9.8.12

ALQURAN itu .. AMAZING!

Masih dalam rangka Ramadhan, sangat KEREN kalau kita bisa meningkatkan amalan-amalan sunnah, seperti memperbanyak shalat Sunnah, ngaji, banyakin sedekah, dll. Apalagi sekarang udah masuk akhir Ramadhan. Kali aja kan kita bisa bertemu malam Lailatul Qadar #amiin.. :)

Now, Let's talk about Al-Qur'an ! :D
Ayo ayo.. main jujur-jujuran yuk..
Sampai sekarang, udah berapa kali kamu khatam Al-Qur'an?
Udah hafal berapa juz? :D
Ramadhan kali ini bacaannya udah sampai juz berapa? 15 kah? 20? 
:D
Pastinya cuma kamu tau yang tau pasti jawabanya apa :)

Saat sekarang ini, Al-Qur'an sering terlupakan. Para remaja lebih senang membaca majalah daripada Al-Qur'an, para kaum dewasa lebih suka baca koran, buku-buku tebal, ataupun remaja dan anak-anak yang mungkin bisa namatin puluhan komik hanya dalam waktu hitungan hari tapi gak berlaku buat namatin baca Al-Qur'an. 



Nah.. jangan sampai deh kita kayak yang diatas, jangan sampai kita jauh dari Al-Qur'an. Al-Qur'an itu kan firman Allah, perkataan langsung dari Allah, bukan perkataan makhluk-Nya. So, dijamin deh kalo buku petunjuk kehidupan (Al-Qur'an) itu dibaca dan dipahami, kita gak bakal nyasar dan sampai ke tujuan dengan selamat sentosa. Karena al-Qur'an memberi petunjuk bagaimana mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Trust me! :) 

FYI, buat yang belum tau.. ada banyaaak banget manfaatnya kalo kamu baca Al-Qur'an. Apa aja tuh? Yuk cekidot!

Mengobati Penyakit
Al-Qur'an sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit jasmani dan rohani, ia bisa mengobati perasaan kamu-kamu yang lagi galau. Gak percaya? Coba aja deh! Contohnya aja surat Al-Fatihah, yang sering digunakan sebagai penyembuh, karena itu ia sering disebut sebagai Asy-Syafi (penyembuh) dan Ar-Ruqyah (obat). Subhanallah ya :) Al-Qur'an sangat bisa bikin jiwa kita menjadi lebih tenang dan damai.

Menjadi Pedoman dalam Menjalani Kehidupan
Kalau kamu mau kemping ke gunung, pasti kamu perlu petunjuk kan? Seperti gimana cara ngehadapin ular yang datang tiba-tiba? apa yang harus dilakukan kalau hujan deras, ataupun mengobati teman yang tiba-tiba jatuh sakit ketika diperjalanan? Makanya semua butuh petunjuk.

Dan begitu juga dengan Al-Qur'an, ia berguna sebagai petunjuk buat kamu ngejalanin hidup di dunia, supaya gak nyasar dan selalu berada di jalan-Nya. Firman Allah itu harus kita pahami agar segala masalah kehidupan dapat terpecahkan.
Sabda Rasul :"Aku tinggalkan kepada kamu sekalian dua hal, jia kamu berpegang teguh kepada keduanya niscaya kamu tidak akan sesat selama-lamanya, yaitu al-Qur'an dan Sunnah" (HR Tirmizi)

Nambah Koleksi Pahala
Semua amalan yang dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah pastinya mendatangkan pahala. Begitu juga dengan membaca Al-Qur'an. Seperti sabda Rasulullah:
Barangsiapa yang mebaca satu huruf Kitabullah, maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tapi alif itu satu huruf (HR Tirmizi)
Jadi, kalaupun gak punya waktu banyak buat baca al-Qur'an, baca SATU ayat sehari juga gapapa kok. Kita tetep dapet pahala. Yang penting dilakuin secara kontiniu yaa :)

DLL
Orang yang membaca Al-Qur'an itu akan mendapat syafaat (pertolongan) pada hari kiamat, disediakan tempat yang paling istimewa di surga bersama para malaikat yang suci, dan juga mendapatkan sakinah, rahmah, doa malaikat dan pujian dari Allah.
Sabda Nabi saw :Tidaklah suatu kamu berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (al-Qur'an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para Malaikat yang ada di sisi-Nya (HR Muslim)
Subhanallah :)

***

Selain mempunyai banyak manfaat ketika membacanya, kita juga gak perlu ragu deh mau pilih baca al-Qur'an atau komik.. BICAUS gak ada bacaan yang lebih super daripada Al-Qur'an.. Apa sih bukti KEISTIMEWAAN AL-QUR'AN? Simak ya gan :D

pertama
coba deh agan (sejak kapan ane jadi kaskuser? #eh) bikin buku yang nandingin  Al-Qur'an, baik dari sisi keindahan bahasa, isinya yang universal, maupun relevansinya dengan kehidupan. Bisa gak? Dijamin gak bisa deh.. karena itu Al-Qur'an disebut juga sebagai mukjizat tanpa tanding. Keren gak tuh!
Buktinya, Al-Qur'an terbukti dapat menerangi zaman jahiliyah di Negeri Arab, dan Al-Qur'an juga dijadikan pedoman dan rujukan oeh umat Islam di berbagai belahan dunia. Nggak sedikit loh ilmuwan non-Muslim yang setelah membaca dan memahami arti Al-Qur'an jadi mualaf, kayak doktor ahli bedah dari prancis, Maurice Bucaille.

kedua
jika dibaca, bahasa Al-Qur'an itu indah loh! Salah satu keindahan bahasa Al-Qur'an yang bisa kita liat sendiri, yaitu ayat-ayat yang huruf akhirnya sama. Contohnya Surah Al-Ikhlash yang semua ayatnya berakhiran "dal", dan surat Al-Kautsar yang berakhiran huruf "ra". Subhanallah ya :)

terus..
isi ramalannya mengagumkan dan sesuai dengan ilmu pengetahuan. contohnya ketika ngeramalin orbit benda-benda langit. Seperti pada firman Allah :
"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya".
bayangin aja, 14 abad yang lalu Al-Qur'an telah menjelaskan orbit benda-benda langit dan proses penciptaan manusia secara kronologis. 
TAHUKAH KAMU?Kata "yaumun" (hari) dalam bentuk tunggal, di Al-Qur'an terdapat sebanyak 365 kali, seperti jumlah hari dalam setahun. Dan kata "syahr / asyhur" yang berarti bulan hanya terdapat 12 kali, sebanyak jumlah bulan dalam setahun. WOW!

keempat
Al-Qur'an itu terjaga kemurniannya. "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur'an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya".

kelima
isinya universal (menyeluruh). Al-Qur'an membahas tentang semuanya, mulai dari dari keyakinan kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, hari kiamat, akhlak terhadap sesama manusia, bahkan tentang kisah-kisah nabi terdahulu.

"Al-Qur'an is Guides people to that which will give them happiness in the life and the next"

***


Mungkin ada yang mikir.. gue udah sering banget baca Al-Qur'an, bahkan dalam sebulan gue bisa khatam 3x, tapi kok pengetahuan gue gak nambah-nambah juga ya? 
Oke, berarti kamu belum memahami isinya tuh.. Kalau kamu udah paham, pasti deh kamu akan semakin mantap dan pinter (y) ! Trust me, its work :)
"Sebuah rumah akan menjadi besar bagi penghuninya, dikerumuni malaikat, dijauhi setan, dan kebaikannya melimpah bila orang di dalamnya membaca Al-Qur'an. Sebaliknya, suatu rumah menjadi sempit bagi penghuninya, dijauhi malaikat, didatangi setan, dan kebaikannya sedikit bila Al-Quran nggak pernah dibaca" kata Abu Hurairah.
ALQURAN itu ... AMAZING ya! 

Setiap tindakan yang kita lakukan pasti memiliki etika yang harus diperhatikan, begitu juga ketika membaca Al-Qur'an. Jika kamu membacanya dengan benar, insyaAllah kamu akan mendapatkan kasih sayang Allah dan dapat membacanya dengan khusyuk dan dapat memahaminya. Terus apa aja nih yang perlu kamu perhatiin ketika ngebaca Al-Qur'an? Yuk disimak :)
  1. Awali dengan berwudhu untuk membersihkan lahir dan bathin. Kata nabi : "dosa-dosa kecil seperti bergunjing, melihat yang tidak layak, dll bisa terhapuskan dengan berwudhu" loh.. Gak percaya? cobain aja ^^ tapi wudhunya harus benar yaa .. :)
  2. Tempat duduk yang bersih dan suci, seperti masjid. 
  3. Menghadap kiblat *biar lebih khusyuk*. Ini termasuk sunnah loh! Jadi bukan wajib, so kalo kamu gak bisa ngaji menghadap ke kiblat juga gapapa. Paling juga kamu sendiri yang rugi gak dapet bonus pahala :p
  4. Ta'awuz sebelum membaca  Al-Qur'an. Apa gunanya? Untuk memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Btw tau ta'awuz artinya apa kan? Yap bener, A'udzubillahi minasyaitanirrajim :)
  5. Bacaan dilakukan dengan tertib, tenang, perlahan, dan lambat-lambat (gak tergesa-gesa) = tartil
    Membaca  Al-Qur'an dengan tartil lebih banyak dapat mempengaruhi jiwa serta lebih mendatangkan ketenangan batin dan rasa hormat pada  Al-Qur'an. :)
  6. Memahami dan menghayati bacaan dengan melakukan apa yang dikehendaki oleh ayat yang dibaca.
    contohnya :
    kalo kamu membaca ayat doa dan istighfar, berarti kamu pun berdoa dan meminta ampun. Apabila membaca ayat yang menceritakan siksa neraka, kamu pun meminta perlindungan dari-Nya, dst.
  7. Bacalah dengan suara dan nada yang merdu
  8. Jangan putuskan bacaan hanya karena hendak makan / berbincang-bincang, hentikanlah bacaan ditempat yang telah ditentukan.
SO..
Gak ragu lagi kan buat ngebuka halaman Al-Qur'an-mu? 


referensi : buku Al-Qur'an itu Mudah
sumber gambar : http://komikmuslimah.blogspot.com/

10 komentar:

  1. ngebca Al-Our'an alhamdulillah bisa ngobatin galau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. walaupun gak ngerti artinya, tp kalo abis dibaca bikin hati jd lebih tenang ya :)

      Hapus
  2. iyaaa kadang heran orang ngeluangin waktu buat baca Al-Qur'an susaaah bgt
    tp nonton tv atau baca yg lain2 bisa berjam-jam hmmm . . .
    apalagi sekarang bulan ramadhan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, heran juga..
      padahal sama2 ngebaca, dapet pahala juga. tp tetep aja lebih milih majalah :O
      semoga deh makin banyak yg suka ngebaca Quran :) *amin*

      Hapus
  3. stuja kepada bu vivi, let's reading Al Qur'an....

    BalasHapus
  4. Alqura'n itu pedoman hidup. ditambah lagi dengan sunnah nabi..
    nice posting :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...