18.11.12

Perjuangan Sang Pahlawan

Eh udah tanggal 18 aja, dan saatnya kuiis! #eeh
Seperti biasa, kalo udah tanggal 18 itu ya kita gajian dong! #eeh *salah lagi*

Campaign Project! itu baru bener :D
Yap, project BSO kali ini gak jauh-jauh dari November. Ada yang bisa nebak?

Pasti-lah bisa, kan udah liat judulnya :P
PAHLAWAN

tiap tanggal 10 November rakyat Indonesia ngerayain hari Pahlawan.
Kenapa harus tanggal 10? kenapa harus bulan november?
Kenapa harus dirayain sih?

Jadi.. Sejarahnya gini :

Pada tanggal 10 November 1945, di kota Surabaya, Jawa Timur terjadi sebuah PERTEMPURAN besar. Pertempuran Surabaya tersebut merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan merupakan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia, yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 
Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut, telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.
Lihat sejarah lengkapnya disini.

Nah, udah tau kan asal-usul Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November?
Ya itulah sejarah Indonesia.. Dan semuanya pasti pernah deh belajar sejarah bung tomo di sekolah. :)

Oke deh, lanjut ya ke pertanyaan kedua.. *kenapa jadi cerdas cermat gini -_-"*


Jadi sebenernya PAHLAWAN itu apa sih?
Menurut om wikipedia, kata "pahlawan" berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.


Yahaa.. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini dengan sebaik-baiknya.

Gimana aja sih caranya?

  1. meneruskan perjuangan para pahlawan, dengan kegiatan-kegiatan positif.
  2. Selalu mengingat jasa para pahlawan. mereka udah bertarung jiwa raga sampai Indonesia jadi negara merdeka seperti sekarang ini. Kita gak boleh ngelupain mereka dan jasa-jasanya begitu aja dong :)
  3. Kita harus bisa menjadi generasi muda yang membanggakan dan berprestasi, bukan generasi yang sibuk tawuran, korupsi, nyontek, suka bohong, ngonsumsi obat-obatan (narkotika), dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya. 
  4. Semangat juang para pejuang juga bisa kok kita jadiin teladan ;)
  5. Menjaga budaya dan alam Indonesia dngan baik dan gak merusaknya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya!

Semoga kita bisa jadi pahlawan-pahlawan yang mengharumkan nama Indonesia ya guys!
Do possitive! :)

aku bangga menjadi warga Indonesia

8 komentar:

  1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.
    Kata-kata yang sering di sebut dalam pelajaran sejarah dan kewarganegaraan pas SMA

    BalasHapus
  2. setujuu sama ini "Kita harus bisa menjadi generasi muda yang membanggakan dan berprestasi, bukan generasi yang sibuk tawuran, korupsi, nyontek, suka bohong, ngonsumsi obat-obatan (narkotika), dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya. "
    semoga kita adalah pemuda-pemudi yang bertanggung jawab akan kemajuan bangsa kita..

    BalasHapus
  3. Baca artikel ini bikin aku bangga jadi anak Indonesia :)

    salam kenal mbak dian :)

    BalasHapus
  4. kalau bukan kita siapa lagi, yg jadi Generasi Pahlawan Indonesia O,O
    ayo lakukan yg terbaik untuk Indonesia tercinta!!!

    BalasHapus
  5. Bener, ayoo bagi generasi muda Indonesia, mari kita jadi pahlawan bagi bangsa, caranya ya minimal belajar sungguh2, ya toh hehe ^^

    BalasHapus
  6. Wuhuu~ ayo dong muda mudi bangsa... jangan mentang2 udah hidup dalam damai, apa-apa ada jadinya melemahkan semangat juang deh... Harus bisa lebih baik biar bangsa ini bertahan terus selama-lamanya!

    BalasHapus
  7. Bangsa yang besar juga mengerti akan sejarah pahlawannya ! Salam Solid :)

    BalasHapus
  8. JAS MERAH ( JANGAN SEKALI-KALI MENINGGALKAN SEJARAH )

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...