6.11.12

Programmer itu.. LAKI!

Kilas Balik! Season 2
Hai guys!  Kembali lagi bareng Just Iphik di acara mengungkit Lembaran Lama.  Re-postingan kali ini ngebahas tentang pemrograman! Yee!

Berhubung postingan ini pertama kali diluncurkan tanggal 25 Desember 2010, dan disaat itu gue masih cupu-cupunya di bidang IT (berarti sekarang udah master dong phik? #eaa  -__- ) , sekarang masih cupu juga sih, tapi gak cupu-cupu banget (apa deh  -.-“).. So, lagi semangat-semangatnya cari info tentang apa aja yang bakal gue pelajari selama 4 tahun kuliah di Sistem Informasi. Dan, bertemulah dengan kata “programming”. Yang artinya seorang programmer (yaitu gue #eh) yang ngelakuin coding, dan membuat sebuah program  #asikasik >.<

Yuk cekidot apa cerita gue tentang programming, lumayan loh buat nambah pengetahuan ;)
***
Kalau kamu pernah bermimpi bisa sekaya Bill Gates, ato Kayak Mark Zuckerberg  si pembuat Facebook, Kamu gak salah baca postingan ini. karena kamu bisa aja kayak mereka, asal bisa nguasain yang satu ini, yaitu bahasa pemrograman.
Bill Gates dan Mark Zuckerberg merupakan segelintir contoh tokoh programmer muda yang sukes n terkenal karena produk dan karya mereka di bidang pemrograman.
Dan bagi gue sendiri, sebagai salah satu mahasiswa Sistem Informasi, modal penting banget buat bisa nguasain bahasa pemrograman. Apa aja sih yang harus diketahui tentang programming itu?
Pertama..
Kita harus tau prospek kerja seorang programmer (orang yang menguasai bidang pemrograman). Gak ada yang menyangkal bahwa orang-orang yang jago coding ini sangat banyak diincar oleh perusahaan-perusahaan.
Kenapa begitu? Karena di zaman yang serba modern dan canggih ini, setiap perusahaan sangat bergantung pada teknologi untuk produksi produk dan pemasaran produk mereka. Dan, seorang programer biasanya fokus di bidang industri pengolahan data dan jasa komputer. Dan gak Cuma itu, sejumlah besar programmer juga banyak ditemukan bekerja di perusahaan telekomunikasi, produsen peralatan komputer dan kantor, lembaga keuangan, operator asuransi, lembaga pendidikan, dan lembaga pemerintah.
So, insyaAllah gak bakal nganggur kok setamat kuliah ntar :D asal punya skill. Berangkaat~

Kedua..
Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh kalo kamu menggeluti profesi di bidang ini, yaitu:
- Biasanya programmer punya gaji yang lebih tinggi daripada karyawan biasa (cumpah? Miapah?)
- Prospek kerja sangat menjanjikan, banyak dibutuhkan dan dijamin kamu gak bakal jadi pengangguran kalo udah nguasai bidang pemrograman
- Berbagai pilihan dalam berkarir, bisa milih mau kerja dimanapun kamu mau
- Pekerjaan yang menantang kreatifitas dan intelektualitas, karena setiap diberi masalah baru kita ditantang untuk berkreativitas, menggunakan logika untuk menyelesaikan masalah itu
- Prospek yang baik untuk kemajuan

Ketiga..
Seorang programmer harus menguasai algoritma dan dasar-dasar pemrograman komputer yang menjadi pondasi untuk menguasai bahasa pemrograman komputer. Apa itu Algoritma?
Algoritma adalah langkah-langkah/ proses logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Berdasarkan jenisnya, bahasa pemrograman dibedakan menjadi beberapa  jenis, yaitu:
  1. Bahasa mesin, kode binary yang menyajikan instruksi dasar ke CPU komputer. Biasanya berupa perintah sangat sederhana seperti halnya menjumlahkan dua bilangan atau memindahkan data dari satu tempat memori ke tempat memori lainnya. Contoh: bahasa Assembler
  2. Bahasa tingkat menengah – sebuah mekanisme bagi manusia untuk memrogram komputer secara langsung tanpa mengingat pertalian dari bilangan-bilangan biner. Berorientasi pada aturan-aturan gramatikal. Contoh: bahasa C
  3. Bahasa tingkat tinggi – mengijinkan manusia untuk menulis program-program yang komplek tanpa menempuh urutan satu-per satu. Bahasa tingkat tinggi sekarang yang ada meliputi Pascal,FORTRAN, Java, dan BASIC. Satu perintah dalam bahasa tingkat tinggi, seperti halnya menulis sebuah string ke sebuah file, dapat diterjemahkan ke puluhan bahkan ratusan instruksi bahasa mesin.
  4. Bahasa yang berorientasi objek, contoh: Visual Basic, Delphi, SQL


So, gak harus nguasain semua coding kok biar jadi programmer handal. Minimal focus deh kuasain satu bahasa aja (bhasa tingkat menengah, bahasa C misalnya).. ntar bahasa-bahasa lainnya bisa ngikut deh dibelakang.. :D

***

Nah, tertarik jadi programmer? Yuk! Barengan belajar bareng Just Iphik :)

*Admin juga masih dalam tahap belajar kok :D*

5 komentar:

  1. sudah jd kbiasaan saya itu mah otak/atik program.
    trutama Visual Basic & Visual foxPro. lumayan bnyak yg sudah ak buat aplikasi yg berbasis dri program trsebut

    o y blog km sudah ak follow, ganian follow balik blogq ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat..
      udah bikin project apa aja nih? share dong :D

      Hapus
  2. udah lama gak coding, syntaxnya lupa semua :)))

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...