13.8.12

Nikmatnya Buka Bersama :D

Menghitung hari~
Gak terasa bentar lagi Ramadhan tahun ini berakhir.. :'(

Sangaaat banyak hal-hal khusus yang cuma ada di bulan Suci ini, yang jarang kita temui di bulan-bulan lainnya. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan ibadah / rohani, seperti puasa, tarawih, lebaran, lailatul qadar, nuzul Qur'an, maupun hal-hal yang udah membudaya di tengah masyarakat.. kayak pasar ta'jil dadakan, parsel, thr, kue lebaran, kebakaran (kayaknya tiap Ramadhan bencana yang satu ini selalu eksis --"), supermarket yang mendadak rame banget, dan satu hal yang gak pernah luput di tiap Ramadhan : BUBAR a.k.a BUKBER. :)

Yap, kali ini kita bakal ngebahas tentang BuBar / BukBer! Yuk cekidot!

BUBAR itu merupakan akronim dari buka bareng, atau BUKBER yang punya makna yang sama, yaitu Buka Bersama. Gak tau juga sih siapa yang pertama kali mempopulerkan istilah dan tradisi ini. Namun hingga sekarang tradisi bubar ini udah membudaya di Indonesia.

Biasanya bubar itu sendiri diadain di restoran / rumah makan. So.. gak salah deh kalo pas Ramadhan kamu bakal banyak nemuin tempat makan yang biasanya sepi mendadak jadi penuh.
Tapi sebenernya, apa sih keuntungan dan kerugian dari Bubar itu sendiri? Yuk disimak~ :D

KELEBIHAN
  • Bertemu teman dan sahabat lama (nyambil Reunian)
    Bubar bisa jadi ajang reunian buat sebagian orang. Hal itu terbukti dari adanya undangan bubar temen satu Jurusan, bubar se-Fakultas, bubar se-angkatan, bubar SD, bubar SMP, bubar SMA, bahkan sampe bubar TK-pun ada. Komplit!

    Dan kalo udah bubar plus reunian gitu, biasanya nih ya yang dibahas gak jauh-jauh dari ini :

    ^Kalau yang bubarnya emak-emak, di bubar SD / SMP / SMA^  
    "Eh jeng.. gendutan ya sekarang, padahal dulu singset banget loh.
    Jeng udah punya anak berapa? Anak yang pertama itu udah kerja dimana? Kemaren abis nikah sama anaknya pak camat yang blablabla itu kan ya? Wah selamat ya jeng.. bla bla bla bla "
    *heboh*

    ^Kalau yang bubarnya para mahasiswa tahun akhir^  "Eh Bro, gue besok mau seminar nih. Doain gue ya. Biar bisa cepet wisuda, abis itu gue ngacir deh langsung kawin sama si Rohimah. Lo kapan mau nyusul gue bero? O iya, dosen pembimbing lo killer beud kan? ckck.. sabar aja ya bro! Pasti rempong kan cyin~ #eh

    ^Kalau yang bubarnya mahasiswa baru, waktu bubar SMA^ "Eh vin, masa senior-senior itu tega banget ngerjain gue, disuruh inilah, itulah.. marah-marah gak jelas. Apalagi dosennya tuh, baru masuk sekali aja gayanya udah killer banget, ngasih tugas bejibun.. gak boleh telat masuk. bla bla bla" *curhat*

    ^dll^
  • Mempererat Tali Silaturahmi
  • Ganti Suasana & Menu Makanan Berbuka (y)
    Kalo biasanya kamu berbuka di rumah dengan menu yang itu-itu aja, waktu Bubar-lah saatnya kamu cobain menu baru.
  • DLL *silahkan tambah sendiri ya!* :P
KEKURANGAN
  • Boros
    Dibanding makan di rumah, bubar emang mengeluarkan budget yang lumayan lebih. Apalagi kalo bubarnya tiap hari.. bisa-bisa langsung bankrut deh di akhir Ramadhan. Tapi tenang.. pas Lebaran biasanya pada dapet jajan tambahan tuh ;) *THR* *THR*
#TIPS
Daripada kebanyakan bubar di luar yang menghabiskan banyak duit, mending bubarnya di saring dulu. Kalo gak terlalu penting dan kayaknya gak bakal seru,lebih baik gak usah di datengin aja *hemat beb*. Kan lumayan tuh, buat menghemat uang jajan ^^v . Lebih baik uang jajannya disedekahin aja, ya gak :D
  • Ibadahnya Jadi Keteteran
    Biasanya tuh ya, kalo yang namanya bubar di luar, pas udah nyampe rumah pasti deh tepar. Bawaannya udah capek aja. Dan kalo udah capek gitu, jadi gak sempat tarawehan dulu, witir, apalagi ngerjain sunnah-sunnah yang lain.
    Apalagi biasanya (lagi) Bubar itu kelarnya abis jamaah di mesjid udah pulang tarawehan berjamaah. Yaah.. sedih banget..
#TIPS
Kalau emang habis pulang bubar itu capek banget, istirahat dulu bentar. Abis itu lanjut deh taraweh dan witirnya! Ingat loh, taraweh itu kan cuma bisa di kerjain di bulan Ramadhan. Masa mau disia-siain gitu aja :)
  • Bikin Galau
    #eaaa ada yang galau. Ciee :P
    Biasanya galau a.k.a andilau ini terjadi ketika ada beberapa jadwal bubar yang bentrok, ada 2 atau lebih acara bubar di hari yang sama dan tempat yang berbea. Gini deh nasib orang sibuk, banyak orderan bubar di sana-sini. Jadi galau deh mau ikut yang mana.

    Contohnya aja nih, hari Rabu besok ada 3 undangan bubar yang ngehampirin gue *cie orang sibuk* :D So, gimana dong tipsnya? :O
#TIPS
Kalau emang mau ngehadirin semua bubar.. kamu bisa ngatur jadwal, buka puasa di tempat A, shalat magrib di tempat B, makan-makannya di tempat C, dst sampai semua bubar di hari itu kamu datengin. Atauuu.. kalau kamu dibatasi oleh jarak dan waktu dan diharuskan milih satu yang terbaik diantara semua., ditimbang-timbang aja deh mana yang rasanya bakal seru, rame, dan ringan di kantong #mentalmahasiswa :D
  • DLL * silahkan tambah sendiri ya!* :P
****

Kayaknya itu aja deh kelebihan dan kekurangan. Kalau ada yang mau nambahin, bikin di kolom komentar aja ya! Yahaa.. :3

FYI
, semakin banyak kamu ikut aktif di organisasi dan komunitas, pastinya semakin banyak juga undangan bubar yang bakal kamu dapetin :D

Selamat BUBAR!


sumber gambar : http://komikmuslimah.blogspot.com/

4 komentar:

  1. Yang Forever Alone bakal galau karena gak ada yang ngajakin bubar... #Eaaaa

    Alhamdulillah, tiap bubar dompet jadi tipis... #Miris...

    *Curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah tiap setelah Ramadhan dompet jadi tebel lagi #amin
      :D

      Hapus
  2. kalo saya udah banyak sekali bubar yang diikuti, mulai dari yang gratis ampe yang bayar hhahaha
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. bubar gratisan? haha
      coba kalo semua bubar itu gratis.. :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...