20.1.13

The Mother of Kata Bijak [part 1]

Kalau siapa saya adalah tergantung pada apa yang saya punya, dan apa yang saya punya sudah hilang.. Lalu saya ini siapa? (Anonim)

Kejujuran selalu merupakan pilihan terbaik, walaupun tidak "nge-trend". (Sean Covey)

Manusia bisa bahagia bisa tidak adalah tergantung pilihannya sendiri. (Abraham Lincoln, Presiden AS)

Apakah saya gagal / sukses bukanlah hasil perbuatan orang lain. Sayalah yang menjadi pendorong diri sendiri. (Elaine Maxwell)

Kebanyakan dari kita takkan pernah melakukan hal-hal besar. Tetapi kita bisa melakukan hal-hal kecil dengan cara yang besar. (Maren Mouritsen)

Kalau Anda percaya bisa berhasil, Anda akan betul-betul berhasil. (D.J. Schwartz)

Jadilah pemimpi besar untuk menjadi pemimpin besar. (Solikhin Abu Izzudin)

Bukan gunungnya yang kita taklukkan, melainkan diri sendiri. (Edmund Hillary - pendaki pertama Mount Everest)

Jadilah selalu versi kelas satu dari dirimu sendiri, ketimbang versi kelas dua dari orang lain. (Judy Garland - penyanyi & aktris)

Yang tragis adalah orang yang seumur hidupnya tidak pernah mengerahkan seluruh kemampuan maksimalnya. (Arnold Bennet)


* bersambung *
---


19.1.13

#7KebiasaanRemaja - Mendahulukan yang Utama

Hei guys, balik lagi di episode 7 kebiasaan remaja yang gue rangkum dari buku cetar membahananya Sean Covey :D

Kali ini kita masuk part 3, Mendahulukan yang Utama!

Disini kita belajar menentukan prioritas dan mengatur waktu, dan kita juga harus belajar mengatasi ketakutan dan bertahan di saat-saat yang sulit.

Pertama, yang harus kita lakukan itu adalah memeriksa segala yang perlu dikerjakan, lalu susunlah prioritas. Ketika menentukan prioritas, pastikan semua hal yang "utama" terlaksana dahulu dan hal-hal yang kurang penting terlaksana terakhir. Atur waktumu dengan baik..

"Merencanakan dahulu" merupakan kebiasaan sederhana yang ampuh untuk mengendalikan semuanya. So, jangan pernah menunda-nunda pekerjaan dan melakukannya diakhir waktu ya! :) Aturlah waktumu mengerjakan pekerjaan dan hal-hal penting itu di awal. INGAT.. Dahulukan yang PRIORITAS! (y)
Dengan mendahulukan yang prioritas, hidup jadi lebih terkendali! gak perlu tergesa-gesa lagi deh ;)

Tips lain untuk membantu mengatur waktu yang lebih baik dan mendahulukan hal-hal yang utama yaitu :

  • Gunakan AGENDA
    Agenda bukan dirancang untuk mengikat kita loh, tetapi untuk membebaskan. Dengan agenda, kita gak perlu lagi khawatir kalau-kalau melupakan sesuatu hal.. Dan agenda itu sendiri juga berfungsi untuk membantu kita menjalani hidup. Gak percaya?
    Makanya.. jangan lupa catat setiap pekerjaan pentingmu di agenda ya! :)
  • Buat rencana Mingguan
    Luangkanlah waktu 15 menit di setiap minggu untuk merenungkan apa yang ingin kamu capai di minggu berikutnya. Tanyakan pada diri sendiri "hal" apa aja ya yang kira-kira perlu aku kerjakan di minggu ini? 
    Batu-batu besar mewakili hal-hal yang paling penting bagimu. Sementara kerikil-kerikil mewakili hal sehari-hari yang menyita waktu.. seperti kesibukan-kesibukan kecil, urusan rumah tangga, dll. Ingat..
    "Hanya dengan membuat rencana mingguan, setiap minggunya kamu bisa menjadi lebih fokus pada batu-batu besarmu! :) dan dengan sendirinya mencapai jauh lebih banyak".
Salah satu hal yang tidak dapat di daur ulang adalah waktu yang telah terbuang. So, pastikanlah kamu menggunakan setiap waktumu dengan baik! :)

14.1.13

Semester Baru, Semangat Baru!

Sekarang tepat tanggal 14 Januari 2013, dan saatnya mulai kuliah lagi  \(´`)/  

Semester enam yang baru gue laluin tadi pagi (ya ampun udah mau 3 tahun aja gue disini  --> TUA -_-) cukup bikin heboh gue dan temen-temen sekelas.. gimana nggak, matkul wajib di semester ini pada dimulai jam 07.30 semua. ckck cetar membahana cekayi jadwalnya :3

Tapi Alhamdulillah gue udah bisa move on #eh, maksudnya gak galau karena di PHP-in nilai semester 5 lalu lagi, semester 5 yang karena keterlambatan dosen ngasih nilai, mahasiswa jadi korban :'( bukan cuma satu, tapi malah DUA dosen.. ckck. Sungguh teganya teganya teganya banget pak dosen itu --'

 Tapi berhubung gue (ceritanya) udah move on.. so, semester baru semangat baru XD
sumber gambar


Harapan disemester ini..
Semoga semester ini lebih baik dari semester sebelumnya
Semoga bapak-ibu dosennya gak pemalas lagi dateng ke kelas buat berbagi ilmu ke mahasiswanya
Semoga semua matkul bisa dijalanin dengan baik, ngerti, biar bisa diimplementasiin nantinya
Semoga pas masukin nilai semua dosennya sepakat ngasih gue nilai A #ehm
Semoga KKN-nya aman lancar jaya
Semoga semua harapan & doa teratas bisa terwujud :)
*amiiin*

Semester baru.. FIGHTING! (•`O´•)9

12.1.13

#7KebiasaanRemaja - Merujuk pada Tujuan Akhir

"Kendalikanlah takdirmu sendiri, kalau tidak mau dikendalikan orang lain" - Jack Welch
Hei kamu!
Kamu punya tujuan akhir gak?
Apakah kamu tau ingin jadi apa setahun lagi? Lima atau 10 tahun lagi?
Atau apakah kamu malah gak tau apapun?
*jederr*

Kalau kamu masih gak tau kamu ingin jadi apa dimasa datang, kamu harus lanjut baca postingan ini sampe abis! ;)
Mulai dari sekarang, ayo ingat-ingat apa tujuan akhirmu (HARUS)! Kembangkanlah gambaran yang jelas kemana arah hidupmu, tentukan sasaran-sasaran buat mencapai tujuan akhirmu :)



Naaah..
Kalo di kebiasaan sebelumnya (kebiasaan 1 - Jadilah Proaktif!) kamu itu pengemudi hidupmu sendiri..
Kalo di kebiasaan dua ini, kamulah yang berhak memutuskan kamu mau kemana, dan buatlah peta untuk sampai kesana. Pertanyaannya.. kenapa harus kamu? Yak! karena kamulah pengemudi dirimu sendiri, bukan orang lain toh :D


Penting gak sih punya tujuan akhir itu?

9.1.13

Bercita-citalah!



Memiliki cita-cita berarti memiliki tujuan hidup yang jelas. Dan memiliki kejelasan tujuan itu merupakan separo dari kesuksesan, yang separonya lagi adalah bagaimana cara kita menempuhnya.
Impian hari ini adalah kenyataan dihari esok. Kenyataan hari ini adalah hasil dari impian kemarin.
Kadang kita takut punya cita-cita, karena takut untuk mencapainya. Padahal cita-cita itu merupakan energi yang akan menggerakkan jiwa, menggerakkan pikiran untuk kreatif, menggerakkan badan untuk aktif, dan menggerakkan seluruh tubuh mencapai tujuan.

"Kalau kita memulai langkah dengan rasa takut, maka sebenarnya kita tidak pernah melangkah.." (A.H.Nayyar,Ph.D)
So..
Kenapa harus takut bercita-cita?
Kenapa harus takut bermimpi?

7.1.13

Neotelemetri - My New Family :D

Kisah ini berawal dari tanggal 26 Maret 2012, ketika sebuah UKM tingkat universitas di kampus Power Ranger membuka perekrutan anggota baru. Ketertarikan pada UKM tersebut pun membuat gue-dan ratusan orang lainnya langsung mendaftarkan diri dan memenuhi semua persyaratan yang ada.

now, we are member of @neotelemetri
keterangan foto :
dari atas kiri-kanan >> iib, @fitrhamy, sya'ban, @heru_onfire, @dickyzsazsabela, @ferischo, @friyogiRM, @ulilamri07, @febriinanda, @rudy_hidayat
dari bawah kiri-kanan >> @marjaniherfi, @thia_w, @i_cuik, @FelbyPrima, @ciiamyo, @vivimulyaa, @mustikadeslia1, @SyellyN, @annbay19, @lenimarlina06, @mutiandina
-----------------

Berbagai seleksi, tes, wawancara telah dilalui.. hingga didapatlah 88 orang OR yang diberi kesempatan untuk belajar berorganisasi dan meningkatkan soft skill. Namun ternyata, kisah perjalanan itu tak semulus yang diharapkan..

5.1.13

#7KebiasaanRemaja - Jadilah Proaktif!

Manusia bisa bahagia bisa tidak adalah tergantung pilihannya sendiri.
-Abraham Lincoln-

Taukah kamu, sebenernya di dunia ini ada 2 tipe orang loh, yaitu PROAKTIF dan REAKTIF.
Apa bedanya sih?

Orang Reaktif itu membuat pilihan-pilihannya menurut dorongan hati. Mereka seperti sekaleng soda, yang kalau kehidupan mengocoknya sedikit saja.. tekanannya menumpuk dan tiba-tiba meledak. Sama aja kayak memberikan alat pengendali ajrak ajuh hidupmu kepada orang lain sambil mengatakan: "Nih, silahkan gonta-ganti suasana hatiku sesukamu!".


Sementara orang-orang Proaktif membuat pilihan-pilihannya menurut nilai-nilai. Mereka berpikir sebelum bereaksi. Mereka sadar bahwa mereka tidak bisa mengendalikan segala yang terjadi kepada mereka, tetapi mereka bisa mengendalikan reaksi mereka. Tidak seperti orang reaktif yang penuh karbon, orang proaktif adalah ibarat air. Walau dikocok sekuat apapun, ketika tutupnya dibuka tidak akan terjadi apa-apa. Ia akan tetap tenang, dingin, dan terkendali.

Bagi orang proaktif, alat pengendali jarak jauhnya ada di tangan sendiri. So.. gak ada yang bisa merusak mood mereka. :D

Jadilah PROAKTIF..
akulah sumber pendorong diriku sendiri. Akulah kapten hidupku. Aku bisa memilih sikap. Akulah yang bertanggungjawab atas kebahagiaan ataupun ketidak-bahagiaanku sendiri. Akulah yang duduk di kursi pengemudi menuju takdirku, bukannya penumpang.

Ulas Buku: 7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif

Hai guys..
kembali lagi bersama kecebongmanyun! :D

Mulai sabtu ini hingga 6 minggu yang akan datang, gue bakal ngebahas tentang kebiasaan postif yang pastinya harus dimiliki oleh remaja smart, gaul dan keren kayak kamu-kamu semua :D Suatu kebiasaan positif, kalau dilakukan secara terus-menerus bisa sangat menguntungkan kita looh!

Nah, ada 7 kebiasaan efektif yang recomended banget nih bagi semua kalangan remaja, yang gue dapat dari buku "the 7 Habits of Highly Effective Teens" karya Sean Covey. Ada yang pernah baca buku ini?

Kalau ada yang udah baca, gak ada salahnya lagi dong kita ulang ngebahas isi bukunya ;) Kalau belum, yuk sama-sama kita ikutin setiap kebiasaan tersebut dengan ihlas :D

BTW, apa aja sih 7 kebiasaan remaja yang sangat efektif tersebut? Yuk cekidot
  1. Jadilah proaktif
    Bertanggungjawablah atas hidupmu sendiri.
  2. Merujuk pada tujuan akhir, atau Mulailah dengan mengingat-ingat tujuan akhirmu
    Definisikanlah misi dan sasaran hidupmu.
  3. Dahulukan yang Utama
    Susunlah prioritas, dan dahulukanlah hal-hal yang penting.
  4. Berpikir menang/menang
    Bersikaplah agar semua orang bisa menang.
  5. Berusaha memahami terlebih dahulu, baru dipahami
    Jadilah endengar yang baik, yang tulus.
  6. Wujudkan sinergi
    Bekerjasamalah agar mencapai hasil lebih baik.
  7. Asahlah gergaji
    Perbahuruilah dirimu secara berkala.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...