25.8.13

20!

Guys, today is my special day :* 20 years ago, i born to this world, brought love and hope :)


And now?

Alhamdulillah masih bisa menghirup oksigen hingga sekarang, thanks god.
Alhamdulillah, masih dipercaya Allah buat menjalani kehidupan.. Walaupun waktu -waktu yang telah berlalu itu sering terbuang dengan percuma, sangat "belum" produktif.

Dan sekarang, saatnya memperbaiki diri, menjadi lebih baik dari 19 tahun yang kemarin :" Saatnya mulai berpikir dewasa, menjalani kehidupan baru di kepala duaa ({})

HBD eaa~
Antara bahagia dan sedih sih, bahagia udah 20 tahun, tapi juga sedih karena gak teenager lagi. Wahaa :D
And well, semoga semua impian bisa secepatnya menjadi kenyataan..
Awali umur 20 ini dengan syukur, istigfar dan doa :)
Yey! :))

:*

18.8.13

Kemerdekaan Ini Janganlah Cepat Berlalu

Kemerdekaan Ini Janganlah Cepat berlalu~
*ceritanya lagi ganti lirik kemesraan jadi kemerdekaan :3 tapi malah terkesan maksa ._.*

Hello semua
Balik lagi di BSO Campaign Project! Yeay! XD
Setelah vakum beberapa bulan dari project (gegara KKN gak ada sinyal ._.), sekarang saya balik lagi disini, bersama BSO Allies lainnya, buat menyebarkan virus-virus cinta~! Yeay! Cinta Indonesia XD

Lagi membara nih, harap maklum. Kan ceritanya masih suasana menyambut hari kemerdekaan RI! Semangat para pejuang masih melekat dihati ini :" #asik

Happy Birthday Indonesia-ku :)

Ayo sekarang Indonesia udah ulangtahun yang keberapa hayo?
Tiiit.. Bener, yang ke-68 *tepuktangan* *yeee* *mulai gila -_-*
Indonesia udah 68 tahun (lebih 1 hari) aja, udah semakin tua :') Dari 17 Agustus 1945 hingga sekarang 18 Agustus 2013. Udah pasang bendera di depan rumah-kah? :D

Berhubung kemarin ini saya baru aja bikin postingan tentang gimana sih sikap kita, para generasi muda saat menyambut hari kemerdekaan (liat disini ya ^^). Jadi sekarang saya pengen bagi-bagi info dikit aja deh tentang tanggal 17 Agustus 1945.

Katanya nih, tanggal 17081945 itu sakral loh :3
Katanya [lagi] waktu proklamasi itu udah direncanain tanggal segitu, bukan suatu kebetulan..
Katanya [lagii] ada arti tersendiri dibalik tanggal 170845 itu, versi eksakta maupun Islam, bahkan mungkin ada dalam versi lainnya juga.
Katanya [lagiii] ada angka 17, 8, dan 45 yang menyusun hari kemerdekaan itu dapat dihubungkan dengan shalat.

17.8.13

Kita, Sang Penerus Bangsa!

Tujuh belas agustus tahun empat lima..
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka~

Siapa yang tidak pernah mendengar lagu diatas. Lagu "Hari Merdeka" karya Husein Mutahar tersebut merupakan lagu menyambut kemerdekaan republik Indonesia, 68 tahun yang lalu.

merdeka!
Telah 68 tahun Indonesia merdeka. Setiap tahunnya, masyarakat merayakan ulang tahun Indonesia dengan melakukan acara-acara hiburan. seperti panjat pinang, tarik tambang, pacu karung, memasukkan paku dalam botol, bola gila, dan sebagainya. Hal tersebut sudah tidak asing lagi kita lihat di setiap tahunnya. Terlebih tahun ini hari kemerdekaan tidak lagi masuk ke dalam bulan Ramadhan seperti beberapa tahun belakangan.

Tapi, sebenarnya apa makna kemerdekaan yang harus kita petik dari perjuangan pahlawan 68 tahun yang lalu itu?

HUT.RI.68

Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lupakan disaat memperingati hari kemerdekaan. Apa sajakah itu?

12.8.13

Ketika Pen-De-Ka-Tan Itu Dimulai #KKNUnand2013

Kisah ini berawal ketika saya menemukan nama "Vivi Mulya Ningsih" di sebuah lembar pdf yang baru saja didownload dari web KKN Unand. Disitu tertulis Sungai Liku Palangai, nagari dimana saya harus menetap nantinya selama satu setengah bulan.. *buat yang belum tau KKN apa, baca disini aja ya ^^*

Dan pada tanggal 20 April 2013 - 8 am, untuk pertama kalinya saya diperkenalkan dengan 18 orang teman baru.. ketika coaching pertama dengan KKN. Teman baru, ya..

Saya ingat, waktu itu di gedung E 1.5. Ada yang baru jabat tangan, kenalan.. ada juga yang cuma duduk, diem.. Tak ada satupun yang saya kenal, padahal kita se-universitas. Ckck.. Saya kira selama ini Universitas Andalas itu kecil loh.. ternyata.. haha :D

Dan kami pun mulai saling mengenal. DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) membagi kami menjadi 3 bagian, 7-6-6. Saya dapat bagian kelompok 2 bersama 5 orang teman baru lainnya. 6 orang, sejorong, dengan 2 orang lelaki, dan 4 orang wanita.

Setelah kenalan, terutama dengan teman-teman sekelompok, kamipun tukar-tukaran nomor handphone.
Dan pertemuan pertama itu diakhiri oleh waktu..

tukaran nomor handphone w/ teman sekelompok XD

---

Pertemuan-pertemuan selanjutnya diisi dengan rapat senagari, untuk membahas kelanjutan survey ke lokasi KKN, dan juga membahas program kerja yang akan dilakukan selama KKN.
Beberapa kali rapat, saya mulai kenal satu per satu teman, mulai terlihat bagaimana kepribadiannya, pendekatan~ :)

11.8.13

Puasa Syawal Dulu, Baru Jago Matematika-nya :D

Hei.. 
Sekarang udah nggak Ramadhan lagi nih, udah masuk syawal.
Tau nggak kalo di bulan syawal ada satu ibadah sunnah yang ngetop banget?
Yak namanya adalah puasa 6 syawal :)
Bukan berarti puasa ditanggal 6 syawal ya, tapi puasa selama 6 hari di bulan syawal.


Seperti yang saya baca di salah satu artikel di internet, dan sedikit copast artikelnya ^^ (menyertakan link ke alamat yang bersangkutan kok :))

*** (batas awal copast) ^^

Dari Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barangsiapa yang berpuasa (di bulan) Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan (puasa sunnah) enam hari di bulan Syawwal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh.”[1]

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal, yang ini termasuk karunia agung dari Allah kepada hamba-hamba-Nya, dengan kemudahan mendapatkan pahala puasa setahun penuh tanpa adanya kesulitan yang berarti[2].

Mutiara hikmah yang dapat kita petik dari hadits ini:
  1. Pahala perbuatan baik akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali, karena puasa Ramadhan ditambah puasa enam hari di bulan Syawwal menjadi tiga puluh enam hari, pahalanya dilipatgandakan sepuluh kali menjadi tiga ratus enam puluh hari, yaitu sama dengan satu tahun penuh (tahun Hijriyah)[3].

10.8.13

Kata Mereka Ini KKN..

Selama lebih kurang 50 hari, tepatnya sejak tanggal 4 Juni hingga 22 Juli 2013, saya beserta ribuan mahasiswa angkatan 2010 lainnya mengikuti KKN.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Andalas ini menjadi kegiatan tahunan, dan berlangsung saat libur semester genap.

Apa itu KKN?
KKN bukanlah singkatan dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.. tapi merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata, yang merupakan salah satu perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, berkenaan dengan peran serta Perguruan Tinggi membina dan memberdayakan masyarakat, dan termasuk ke dalam mata kuliah yang harus dijalani mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Dengan adanya KKN, mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan yang didapat selama di bangku perkuliahan. Semua ilmu yang telah dipelajari, dibagikan kepada masyarakat.. untuk membina dan memajukan masyarakat. Sehingga KKN itu bisa menghasilkan banyak manfaat, baik bagi masyarakat di tempat KKN berlangsung, dan juga bagi mahasiswa sendiri, sebagai pelaku kegiatan KKN. Dan nantinya mahasiswa menjadi lebih peka terhadap berbagai permasalahan riil yang terjadi di masyarakat.

Ketika KKN berlangsung, mahasiswa diharuskan berbaur dengan masyarakat pedesaan. Sehingga mahasiswa dapat belajar banyak tentang hidup bermasyarakat.

Hal tersebut tidaklah mudah.. Karena setiap daerah memiliki adat dan budaya yang berbeda.. Adat istiadat lokal itu harus bisa dipelajari, dipahami, dan dilaksanakan di setiap aktivitas selama berada di daerah tersebut :)

di posko KKN

Sebagai mahasiswa, kami juga harus bisa beradaptasi dengan baik.. menjaga sikap, perkataan dan tindakan, agar bisa bergabung dengan semua elemen masyarakat.. mulai dari petinggi desa/ kampung, pemuda-pemudi, niniak-mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan semua masyarakat yang berada dilingkungan tempat tinggal. Sehingga semua kegiatan positif yang akan dilakukan selama KKN mendapat dukungan positif dari masyarakat setempat.

6.8.13

Hal Yang Tak Terduga Ketika Bukber

Ramadhan sebentar lagi meninggalkan kita..
Meninggalkan rasa, kisah dan cerita.

Dan mungkin, salah satu kisah yang berkesan buat semua remaja itu adalah bukber a.k.a bubar.
Gak diragukan lagi, di setiap bulan Ramadhan pasti selalu ada ajakan bubar dari temen-temen sejawat.. Dan biasanya tempat makan / cafe / resto jadi idaman buat bubar.
Mulai dari tempat makan kelas atas sampe kelas bawah sekalipun..

Biasanya nih, kalo yang namanya mau bubar diluar.. Jangan harap bisa datang pas setengah jam mau berbuka, ditempat makan favorit (banyak konsumen setia-yang artinya tempat makan itu enak / pewe), tanpa booking dulu jauh-jauh hari.
Dijamin tempat makan yang diinginkan udah full of booking -_- *curhat*
Mungkin kalo lagi beruntung, bisa nyempil kali ya buat 2-3 orang aja..

bukber bareng nyunyu, dateng ga yaahh?

Nah..
Terus kalo gak sempat booking, mau buka dimana?
Demi kebersamaan dan suasana buka di luar yang beda dari buka di rumah itu..
Kalo tetep mau nyari tempat makan enak yang masih kosong-pun, waktu tetap berjalan~ dan waktu buka puasa juga semakin dekat..
Terkadang beberapa orang rela terpaksa memilih tempat makan yang masih kosong (yang penting ada makanan, bisa berbuka, enak gak enak urusan belakangan)..

Jadilah, tempat makan yang biasanya sepi di hari-hari biasa, menjadi favorit di hari-hari Ramadhan.. Bisa dibilang, hampir semua tempat makan jadi kebanjiran rezeki..

2.8.13

Do What You Love, Love What You Do

"Do what you love, love what you do"
Kutipan diatas gue temuin setelah kelar ngebaca buku bang bena - benabook. (padahal belinya udah lama, tapi baru sempat nyelesaiin baca sekarang :3)

Abis baca bagian itu, gue jadi teringat sama sesuatu..
yaitu hobi.
Kenapa hobi? karena dari hobi-lah kita bisa tau apa yang kita senangin dan mau ngelakuin hal tersebut dengan semangat, tanpa beban dan bisa menguntungkan kita.



Nah..
Dan yang jadi permasalahannya adalah.. gue "sempat" gak ngeh sama hobi gue.
Sempat beberapa kali ditanyain temen, "hobi lo apa?"
Bukannya langsung ngejawab pertanyaan itu dengan spontan, tapi gue malah mikir.. lamaaa.. dan endingnya jawab pertanyaan ngasal.
temen : "hobi lo apa sih?"
gue : "ngg.. gak tau deh"
gue : "kayaknya tidur deh"
gue : "ntar ya gue tanya google dulu" -__-

Padahal gue inget banget pas jamannya seragam putih merah dulu.. tiap ngisi biodata di orgi temen, pasti ngisinya
Minkes : air putih 100%
Makes : nasi goreng, pangsit
Warkes : Biru (*warkes: warna kesukaan)
Hoby : membaca
Cita-cita : masuk surga

*yap, itu sepenggal masa lalu gue, pas masih bocah, tapi kumpulan kertas biodata gue dan temen2 masih kesimpen lo sampe sekarang.. *brb bongkar lemari* gyahaha XD

Nah, balik lagi ke masa sekarang..

1.8.13

Welcome August

Sampai jumpa Juli, terimakasih buat semua cerita yang udah terukir sebulan ini :)
Semoga agustus ini lebih baik..
Banyak momen dikala agustus datang, banyak kisah, cerita, tawa..
Yang hanya ada dibulan ini, bukan di bulan lainnya :)

Welcome August :")
:*
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...