12.8.13

Ketika Pen-De-Ka-Tan Itu Dimulai #KKNUnand2013

Kisah ini berawal ketika saya menemukan nama "Vivi Mulya Ningsih" di sebuah lembar pdf yang baru saja didownload dari web KKN Unand. Disitu tertulis Sungai Liku Palangai, nagari dimana saya harus menetap nantinya selama satu setengah bulan.. *buat yang belum tau KKN apa, baca disini aja ya ^^*

Dan pada tanggal 20 April 2013 - 8 am, untuk pertama kalinya saya diperkenalkan dengan 18 orang teman baru.. ketika coaching pertama dengan KKN. Teman baru, ya..

Saya ingat, waktu itu di gedung E 1.5. Ada yang baru jabat tangan, kenalan.. ada juga yang cuma duduk, diem.. Tak ada satupun yang saya kenal, padahal kita se-universitas. Ckck.. Saya kira selama ini Universitas Andalas itu kecil loh.. ternyata.. haha :D

Dan kami pun mulai saling mengenal. DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) membagi kami menjadi 3 bagian, 7-6-6. Saya dapat bagian kelompok 2 bersama 5 orang teman baru lainnya. 6 orang, sejorong, dengan 2 orang lelaki, dan 4 orang wanita.

Setelah kenalan, terutama dengan teman-teman sekelompok, kamipun tukar-tukaran nomor handphone.
Dan pertemuan pertama itu diakhiri oleh waktu..

tukaran nomor handphone w/ teman sekelompok XD

---

Pertemuan-pertemuan selanjutnya diisi dengan rapat senagari, untuk membahas kelanjutan survey ke lokasi KKN, dan juga membahas program kerja yang akan dilakukan selama KKN.
Beberapa kali rapat, saya mulai kenal satu per satu teman, mulai terlihat bagaimana kepribadiannya, pendekatan~ :)


Dan akhirnya tibalah saatnya survey :D
---

Senin, 6 Mei 2013.
Dengan menggunakan bus Unand, kami - saya dan teman senagari, bersama teman nagari sebelah, bersama DPL juga (pastinya) berkumpul di Pasar Baru untuk melakukan survey ke lokasi KKN. Kecamatan Ranah Pesisir~

*FYI, kecamatan Ranah Pesisir itu dibagi jadi 2 nagari lokasi KKN, yaitu nagari Sungai Liku Palangai (nagari tempat KKN saya), dan nagari Palangai Gadang (tetangga sebelah)

Walaupun tidak ke-19 orangnya yang bisa pergi survey, hanya 8 orang perwakilan saja dari nagari Sungai Liku Palangai - 6 wanita tangguh yang dikawal 2 lelaki :D Yey! No problem.. Teteup seru kok :)

di depan kantor wali nagari Sungai Liku Palangai
(onang-ipit-tio-vivi-iyin-megi-aya-ari)

Sampai di lokasi KKN udah siang. Setelah minta perizinan ke wali nagari dan melihat lingkungan sekitar.. Kami melanjutkan perjalanan pulang setelah solat zuhur dan makan dulu di Balai Selasa, my hometown :)

di depan kantor wali nagari Pelangai Gadang - nagari sebelah :)

di atas Jembatan Pelangai Gadang - nice view!

Begitulah awal dari perkenalan 19 mahasiswa KKN Sungai Liku Palangai .

^^ Masih malu-malu
Ada yang gak pernah datang rapat sekalipun *nunjuk yang di Payakumbuh ituu :P*
Ada yang datang rapatnya cuma sekali aja, lalu menghilang *haha*
Ada yang sekalinya datang rapat, eh malah nyasar ke kelompok lain *nomention ah :P*
Ada yang datang rapat tapi gak pernah ngomong *nunjuk diri sendiri :3*
Ada yang datang rapat tapi gak fokus ngikutin isi rapat, malah fokus ke hal lain *eh*
Ada yang selalu datang dan mimpin rapat :3 *yaiyalah -__-* *mention ketua*
Ada yang .... (isi sendiri deh, capek ._.)

Beberapa momen pas selama rapat & survey :
* Sate Berkat Yakin Pasar Baru, depan BRI >> tempat rapat favorit, dari awal rapat sampai menjelang KKN selalu aja disana. haha
* Yang datang pas rapat gak pernah lengkap, bahkan hingga rapat terakhir menjelang KKN :D
* Belum nyampe setengah perjalanan dari Padang ke Sungai Liku, gue nyerah.. mualnya udah memuncak :3 untung pas banget busnya lagi berenti bentar, hadeuh..
* Ternyata Sungai Liku Palangai ke Balai Selasa itu deket! cuma 15 menit sampe :D haha >> KKN dikampung sendiri ini~
* Perjalanan Padang - Sungai Liku Palangai bisa ditempuh 4 jam aja kalo pakai mobil *lumayan
* Pas otw balik ke Padang, rombongan mampir dulu di rumahnya aya, Batang Kapas. Dihidangin bika, pinukuik, teh hangat sama mamanya aya. Tapi gak semuanya yang turun dari bus :( pada kecapekan sih yaa..
* Pas survey ternyata megi puasa Senin-Kamis gitu.. Pantesan gak ikut makan siang bareng kita :P Menjelang magrib busnya berhenti dulu buat beli pabukoan megi, di tempat berhenti pas berangkat tadi..

perjalanan KKN kita masih panjang, kawan!

***

Ceritanya bersambung dulu yaa ;)

Teteup stay tune ya buat baca kisah KKN akuwh di  #KKNUnand2013 :) bye bye~

6 komentar:

  1. Moment KKN memang seru diceritakan.. dan akhirnya...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru :)
      pengalaman tinggal di negeri orang itu seru
      hoo

      Hapus
  2. KKN ? Bukannya KKL ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya KKN, kuliah kerja nyata :D
      kalo KKL apa?

      mungkin beda namanya aja kali, tergantung univ.
      tapi maknanya sama :)

      Hapus
  3. Kelihatan seru ya mbak rame-rame disana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru, ketemu teman2 baru, ngerasain kehidupan baru :)
      nambah pengalaman juga jadinya :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...