28.10.13

Hari Sumpah Pemuda - Semangat Indonesia!

28 Oktober itu identik dengan hari sumpah pemuda.
Tepat di tahun 1928 para pemuda Indonesia menyuarakan semangat mereka, apresiasi untuk kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bangsa Indonesia dilahirkan.

Ketika itu pemuda-pemuda Indonesia bersatu, membulatkan tekad, lepas dari penjajah, mengangkat harkat dan martabat, menjadi bangsa yang merdeka.

Sumpah Pemuda menghasilkan sebuah Rumusan yang sering kita liat di buku pelajaran sejarah.

Sumpah Pemuda versi orisinal:




Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

***

Dan sekarang, Indonesia sudah merdeka. Tetapi semangat pemuda sudah tidak sehebat dulu lagi. Generasi muda yang diharapkan bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan, terlihat loyo.

Hanya segelintir pemuda yang masih memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Dan saatnya, mulai dari diri sendiri. Kita harus bisa meneruskan semangat pemuda-pemudi Indonesia. Berilah kontribusi untuk bangsa ini.

Rajin-rajin belajar biar bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik.
Gak capek tiap hari kita disodorin sama berita korupsi? Bullying? politik yang tiap hari makin ngenes? Kalau gue sih jujur, capek.

So
Saatnya kita bergerak!



Buat blogger, mungkin bisa dimulai dari dunia maya dulu. Bisa dengan postingan-postingan yang persuasif, ngajak buat sama-sama semangat. Kayak project BSO kali ini. :)
Buat mahasiswa, mulai bisa bersikap kritis, tanggap pada setiap kejadian yang terjadi di tanah air.
Buat yang masih sekolah SD SMP SMA, rajin-rajin lagi belajarnya. Jangan mau nyontek, gak mau jadi koruptor kan? Nah, gak nyontek bisa bikin kita jadi orang jujur.
Buat timnas muda Indonesia, semangat tanding! Kapan lagi persepakbolaan Indonesia bisa dibanggakan :)
dan
Buat semuanya..

Semangat Pemuda!
Tunjukkan Indonesiamu!! 

..9

8 komentar:

  1. selamat HARI SUMPAH PEMUDA sob.. :) maaf telat yee... :D
    mampir ke blog ane yah sob, sekalian di follback juga kalo berkenan.. :D
    blognya uda ane follow kok..


    salam solid

    BalasHapus
  2. MERDEKAAA!! bener banget mbak vivi... mari kita jadi pemuda pemudi yang jujur biar indonesia bisa bebas dari korupsi dan masalah masalah tragis lainnya.. yeaaaaaaahh!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeah, MERDEKAA!
      mari kita tegakkan kejujuran di Indonesia! YEY! Membara! Semangat! Berangkaat~

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...