5.1.13

#7KebiasaanRemaja - Jadilah Proaktif!

Manusia bisa bahagia bisa tidak adalah tergantung pilihannya sendiri.
-Abraham Lincoln-

Taukah kamu, sebenernya di dunia ini ada 2 tipe orang loh, yaitu PROAKTIF dan REAKTIF.
Apa bedanya sih?

Orang Reaktif itu membuat pilihan-pilihannya menurut dorongan hati. Mereka seperti sekaleng soda, yang kalau kehidupan mengocoknya sedikit saja.. tekanannya menumpuk dan tiba-tiba meledak. Sama aja kayak memberikan alat pengendali ajrak ajuh hidupmu kepada orang lain sambil mengatakan: "Nih, silahkan gonta-ganti suasana hatiku sesukamu!".


Sementara orang-orang Proaktif membuat pilihan-pilihannya menurut nilai-nilai. Mereka berpikir sebelum bereaksi. Mereka sadar bahwa mereka tidak bisa mengendalikan segala yang terjadi kepada mereka, tetapi mereka bisa mengendalikan reaksi mereka. Tidak seperti orang reaktif yang penuh karbon, orang proaktif adalah ibarat air. Walau dikocok sekuat apapun, ketika tutupnya dibuka tidak akan terjadi apa-apa. Ia akan tetap tenang, dingin, dan terkendali.

Bagi orang proaktif, alat pengendali jarak jauhnya ada di tangan sendiri. So.. gak ada yang bisa merusak mood mereka. :D

Jadilah PROAKTIF..
akulah sumber pendorong diriku sendiri. Akulah kapten hidupku. Aku bisa memilih sikap. Akulah yang bertanggungjawab atas kebahagiaan ataupun ketidak-bahagiaanku sendiri. Akulah yang duduk di kursi pengemudi menuju takdirku, bukannya penumpang.


Sooo.. yuk kita jadi orang yang proaktif. Orang proaktif itu..
  • tidak mudah tersinggung (mampu mengontrol emosi)
  • bertanggungjawab atas pilihan-pilihannya sendiri
  • berpikir sebelum bertindak
  • cepat pulih kalau terjadi sesuatu yang buruk
  • selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana
  • memiliki sikap "aku bisa" - memikirkan solusi dan pilihan, bukan memikirkan masalah dan hambatannya. - Bertindak!
  • fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang bisa mereka ubah.
    Kita tidak bisa mengendalikan warna kulit kita, siapa orangtua kita, dsb. Tetapi yang PASTI bisa kita kendalikan adalah bagaimana reaksi kita terhadap apa yang terjadi pada diri kita. Kita dapat mengendalikan diri sendiri, sikap, pilihan, dan respon kita terhadap apapun yang sedang terjadi di sekitar kita.

Mungkin diawal kamu bakal agak kesulitan dalam membiasakan sikap PROAKTIF tersebut, karena memang.. bersikap reaktif jauh lebih mudah. Kamu bisa dengan mudah lepas kendali dan merengek / mengeluh. Kita tidak mungkin benar-benar proaktif ataupun reaktif. Tetapi diantaranya :)

So, kuncinya adalah melatih kebiasaan bersikap proaktif agar jadi kebiasaan, sehingga gak perlu dipikirkan lagi. Kalau kamu biasanya bersikap proaktif rata-rata 20 kali sehari, tingkatkan lagi menjadi 30 kali, lalu 40 kali. Semakin lama, kamu pasti bakal merasakan perbedaan besar dari sikap proaktif tersebut. :)

Trust me, it's work!
yang penting bukanlah apa yang terjadi padamu dalam hidup ini, melainkan bagaimana responsmu terhadap kejadian itu. (W. Mitchell)
nb:
Dalam perjalanan hidup ini, ada penumpang dan ada pengemudinya. Yang dicari adalah pengemudinya. Jadi, tanyakan pada dirimu..
Apakah kamu yang mengemudikan hidupmu atau apakah kamu hanya seorang penumpang?
Apakah kamu yang memimpin simfonimu atau sekedar dimainkan?
Apakah kamu bersikap seperti soda pop atau sebotol air?
Setelah segalanya dikatakan dan dilakukan, pilihannya ada di tangan kamu :)

*****

#7KebiasaanRemaja - Jadilah Proaktif! merupakan 1 dari 7 kebiasaan remaja yang sangat efektif. Nantikan 6 kebiasaan efektif lainnya yaa.. setiap malam minggu jam 19.00 bakal dibahas satu per satu loh :)

O iya, poin-poin dari #7KebiasaanRemaja ini gue dapat dari buku "the 7 habits of highly effective teens" karyanya Sean Covey loh :D


So, jangan sampe ketinggalan!

hanya di JUST IPHIK ;)

4 komentar:

  1. Pernah baca soal ini di Seven Habits, hehehe. Tapi bener, sikap menentukan segalanya =)

    BalasHapus
  2. iya, ini emg terinspirasi dari buku 7 habits bg :D
    mumpung lg baca ulang bukunya nih.. jd dibikin catatan di blog aja sekalian :)
    biar yang lain juga bisa ikutan baca

    hoho :)

    BalasHapus
  3. PROAKTIF PROAKTIF YES !!!

    lama gak mapir ke blogku mbak? hihihi

    BalasHapus
  4. Bermanfaar sekali! Trms

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...