3.12.13

#BanjirPDG - Habis Hujan Terbitlah Banjir

#BanjirPDG
Kasihan Mobilnya :( - @Andreanov15

Hujan lebat yang mengguyur kota Padang sejak kemaren siang (2 Desember 2013) berhasil membuat sebagian daerah di ibukota Sumatera Barat ini banjir. Bahkan wilayah yang dalam catatan sejarahnya tidak pernah kebanjiran ikut kebagian jatah pada hujan kali ini.

Ada beberapa faktor penyebab sebagian Padang lumpuh total akibat banjir, karena faktor alam maupun faktor manusia. Hujan lebat yang terjadi terus menerus merupakan faktor alam yang tidak bisa dihindari kedatangannya. Selain itu, kota Padang sendiri merupakan kota yang berbatasan dengan pantai dan memiliki banyak aliran sungai yang sangat mungkin meluap ketika terjadi hujan lebat. Selain itu, ada juga faktor manusia, seperti banyaknya pembangunan yang tidak sesuai tata ruang, kebiasaan segelintir masyarakat yang membuang sampah di aliran sungai, dsb.


Hal-hal tersebutlah yang mengakibatkan banjir tergenang di berbagai titik, seperti daerah Aia Pacah yang merupakan wilayah pemerintahan kota Padang yang baru, kantor walikota Padang dan instansi pemerintah lainnya telah banyak yang dipindahkan ke daerah aman tsunami ini. Aia Pacah menjadi salah satu kawasan banjir terparah akibat hujan lebat 2 hari ini. Universitas Baiturrahmah yang berada di kawasan yang sama-pun juga kebanjiran. Selain di Aia Pacah, banjir juga menggenangi kawasan Tunggul Hitam, Lubeg, dll.

Suasana banjir di kantor BPKP aie pacah - @andreanov15

Walau tidak melihat langsung ke TKP, tapi kini semua informasi (headline news) dapat ditemukan dengan mudah di jejaring sosial. Banyak akun-akun yang menyediakan kabar Sumbar, Padang, ataupun kaba minang, seperti @InfoSumbar, @InfoPadang_, @minangsedunia, dsb. Walaupun berbeda-beda akun, tetapi seharian ini semua akun kompak membahas #BanjirPDG yang tengah terjadi. Twitpic banjir-pun banyak bermunculan, yang kebanyakan diunggah oleh masyarakat.

Beberapa twitpic yang banyak tersebar di twitter adalah :

Bantuan dari Basarnas di Parak Jambu Dadok Tunggul Hitam - @fauzan_omb666

Bahkan di RSUP M.Djamil-pun Banjir (@ Koridor Bangsal Bedah) - @fiqartamin

#BanjirPDG dimana-mana - @Iggoy

Bahkan ada ibuk yang kayaknya nggak mau ngebuang kesempatan mandi kayak di waterboom gratis gitu aja. Shampo-an, adem banget. Anaknya juga semangat gitu nyampoinnya :D 
Berasa di Waterboom ya buk :) - @udaBuayo


Udah, #BanjirPDG-nya gitu aja dulu.
Alhamdulillah dari tadi sore udah nggak hujan lagi. Moga semua wilayah yang kebanjiran udah gak banjir lagi, airnya udah surut, udah bisa bobo cantik dirumah masing-masing :)

Berhubung bentar lagi walikota Padang yang baru bakal dipilih, sekalian deh nitip pesan buat bapak-bapak pejabat nantinya, kota Padangnya dibenahin lagi, biar nggak ada banjir. Kan kasihan masyarakat, bisa terserang penyakit kulit, kerugian materil, dan sebagainya.

Kalau ada kebijakan dari atas sana, masyarakatnya pasti ngedukung kok. ;)

Bye #BanjirPDG!

1 komentar:

  1. waw, malah ada yg shampoan ya xixixi
    kirain jakarta aja ni sering yg banjir, ternyata merata ya...
    salam kenal, mampir ya ke blog saya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...