19.10.13

Tertarik menjadi OCDivers?

Setiap orang menginginkan tubuh ideal. Tidak hanya wanita, pria-pun banyak yang mendampakan tubuh six pack, kekar, dan perfect.

Ibarat sebuah negeri impian, Dedi Corbuzier datang mengabulkan impian banyak orang.

Dalam ebooknya yang berjudul OCD (Obsessive Corbuzier's Diet), Dedi memperkenalkan diet cara baru, dengan menggunakan puasa dan jendela makan.

OCD
Diet ini tidak mengharuskan kita menjauhi pantangan-pantangan makanan lezat, junkfood, dan sebagainya. Setiap OCDivers (sebutan bagi orang yang menjalankan diet OCD) bisa mnegkonsumsi makanan apapun, asal tidak berlebihan.

"OCD TIDAK AKAN MENGHASILKAN APAPUN APABILA ANDA MENJADI RAKUS SETELAH PUASA KECUALI AND DALAM FASE MEMBESARKAN BADAN ANDA.  ITU JUGA BUKAN ARTINYA ANDA MENJADI RAKUS."

Sepeti kata dedi di twitternya..
"introducing OCD a new way to built ur body with no restricted DIET!! eat anything you love!! download my ebook here: readyforfit.com FREE!"

Lalu dimana letak dietnya?


Salah satu mentalis ternama ini mngatakan, dengan tidak sarapan pagi, tidak makan berlebihan, dan makan di waktu yang telah ditetapkan.
Waktu yang telah ditetapkan itu disebut jendela makan. Ada 3 jenis jendela makan, yaitu jendela 4 jam, 6 jam, dan 8 jam.

Jendela makan?
Itu adalah istilah untuk lamanya waktu yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan, seseorang yang ingin melakukan OCD bisa memilih 1 dari 3 tipe yang ada.

Contohnya saja, ketika saya ingin mengikuti jendela makan 8 jam. Berarti saya bisa makan sepuasnya selama 8 jam (misalnya dari jam 13.00 - 21.00), sementara diwaktu lainnya (16 jam berikutnya) saya diharuskan berpuasa.

Jangan bayangkan puasa yang dimaksud disini seperti puasa Ramadhan, yang menahan diri dari lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Puasa yang dimaksud dalam OCD adalah mengharuskan kita tidak makan selain waktu jendela makan, tidak makan makanan yang mengandung asupan kalori. Jadi jika dilihat dari contoh sebelumnya, berari saya harus menahan untuk tidak makan dari jam 9 malam hingga jam 1 siang di hari berikutnya.

Bagaimana dengan minum?
Inilah salah satu perbedaan puasa OCD dengan puasa pada ummnya. Disini kita diperbolehkan mengkonsumsi air mineral disaat berpuasa OCD.

Lalu kenapa diet OCD sangat heboh dengan kontroversi?
Diet OCD tidak mengizinkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang berkalori di pagi hari (sarapan).

Seperti yang dikatakan Dedi di ebooknya, halaman 17.
"Percaya atau tidak makan pagi akan membuat anda lapar seharian... membuat anda ngantuk seharian... dan menurunkan pembakaran lemak anda dibanding
makan malam...."

Dan dihalaman 20.
"Kesimpulan, makan pagi akan menghambat kesempatan pembakaran lemak anda
saat mulai beraktifitas pagi hari setelah puasa tidur. sedangkan makan malam akan
dibakar saat anda tidur hingga tidak akan menjadi masalah.
Tidak makan pagi jauh lebih baik dibanding tidak makan malam. Itu yang pertama ingin saya sampa ikan pada anda."

Kontroversi-kontroversi tersebut seperti :
1. Tidak sarapan
2. Mengabaikan waktu makan malam
3. Puasa menaikkan HGH?
4. Makan apa saja
5. dan sebagainya.

Terlepas dari semua kontroversi yang ada, masih banyak yang percaya diet OCD bisa menjadikan tubuh mereka ideal.

Hal ini dapat dilihat dari akun twitter Dedi. Banyak yang menyatakan telah sukses menurunkan berat badannya, bahkan telah banyak yang memiliki tubuh ideal, berkat menjalankan diet OCD tersebut.

klarifikasi OCD Dedi di akun facebook-nya

Jadi, bagaimana dengan Anda? Tertarik menjadi seorang OCDivers? :)


nb:
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Gebyar Farmasi Universitas Andalas


sumber gambar:
https://m.facebook.com/photo.php?fbid=633435333342920&id=573156002704187&set=pcb.633436000009520&source=48&__user=1492505687
http://3.bp.blogspot.com/-qzSQQiHuVeA/UhXvDon29gI/AAAAAAAABDw/RQypGVSUuRg/s400/OCD.jpg

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...