html .
Satu hal yang saya dapat dari ini semua.. Dimanapun kita menuntut ilmu, percayalah pasti akan ada suatu hal positif yang akan kita dapatkan. Ketika orang-orang meremehkan tempat kita belajar, atau menggampangkan semuanya, buktikanlah dengan prestasi yang hebat. Jadikanlah diri kita sebagai seseorang yang bisa mematahkan itu semua. Kita harus membuat diri kita bangga mendapatkan "hadiah" yang dikarenakan hasil kerja keras kita sendiri. Karena yang terpenting itu tidak hanya sekedar dimana kita menuntut ilmu, tetapi ada hal yang lebih penting dari itu semua.. Yaitu bagaimana kita menerapkan dan menggunakan ilmu yang sudah didapat agar berguna untuk masyarakat. Semua tidak berhenti disitu saja. Tetapi justru, sesuatu yang baru telah menunggu kita untuk melakukan suatu gerakan yang positif. Percayalah, sekecil apapun hal positif yang kita lakukan, akan lebih bermakna dibandingkan tidak melakukan apapun.

Semangat! ^^9
Semoga banyak artis yang ngikutin jejak Alyssa Soebandono ini. Pendidikan jadi prioritas!
:)

Gimana pendapatmu?

24 komentar:

  1. jarang merhatiin dia sih, ya karena engga terlalu suka nonton ftv ataupun sinetron indonesia tapi tetep dia itu keren! tambah keren lagi karena dia ngeblog, ajak masuk ke kancut keblenger gih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bagusnya lagi karena dia ngeblog. Kalo ikut jadi kawancut pasti seru tuh, bisa kopdar bareng :v

      Hapus
  2. Wow.. cuman kata itu yang terungkap :D gue sering liat dia, ternyata dia beranggapan cantik berotak itu bagus, acungin jempol deh ^^d

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewek smart ^^ walaupun wajahnya emang udah cantik, tapi tetep merasa lebih cantik dengan otak yang berisi. Coba kalo artis2 indonesia banyak yang gitu :DD

      Hapus
  3. gile. 21 tahun udah s2. disaat orang lain s2 nya ketika umur 30an.
    semoga gua bisa kayak dia juga. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena efek kuliah diluar negeri juga kayaknya, denger2 kalau diluar kuliahnya emang nggak sampai 4 tahun sih..
      buktuinya Icha cuma kuliah S1nya 2 tahun :))

      patut jadi pertimbangan buat yang baru mau masuk kuliah dan pengen cepet tamat :D

      Hapus
  4. Waw keren...pasti waktu SMA dulu akselerasi deh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm, kayaknya sih nggak.. Coba kita hitung-hitung lagi deh
      Icha lahir 1991, mulai kul s1 tahun 2009, berarti pas dia berumur 18 tahun.

      18 tahun itu waktu standar umur masuk kuliahan bukan? :))
      wisudanya cpt mungkin lebih karena kuliah s1 yang cuma 2 tahun, dan kuliah s2nya 1,5 tahun. hebat :D

      Hapus
    2. Icha ikut akselerasi 2x kok, waktu masih sd. Pas smp juga ikut dan lolos, tapi ichanya gamau. Koreksi dikit ya, S1 icha itu 3thn bukan 2thn rata2 university di luar negeri emg S1nya 3-3,5thn. Kalau S2 icha emh sekitar 1,5thn. Thanks udh ulas profile dan pendidikan icha ;)

      Hapus
    3. wah terima kasih kembali atas koreksinya Bagus :)

      Hapus
  5. Waaaaaaaaah!!! Cantik, otak encer. (y)

    BalasHapus
  6. Iya, gue gak nyangka banget.
    Masih ada artis yang cerdas seperti ini.
    Biasa-nya kan mereka lebih mementingkan karier daripada pendidikan.
    Ah, Alyssa Soebandono. Wanita idaman deh. Hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, artis cerdas kayaknya langka deh disini :))
      ada gak ya Alyssa Soebandono versi cowok? XD

      Hapus
  7. Wih mahasiswa Monash. Jadi pengen nemenin kakak cantik ini deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya Monash itu gimana kaka? :3
      bagus yak?
      << kudet XD

      Hapus
  8. wah keren banget , udah cantik pinter lagi

    BalasHapus
  9. Ada kalimat "congratz ya kak icha". Kakak? Ckakakka #OOT

    BalasHapus
  10. Ada kalimat "congratz ya kak icha". Kakak? Ckakakka #OOT

    BalasHapus
  11. Keren pesan-pesannya.
    Dimanapun tempat belajar, hasil yang bermanfaat adalah yang utama.

    BalasHapus
  12. Setauku s1 di luar negeri tu rata" 2thun ( trgntung jurusan x ya ) .,S2 setaun. jdi cepet.bisa juga ambil bbrp matkul diluar matkul yg diwajibkan dan itu gratis lho. Gk heran bisa cepet lulus.

    BalasHapus
  13. Wah, thx atas sharingnya..

    Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

    hahaha... thx again

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...