19.1.13

#7KebiasaanRemaja - Mendahulukan yang Utama

Hei guys, balik lagi di episode 7 kebiasaan remaja yang gue rangkum dari buku cetar membahananya Sean Covey :D

Kali ini kita masuk part 3, Mendahulukan yang Utama!

Disini kita belajar menentukan prioritas dan mengatur waktu, dan kita juga harus belajar mengatasi ketakutan dan bertahan di saat-saat yang sulit.

Pertama, yang harus kita lakukan itu adalah memeriksa segala yang perlu dikerjakan, lalu susunlah prioritas. Ketika menentukan prioritas, pastikan semua hal yang "utama" terlaksana dahulu dan hal-hal yang kurang penting terlaksana terakhir. Atur waktumu dengan baik..

"Merencanakan dahulu" merupakan kebiasaan sederhana yang ampuh untuk mengendalikan semuanya. So, jangan pernah menunda-nunda pekerjaan dan melakukannya diakhir waktu ya! :) Aturlah waktumu mengerjakan pekerjaan dan hal-hal penting itu di awal. INGAT.. Dahulukan yang PRIORITAS! (y)
Dengan mendahulukan yang prioritas, hidup jadi lebih terkendali! gak perlu tergesa-gesa lagi deh ;)

Tips lain untuk membantu mengatur waktu yang lebih baik dan mendahulukan hal-hal yang utama yaitu :

  • Gunakan AGENDA
    Agenda bukan dirancang untuk mengikat kita loh, tetapi untuk membebaskan. Dengan agenda, kita gak perlu lagi khawatir kalau-kalau melupakan sesuatu hal.. Dan agenda itu sendiri juga berfungsi untuk membantu kita menjalani hidup. Gak percaya?
    Makanya.. jangan lupa catat setiap pekerjaan pentingmu di agenda ya! :)
  • Buat rencana Mingguan
    Luangkanlah waktu 15 menit di setiap minggu untuk merenungkan apa yang ingin kamu capai di minggu berikutnya. Tanyakan pada diri sendiri "hal" apa aja ya yang kira-kira perlu aku kerjakan di minggu ini? 
    Batu-batu besar mewakili hal-hal yang paling penting bagimu. Sementara kerikil-kerikil mewakili hal sehari-hari yang menyita waktu.. seperti kesibukan-kesibukan kecil, urusan rumah tangga, dll. Ingat..
    "Hanya dengan membuat rencana mingguan, setiap minggunya kamu bisa menjadi lebih fokus pada batu-batu besarmu! :) dan dengan sendirinya mencapai jauh lebih banyak".
Salah satu hal yang tidak dapat di daur ulang adalah waktu yang telah terbuang. So, pastikanlah kamu menggunakan setiap waktumu dengan baik! :)
*Belajar mengatasi ketakutan & tekanan sesama

Kamu bisa aja mundur ketika mencalonkan diri menjadi pengurus organisasi karena terlalu takut bicara di depan umum. Kamu bisa aja kalah dari suatu lomba hanya karena takut tidak bisa mengalahkan lawan, dll.
Ketakutan selalu ada dalam diri kita. Tetapi jangan pernah biarkan ketakutan itu membuatkan keputusan bagimu. Kamulah yang harus mengambil keputusan.

Bertindak walaupun ketakutan takkan pernah mudah, tetapi setelahnya kamu akan selalu merasa senang telah melakukannya.

Seperti yang dikatakan Edmund Hillary, orang pertama yang mendaki Mount Everest : "Bukan gunungnya yang kita taklukkan, melainkan diri sendiri".

So.. FIGHTING YEA! XD
Ingat prioritas! Dahulukan yang utama! :)

*****

#7KebiasaanRemaja - Mendahulukan yang Utama merupakan 1 dari 7 kebiasaan remaja yang sangat efektif. Ini merupakan serial ketiga dari 7 kebiasaan yang ada di bukunya Sean Covey - "the 7 habits of highly effective teens" loh :D

So, nantikan 4 kebiasaan efektif lainnya yaa.. setiap malam minggu jam 19.00 aja, kebiasaan-kebiasaan remaja itu bakal dibahas satu per satu looh :)

Jangan sampe ketinggalan!!! 

hanya di JUST IPHIK ;)

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...