17.8.13

Kita, Sang Penerus Bangsa!

Tujuh belas agustus tahun empat lima..
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka~

Siapa yang tidak pernah mendengar lagu diatas. Lagu "Hari Merdeka" karya Husein Mutahar tersebut merupakan lagu menyambut kemerdekaan republik Indonesia, 68 tahun yang lalu.

merdeka!
Telah 68 tahun Indonesia merdeka. Setiap tahunnya, masyarakat merayakan ulang tahun Indonesia dengan melakukan acara-acara hiburan. seperti panjat pinang, tarik tambang, pacu karung, memasukkan paku dalam botol, bola gila, dan sebagainya. Hal tersebut sudah tidak asing lagi kita lihat di setiap tahunnya. Terlebih tahun ini hari kemerdekaan tidak lagi masuk ke dalam bulan Ramadhan seperti beberapa tahun belakangan.

Tapi, sebenarnya apa makna kemerdekaan yang harus kita petik dari perjuangan pahlawan 68 tahun yang lalu itu?

HUT.RI.68

Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lupakan disaat memperingati hari kemerdekaan. Apa sajakah itu?


1. Hari kemerdekaan mampu mengingatkan kita pada sosok pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan tenaga, pikiran, harta, serta nyawanya untuk meraih kemerdekaan dari tangan penjajah. Ada pula gerakan rakyat yang turut serta membela dan mendukung para pemimpinnya. Dengan satu tekad yang sama, merdeka!

Tanpa ada pahlawan, mungkin saat ini Indonesia masih dijajah bangsa lain. Untuk itu, jangan sampai kita melupakan nama dan jasa mereka..

2. Ada konsep, prinsip, dan dasar-dasar yang diwariskan oleh pejuang. Hal tersebut menjadi pegangan dalam membangun bangsa Indonesia.

Negara Indonesia berbentuk kesatuan, bhineka tunggal ika.
Walaupun terdiri dari berbagai suku, golongan, ras, agama, bahasa daerah, dan adat istiadat yang berbeda-beda, tetapi tetap satu, yaitu bangsa Indonesia.

Indonesia juga memiliki UUD 1945 dan Pancasila yang merupakan dasar negara. Dengan adanya dasar negara tersebut, Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, dari Sabang hingga Merauke dapat dipersatukan.

Konsep dan prinsip itu harus selalu dipegang dan digunakan sebagai landasan dalam membela negeri ini.

3. Nilai-nilai perjuangan. Para pejuang tidak hanya mewariskan kemerdekaan untuk generasi penerus, tetapi mereka juga mewariskan nilai-nilai perjuangan.

Nilai-nilai perjuangan yang bisa kita ambil dari peristiwa kemerdekaan Indonesia itu adalah :

* Cita-cita yang Jelas
Pahlawan bercita-cita untuk memerdekakan bangsa Indonesia, membebaskan ibu pertiwi dari penjajahan bangsa asing. Cita-cita yang besar. Seperti kata bung Karno, gantungkanlah cita-cita kita setinggi langit. Jadi, jangan takut untuk bercita-cita tinggi.

* Semangat Pantang Menyerah
Spirit, semangat. Para pahlawan memiliki semangat juang yang tinggi, pantang menyerah menghadapi penjajah yang berkuasa dan kuat. Dengan semangat pantang menyerah itulah, semua pejuang bisa meraih kemerdekaan Indonesia.

Jadi, sebagai generasi muda, kita harus memiliki semangat yang tinggi. Tidak mudah menyerah ketika dihadapkan pada masalah, sebesar apapun masalah tersebut pasti bisa diselesaikan dengan baik. Semangat
pantang menyerahlah yang membawa kita jauh dari kata putus asa, selalu bangkit dan maju.

semangat itu awal keberhasilan

* Keberanian
Tanpa keberanian, pahlawan tidak akan bisa memanfaatkan peluang. Ketika Jepang sedang dikacaukan oleh bom Hiroshima dan Nagasaki, dengan gagah berani para pahlawan memanfaatkan kesempatan itu untuk memproklamirkan kemerdekaan.

Jiwa berani tersebut harus ada dalam diri kita. Sebuah cita-cita tidak akan bisa berhasil tanpa ada keberanian untuk mewujudkannya. Keberanian itu membutuhkan nyali, menghilangkan rasa cemas dan takut
yang ada di dalam diri kita. “Jika anda memiliki keinginan, laksanakanlah. Keberanian memiliki kejeniusan sendiri.”

* Semangat Berkorban
Demi bangsa Indonesia, pahlawan rela mengorbankan pikiran, tenaga, bahkan nyawa mereka untuk berjuang meraih kemerdekaan.
pengorbanan pahlawan <3

Setiap hal yang kita lakukan di dunia ini butuh pengorbanan. Untuk meraih cita-cita, mungkin kita harus mengorbankan waktu, harta, dan tenaga. Bahkan jika kita tidak melakukan apapun, tanpa disadari kita juga telah mengorbankan sesuatu, yaitu "kesempatan".

***

Hal-hal diatas harus bisa kita pahami bersama, karena kitalah yang akan meneruskan penjuangan para pahlawan kita, kitalah sanng generasi penerus bangsa.

Sangat mungkin bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar, maju, unggul, dan bebas dari KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).
Ayo kita tanamkan makna kemerdekaan tersebut di hati masing-masing. Saatnya kita bersama-sama dalam membawa Indonesia menjadi lebih baik, dan menjadi salah satu negara yang terpandang di mata dunia.

Kalau bukan kita yang memajukan negara ini, siapa lagi?

Merdeka!  ..9
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita


nb:
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Gebyar Farmasi Universitas Andalas


sumber gambar :
http://hasanlukman.files.wordpress.com/2013/08/merdeka.jpg?w=500&h=376
http://4.bp.blogspot.com/-VQUqDh3AUME/UbcK91_KpHI/AAAAAAAACNg/2cvVW-J4OYA/s400/Hut+Ri+1.jpg
http://images.detik.com/content/2011/10/17/1296/7-content.jpg
http://blogs.swa-jkt.com/swa/11084/files/2012/10/Serpong-20121031-011191.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-64OM8F5gOhI/UJCfwpqlZ0I/AAAAAAAAAIQ/rQxTASCLgr0/s1600/images+(1).jpg

8 komentar:

  1. Happy Independence Day For My Indonesia...Merdeka !!!

    BalasHapus
  2. Merdeka, Vivi!!

    Waaaaa seneng baca komen-komenmu hihi. Semoga silaturrahim bisa terjalin lewat blog yaa :)

    Anyway boleh banget dicopas, silakan silakan kekeke. TA ini salah satu fase terberat buatku, semangat Vivi! Inget, berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

    Kamu Sistem Informasi Unand ya? awawaw aku pernah ke Padang lhooo satu kali, dan sangat sangat sangaaaat pingin kesana lagi >.<

    Salam kenal Viviiii!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke padang lagi!! :D
      iya SI unand.
      dalam rangka apa kemaren k pdg? ada keluarga-kah? *kepo maksimal* :P


      doain yaa senior *eh
      baru mengawali hubungan dengan TA nih :) moga bisa cepat kelarr
      mohon bimbingannya yaa senior :DD

      Hapus
  3. pokonya indonesia harus maju terus

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...