18.12.12

Desember: Bulan Menanam Pohon

Hai guys.. kembali lagi sama postingan campaign BSO. Kali ini campaignnya bertema penghijauan. Mumpung sekarang bulan Desember nih, apa hubungannya?

Bagi yang belum tauu.. Desember itu adalah Bulan Menanam Nasional (BMN), yang ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2008 lalu (berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2008). Tapi bukan berarti selain bulan Desember gak boleh nanam pohon loh --'
markinampo :*

Mungkin dari kalian ada yang nanya, kenapa sih harus bulan Desember? 
Kan kalo desember itu udah akhir taun, udah tutup buku tuh semua perusahaan.. Gimana mau ngeluarin duit buat nanam pohonnya? #eh 

Jadi guys, katanya (gak tau kata siapa -_-).. penetapan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional itu merupakan lanjutan dari program pemerintah sebelumnya, yaitu progran penanaman pohon secara serentak, yang dimulai tepat pada Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 Nopember dan diperangati setiap tahunnya. *ooooh..*

Naah. sekarang udah ngerti kan kenapa postingan ini dibuat? hehe :P

Mumpung lagi bulannya tanam-menanam nih, apa salahnya kita ikut ngeramein program pemerintah yang satu ini dengan tanam pohon bareng-bareng. Tanam pohon itu dimulai dari bibitnya juga boleh :)
Ayo tanam-tanam..

Semoga maksud dari program ini juga sampai ke semua masyarakat Indonesia :), yaitu mampu menumbuhkan budaya menanam pohon, buat ngantisipasi perubahan iklim global, degradasi lahan, kerusakan lingkungan juga loooh.
Menanam hari ini, menikmati kemudian 
Ayo kita ikut serta menjaga bumi kita tercinta ini :* jangan sampai kerusakan lingkungan yang hari ini marak terjadi kita warisin juga buat generasi-generasi selanjutnya :)
Lestarikan lingkungan yuuuk.. go green! ..9 


Daaan.. siapa yang nyangka kalo kita menanam pohon, kita otomatis berinvestasi loh buat pesen tiket masuk surga. :D Gak percaya?
Naah..
Tanpa kita sadari, dengan menanam pohon (walaupun cuma 1), kita telah menanam investasi jangka panjang untuk memperoleh tiket masuk surga. Bahkan ketika kita telah meninggal pun pahala dari menanam pohon ini (insyaAllah) akan terus mengalir. *amiiin* :)

Sebatang pohon yang ditanam dan dirawat hingga tumbuh akan memberikan manfaat yang besar. Bukan hanya untuk orang yang menanam pohon saja namun juga kepada orang-orang di sekitar pohon. Bahkan kepada berbagai makhluk dan organisme lainnya.
Sebagian kecil manfaat dari sebatang pohon di antaranya adalah:
  • Pohon menghasilkan oksigen. Rata-rata sebatang pohon mampu menghasilkan oksigen hingga 1,2 kg perhari. Bahkan sebatang pohon trembesi mampu menghasilkan 78 kg O2 perharinya (28,48 ton/tahun). Padahal seorang manusia rata-rata menghirup 0,5 kg O2 perharinya. Berapa banyak manusia dan hewan yang terbantu dari sebatang pohon?.
  • Akar pohon menyerap air hujan ke tanah, mencegah air meluap menjadi banjir saat musim penghujan dan mengikat air sehingga menjadi cadangan air tanah yang dapat digunakan hingga musim kemarau. Setiap orang membutuhkan air untuk minum dan aneka kebutuhan lainnya termasuk untuk bersuci (wudhu).
  • Pohon menghasilkan buah, daun, batang, kayu, akar, dan biji yang dapat dimakan dan dimanfaatkan.
  • Pohon pun menjadi tempat tinggal dan mencari makan berbagai organisme mulai dari burung, kupu-kupu, ulat bulu, bahkan organisme-organisme yang tidak kasat mata.
Dari sedikit manfaat itu saja bisa kita bayangkan berapa banyak orang perharinya yang mendapatkan manfaat dari sebatang pohon yang telah kita tanam. Seandainya dibuat hitungan kasar; Dalam sehari pohon tersebut dimanfaatkan oleh 2 orang untuk bernafas, 1 orang untuk minum, dan 1 orang untuk wudhu bukankah kita telah bersedekah kepada 4 orang. Padahal pohon mampu hidup puluhan hingga ratusan tahun. Semakin banyak yang memperoleh manfaat bukankah pahala yang kita terima akan semakin besar dan tiket masuk surga.
Menanam Pohon Sebagai Shodaqoh Jariyah. Menanam pohon dapat dianggap sebagai sedekah jariyah layaknya menyumbang pembangunan masjid, maupun mewakafkan tanah. Apalagi jika penanaman pohon itu memang dimaksudkan untuk kepentingan umum seperti menanam pohon di tepi jalan atau hutan.
Sedekah jariyah mempunyai arti memberikan harta benda miliknya di jalan Allah yang mempunyai manfaat hingga jangka panjang. Apa harta benda yang kita berikan saat menanam pohon? Benih, tenaga, dan biaya menanam dan merawat pohon itu.  Kan pohon mengurangi pencemaran udara sehingga udara yang dihirup membuat orang mampu mencari nafkah. Air menjadikan orang dapat bersuci hingga bisa melaksanakan ibadah.
ada hadistnya loh:
“ketika seorang anak adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yang pahala dari amal itu tetap mengalir walau dia telah meninggal dunia, yang pertama dalah shodaqoh jariah, yang kedua adalah ilmu yang bermanfaat, dan yang ketiga adalah anak yang sholih dan sholihah yang mau mendoakan kedua orang tuanya” (H.R Muslim).
Setiap orang berteduh di bawah pohon yang kita tanam, menghirup oksigen yang dihasilkannya, meminum air yang disimpannya setiap itu pula (insyaAllah) kita juga bakal memperoleh pahala dari itu semua.
sudahkah anda menanam pohon hari ini? :D
Sungguh nikmat ketika kita telah meninggal namun point-point pahala kita terus bertambah lantaran sebatang pohon yang dengan ikhlas kita tanam dan rawat hingga tumbuh terus memberikan manfaat. Sebuah investasi tanpa henti untuk memperoleh tiket surga.

So.. 
markinampo! -mari kita menanam pohon- :)

5 komentar:

  1. ayoooo kita menanam pohon :)
    keep posting mbak vivi yang cantik :)
    salam solid!!

    BalasHapus
  2. woe woe itu gambar yang saya pake.....dua orang hitam putih megangin pohon

    nambahin hadis, semoga bermanfaat

    Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya”. [HR. Bukhari ]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa, selalu gambar yang sama, memang jodoh dah kalian berdua.

      #kabuurr

      Hapus
  3. markinambu - mari kita menanam buah :)
    salam kampanye ngeblog BSO ya

    BalasHapus
  4. Menanam hari ini, menikmati kemudian,
    Cara menikmatinya bukan dengan ditebang kan...???
    he he he he

    Ayo menanam pohon untuk generasi2 selanjutnya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...