10.8.13

Kata Mereka Ini KKN..

Selama lebih kurang 50 hari, tepatnya sejak tanggal 4 Juni hingga 22 Juli 2013, saya beserta ribuan mahasiswa angkatan 2010 lainnya mengikuti KKN.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Andalas ini menjadi kegiatan tahunan, dan berlangsung saat libur semester genap.

Apa itu KKN?
KKN bukanlah singkatan dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.. tapi merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata, yang merupakan salah satu perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, berkenaan dengan peran serta Perguruan Tinggi membina dan memberdayakan masyarakat, dan termasuk ke dalam mata kuliah yang harus dijalani mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Dengan adanya KKN, mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan yang didapat selama di bangku perkuliahan. Semua ilmu yang telah dipelajari, dibagikan kepada masyarakat.. untuk membina dan memajukan masyarakat. Sehingga KKN itu bisa menghasilkan banyak manfaat, baik bagi masyarakat di tempat KKN berlangsung, dan juga bagi mahasiswa sendiri, sebagai pelaku kegiatan KKN. Dan nantinya mahasiswa menjadi lebih peka terhadap berbagai permasalahan riil yang terjadi di masyarakat.

Ketika KKN berlangsung, mahasiswa diharuskan berbaur dengan masyarakat pedesaan. Sehingga mahasiswa dapat belajar banyak tentang hidup bermasyarakat.

Hal tersebut tidaklah mudah.. Karena setiap daerah memiliki adat dan budaya yang berbeda.. Adat istiadat lokal itu harus bisa dipelajari, dipahami, dan dilaksanakan di setiap aktivitas selama berada di daerah tersebut :)

di posko KKN

Sebagai mahasiswa, kami juga harus bisa beradaptasi dengan baik.. menjaga sikap, perkataan dan tindakan, agar bisa bergabung dengan semua elemen masyarakat.. mulai dari petinggi desa/ kampung, pemuda-pemudi, niniak-mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan semua masyarakat yang berada dilingkungan tempat tinggal. Sehingga semua kegiatan positif yang akan dilakukan selama KKN mendapat dukungan positif dari masyarakat setempat.



Setiap nagari memiliki 19 hingga 20 orang mahasiswa KKN yang terdiri dari berbagai jurusan. Nagari tersebut telah ditentukan sebelumnya oleh pihak Universitas. Mahasiswa yang mengikuti KKN mayoritas adalah mahasiswa tahun tiga, yang akan lanjut ke semester 7.

Jadi, Kegiatan apa saja yang dilakukan selama KKN?
Setiap mahasiswa memiliki (minimal satu) program kerja yang sesuai dengan ilmu yang dikuasainya, seperti saya : program kerja di bidang Sistem Informasi, teknologi, dan komputer.
Sehingga di tiap nagari terdapat berbagai program kerja yang diharapkan dapat membantu perkembangan dan kemajuan nagari. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa bersama masyarakat nagari.

"... mahasiswa yang nota benenya penerus bangsa ini benar-benar dapat berinteraksi dengan masyarakat. Hidup bersama-sama dengan masyarakat, menyelami kehidupan masyarakat, ikut membina dan membangun masyarakat. Selain itu tempat tinggal merekapun benar-benar berbaur dengan masyarakat kebanyakan, sehingga ketika mereka selesai kuliah ada kenang-kenangan bagi masyarakat, entah itu berupa proyek fisik berupa jalan, jembatan, gedung sekolah. Dan juga proyek non fisik berupa berbagai macam pembinaan dan penyuluhan baik itu untuk para orang tua, remaja dan anak-anak. Bahkan saking akrabnya mereka berinterkasi dengan masyarakat banyak mahasiswa yang kecantol dengan gadis-gadis warga setempat yang mau atau tidak mau mereka selanjutnya bertempat tinggal disitu dan membina mereka untuk waktu selanjutnya... ", ucap Fatkhul Muin, Pengelola Blog Pusat Informasi Masyarakat Pesisir yang ditulis pada website resmi KKN Unand.

saat berbagi ilmu ke siswa SMP 

Ya, tak jarang muncul kisah asmara di kala KKN berlangsung.. Baik antar mahasiswa peserta KKN, yang biasanya baru saling mengenal ketika KKN, ataupun oleh mahasiswa dengan masyarakat setempat. :P
Hampir 2 bulan menjalani KKN pastinya menghasilkan banyak cerita bagi para mahasiswa.. Begitu juga dengan saya :D
Ada persahabatan, keluarga baru, konflik, masalah, tawa, suka, dan juga duka :)
*Let's read my story in other post. Ok? ;)*

Jadi, begitulah sepenggal penjelasan tentang KKN.. Kuliah Kerja nyata~
:)

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...