18.5.13

Cara Sukses Mencontek ala Chef Bong


Pagi!
Kali ini Chef Bong (baca cebong :P *maksa dikit*)  bakal kasih tips buat kamu-kamu semua tentang cara mencontek yang baik dan benar.  
Naah..
Apa aja sih yang dibutuhin buat bisa sukses ujian tanpa belajar? Yuk kita liat tips-tips ampuh mengahadapi dunia per-ujian-an ala Chef Bong.. This is it~

1. Nyadar ataupun nggak, di zaman smartphone dan android sekarang ini.. Pelajar / mahasiswa yang bisa disebut ujianers  dipermudah dalam membuka pdf / doc materi ujian di handphone mereka. Oke, kemajuan teknologi cukup membantu ujianers ini untuk berbuat curang.. Gak perlu capek-capek bikin jimat, keluarin handphone, ujian sukses. Dan Chef Bong lihat di kehidupan, handphone itu dengan banyak cara bisa gak keliatan sama pengawas.

2. Walau gak semua orang udah punya hape yang ada fasilitas pdf dan officenya, cara tradisional bikin kunci jawaban soal ujian-pun (a.k.a jimat) masih sering dilakuin ujianers. Jimat bisa berisi rumus-rumus, materi ujian, ataupun kunci jawaban buat yang UN. Masalah ketahuan /gak ketahuan? Itu sih tinggal pandai-pandainya kamu buat nyembunyiin dari pengawan yaa

3. Males bikin jimat? Gak punya hp keren? Tapi temen pinter punya kan?
Nah, itu tuh fenomena yang sering terjadi di dunia per-ujian-an sekarang.. Kalo lagi musim ujian, temen pinter biasanya pada dibaik-baikin sama temen sekelas (bener kan ya?). Apalagi kalo temen pinter itu ternyata nggak pelit dan baiiik banget, gak tega liat temennya gagal ujian.. itu sih namanya malaikat banget.. Jadi, duduklah disebelah mereka, karena kalau kamu beruntung, kamu bisa dapetin isi kertas jawaban mereka dengan mudah #eh #sesat

4. Silahkan berkreatifitas sesuai gayamu~ XD

Oke fine, Chef Bong udah kasih tips-tips mencontek yang lagi ngetren zaman ini nih. Tapi taukah kamu (sebenernya) apa manfaat dari mencontek itu?


Nilai bagus? Pasti.. Nilai bagus bisa bikin kita bangga, ngebahagiain orang tua juga, tapi apa gunanya kita bangga dengan nilai yang kita dapatkan dari kecurangan?
Kalau dengan nyontek / ngejimat lo bisa dapat nilai 100, tapi gak ngerti apapun tentang materi ujian itu? Apa gunanya?

Disadari atau nggak, pelajar sekarang lebih banyak berorientasi ke nilai, gak terlalu penting pelajarannya ngerti atau nggak, masa bodoh sama materi yang seabrek banyaknya, asal nilai ujian bagus, nilai rapor excellent, ujian lulus? Semua cara rela dilakukan.. Dan hanya orang-orang yang berpikiran pendek yang mau ngelakuin hal-hal itu..

Chef Bong yakin sebenernya dari hati nurani ujianers, ujianers ngerasa berdosa kalau habis berbuat curang kayak gitu.. Harus ngumpet-ngumpet dari pengawas, pura-pura gak mencontek, dsb.

Ayo lah kita berpikiran jauh ke depan.. nyontek gak ada gunanya cuy! Apa gunanya nilai bagus tapi omong kosong doang?

Lebih baik jujur sama diri sendiri, jawablah ujian sesuai kemampuan kita.. Kalau bukan kita yang jujur dengan diri sendiri, siapa lagi? Kalau mau temen-temen kamu jujur ngomong apapun sama kamu, ya dimulai dari diri sendiri dong.. J

Belajarlah sebelum ujian, tanyain materi ujian apa aja ke temen-temen kamu.. Mulai buka buku / cari bahan di mbah google.. Pahami, bikin map / catatan “gede” (kalau kecil sih bisa jadi jimat juga -_-) yang memudahin kamu buat ngerti materi tersebut.. Dan ulang-ulang lagi deh catatan yang udah kamu bikin..
So, Say no to nyontek!  ;) Mencontek cuma membuat kita bersifat curang dan menjadi pembohong. Atau malah lebih parahnya lagi nyontek > bohong > korupsi #eh. Kan korupsi itu berawal dari kebohongan dan kecurangan. Jadi jangan sampai deh kita jadi generasi korupsi >.< Haram looh, haram!

Hukum alam.. kebohongan itu ngak bisa ditutupi terus-menerus. Tau pepatah “sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga” kan? Sepandai-pandainya kamu menutup-tutupi kebohongan nyontek terus-menerus, pasti bakal ketahuan juga. Dan jangan sampai karena iseng nyobain nyontek sekali dan gak ketahuan, kamu ketagihan untuk melakukan kebohongan selanjutnya.


Dan satu lagi, say no to SKS! Sistem Kebut Semalam Cuma bikin kita capek sendiri. Lebih baik mulai belajar jauh hari sebelum itu..  Waktu yang paling baik buat belajar adalah sebelum subuh, di sepertiga malam. Karena ketika itu pikiran kita masih dalam keadaan fresh dan bersemangat.. Tidak dianjurkan belajar ketika pikiran sedang kacau dan lelah, karena materi yang kita baca jadi gak maksimal masuk ke otak.
“Janganlah belajar di waktu lapar, haus, sedih, marah, ngantuk atau stress. Dan jangan pula belajar dalam kondisi dingin yang sangat menusuk dan terik yang menyengat.” (Imama Ibnu Jama’ah rahimahullah)

Yok kita belajar! Kapanpun ujiannya, belajarnya ya dari sekarang! ;)
Ingat, kecurangan saat ujian itu merupakan pembodohan yang terselubung..Waspadalah!

Be honest guys! :D

16 komentar:

  1. itu yang digambar gue banget da aaahh -_-
    pernah pas uts akuntansi bikin kebetan, padahal biasanya kalo ga bisa lebih milih pasrah. tapi amazing banget tumbenan bikin kebetan. alhasil sekali kalinya pake kebetan langsung ketauan pengawas dan masuk BAP >.<
    ga lagi lagi deeehh contek contekan

    BalasHapus
  2. hahahaha iya tuh sama banget kayak gue, itu jargon gue waktu UN kemaren tau... UN harus bener-bener jujur biar greget.

    BalasHapus
  3. Woakakaka... say no to SKS! betul banget itu... Gue dulu kebiasa belajar nyicil, pas H-1 ujian malah saya pake buat STSP (Sistem Tidur Seharian Penuh) atau ngga MGS (Main Game Seharian) wkwkwkwk... :D

    BalasHapus
  4. kalo ninggalin rutinitas SKS susah guys, berhubung saya anak farmasi, dan materinya seabrek, hari ini sore kelar praktikum, eh besok udha ujian, haha, tapi yg penting JUJUR, ntar gak ketauan m pengawas tapi ketauan terus m Allah #jaga sikap

    keep spirit cheF BONG :D

    BalasHapus
  5. nyontek > bohong > korupsi, para koruptor pasti dulunya jagonya nyontek :D
    salam

    BalasHapus
  6. metamorfosis: nyontek > bohong > korupsi
    jadi para korupsi tuh bentuk sempurna dari ci pecontek yah om.. Hahaha..:D

    BalasHapus
  7. nah nah, muncul kasus baru lagi nih, SKS..

    ini yang masih susah.. hahaha..

    BalasHapus
  8. pengalaman gue menyontek menjadikan gue ketagihan dan akhirnya jadi malas berpikir

    BalasHapus
  9. Sontek/menyontek hanyalah satu dari sekian banyak buah dari nilai-nilai komunal yang kita anut bahkan regulasikan dalam aturan-aturan berbangsa-bertanah air. sebut saja pancasila, sebagai pucuk dari hierarki perundang-undangan.. sila kelima dari sumber hukum Indonesia ini mengisyaratkan minimnya ego individual di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Setuju,,, sebagus apapun hasil nyontek tetap tidak akan bisa menumbuhkan rasa bangga dalam diri... beda ceritanya kalau hasil yang kita dapat merupakan usaha kita sendiri... pasti lebih asyik dan membanggakan... :)

    BalasHapus
  11. Deal menjawab soal sesuai kemampuan lebih seru ketimbang menyontek :)

    BalasHapus
  12. Benar, kalau pada diri sendiri aja masih bohong..Apalagi sama orang lain.
    pasti dapat julukan lier..
    Salam kenal kak..

    BalasHapus
  13. hahahahah, kurang gregettt

    *Kunjungan Rutin Sobat, Mas ipul selalu hadir di postingan anda :D

    BalasHapus
  14. Jujur sama diri sendiri itu, PENTING.
    Percaya sama kemampuan diri sediri itu, HEBAT.

    BalasHapus
  15. Mencontek seolah-olah menjadi hal2 yg tidak dapat ditinggalkan, sudah jadi jamur pelajar
    Belajar dapat dilakukan dimanapun berada, termasuk ketika dijalan, rumah dan sekolah...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...