20.10.12

SHAWL (Share With Love)

Kali ini gue bakal sedikit share sedikit isi buku "The Man Nobody Knows" karya Bruce Bartomn..
Sebuah analogi indah tentang alur kehidupan.. Sangat menginspirasi!

Di buku tersebut, Bruce Bartomn menceritakan kisah antara sungai Yordan dan laut Galilea. Penasaran gimana ceritanya?

Yuk disimak :)

***
Ada dua laut di Palestina. Yang satu segar, dan banyak ikannya. Tepinya kaya dengan kehijauan. Pohon-pohon menjulurkan cabang-cabangnya di atasnya dan juga akarnya yang haus untuk menyerap airnya yang menyembuhkan.

Sungai Yordan menjadikan laut ini dengan air pegunungan yang berkilauan. maka tampak tertawa kalau tertimpa sinar matahari. Dan banyak orang membangun rumahnya dekat sungai ini, dan burung membangun sarangnya di pohon dekat sungai ini; dan setiap jenis kehidupan menjadi lebih bahagia berkat sungai ini.

Sungai Yordan mengalir terus ke selatan ke laut lain.

Di laut yang satu ini, tak ada ikan yang berkeriapan, tak ada daun yang melambai, tak ada suara burung berkicau, tak ada tawa ria anak-anak. Ppara pelancong mrmilih rute lain, kecuali kalau urusannya mendesak. Udara di atas airnya berat, dan baik manusia maupun binatang atau unggas, takkan meminum airnya.

Apa sih yang membuat perbedaan besar di antara kedua laut yang berdekatan ini? Bukan Sungai Yordan. Sungai Yordan mengalirkan air yang sama baiknya ke dalam kedua laut ini. Bukan tanahnya; bukan negara di mana kedua laut ini berada.

Inilah bedanya. Laut Galilea menerima tetapi tidak menahan air dari Sungai Yordan. Untuk setiap tetes yang mengalir ke dalamnya, ada setetes yang mengalir keluar darinya. Memberi dan menerima, berlangsung seimbang.

Laut yang satunya lagi lebih cerdik, menimbun pemasukannya dengan serakah. Sungai ini takkan tergoda oleh dorongan untuk bermurah hati. Setiap tetes yang diterimanya, ditahannya.

Laut Galilea memberi dan hidup. Laut yang satunya tidak memberi apa-apa. Namanya Laut Mati.

Ada dua tipe orang di dunia. Ada dua laut di Palestina.

***

Analogi sederhana seperti kisah di atas menyadarkan kita tentang pentingnya berbagi..
Berbagi akan memberikan kita banyak kebaikan. Apa yang kita miliki tak akan berkurang, namun malah akan bertambah ketika kita ikhlas berbagi kebaikan kepada sesama. Semua terasa indah ketika kita berbagi, melihat orang lain juga ikut bahagia karena kita. :)

So, tunggu apa lagi?
Yuk berbagi! Berbagilah kepada orang-orang yang kita sayangi, keluarga, teman, sahabat, soulmate, guru, bahkan kepada orang yang belum dikenal sekalipun.

Berbagilah, tidak harus dengan uang / materil , apabila kamu memang tak memiliki uang yang berlebih.. Bisa saja berbagi makanan, berbagi senyuman, dll.

Karena berbagi / memberi itu sama artinya dengan memberikan kehidupan, bukan saja kepda orang lain, melainkan juga pada diri sendiri :)

10 komentar:

  1. melakukan senyuman adalah hal sederhana yang membawa dampak luar biasa bagi yang tersenyum dan lawan senyum nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. *senyum-senyum*
      gue udah ngebahas tentang dampak luar biasa dr senyuman disini http://kecebongmanyun.blogspot.com/2012/06/when-i-see-your-smile.html

      :)

      Hapus
  2. iya ya, analogi dua laut ini emang bagus bangeeet :) harusnya kita nggak usah takut kekurangan kalau berbagi, karena sebanyak itu yang kita beri, sebanyak itu juga yang akan kita terima nanti. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, malah kalau berbagi dg ikhlas.. pasti bakal dibalas berkali2 lipat sama yg di atas :)

      Hapus
  3. manusia memang hidup untuk berbagi...dan sudah menjadi sebuah hukum alam bahwa selalu ada bahagia ketika kita ihlas memberi, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah emang fitrahnya, gitu kan ya? ^^
      tapi ada jg yg serakah dan gak nyadar akan fitrahnya lagi a.k.a peliit
      :D

      Let's SHAWL! :)

      Hapus
  4. berbagi = menambah pahala juga :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)
      yuk berbagi!
      kirim ke rekening aja yaa.. #eh :P

      Hapus
  5. Semakin banyak kita berbagi, semakin banyak kita menerima :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...