25.7.12

Perbanyak Shalat Sunnah di Bulan Ramadhan Yuk!

Hai hai, kembali lagi nih di postingan Ramadhan :)
Kamu pasti tau dong.. di bulan Ramadhan, semua amal sunnah dinilai sebesar amalan wajib di bulan biasa. Jadi, semakin banyak kita ngerjain amalan sunnah di bulan puasa ini, kita jadi nabung pahala deh buat di akhirat besok. ^^ Trus, apa aja sih amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan yang suci ini? 
Penasaran? Penasaran? Jamaah~ oh jamaah~
Di bulan Ramadhan, kita dianjurkan memperbanyak amalan sunnah seperti :
  1. melakukan shalat sunnah
  2. membaca al-Qur'an
  3. mengaji
  4. berinfak / sedekah
  5. menghafal ayat-ayat pendek
  6. berzikir
  7. dll.
Daan kali ini Just Iphik bakal ngebahas point yang nomor SATU dulu ya :) Shalat sunnah. Apa aja sih keistimewaan sholat sunnah? Apa aja contoh-contoh shalat sunnah? apa untungnya sih buat kita? 
Dari pada banyak nanya.. Yuk kita simak dibawah ini :D jemaah~ #eh


TAHUKAH KAMU.. amal manusia yang pertama kali dihitungkan pada hari kiamat itu adalah shalat. Dan.. shalat sunnah berfungsi untuk menutupi kekurangan yang mungkin terdapat pada shalat 5 waktu tersebut. Disamping itu, shalat sunnah juga memiliki keutamaan yang tidak dimiliki semua jenis ibadah lain, selain shalat sunnah lho. Apa aja itu? Lanjuut aja yuk~


FYI, shalat sunnah itu sangat banyak macamnya, ada yang namanya shalat rawatib, shalat tahajud, shalat dhuha, shalat witir, shalat tarawih, dan masih banyak lagi..
Kali ini, Just Iphik akan membahas beberapa shalat yang paling sering dilakukan, apa aja sih keistimewaan dan manfaatnya... tetap lanjut nyimak ya :)

1. Shalat Dhuha
Ayo, pada tau kan shalat dhuha itu apa?
Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika waktu dhuha, yaitu ketika matahari sedang terbit hingga menjelang masuk waktu zuhur. Jumlah rakaatnya minimal 2, dan maksimal 12 rakaat dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam. 

Sabda Rasulullah SAW :
"Shalat Dhuha itu shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk beerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya" (HR Muslim)
Sangat banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila kamu melakukan shalat dhuha dengan rutin, yaitu :
  1. Sedekah bagi tubuh, seperti sabda rasul : "Setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma'ruf adalah sedekah, dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Maka yang dapat mencakupi itu hanyalah dua rakaat yang dilakukan dari shalat Dhuha." (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)
  2. Perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita
  3. Menyehatkan jasmani
  4. Meningkatkan kecerdasan
  5. Hati menjadi lebih tenang
  6. Menjadi lebih konsentrasi dalam berpikir
  7. Memudahkan jalan meraih rezeki
  8. InsyaAllah dapat memudahkan urusan pada hari itu
  9. Menangkal stress yang mungkin muncul dalam kegiatan sehari-hari
2. Shalat Tahajud
Apa itu shalat tahajud? Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, hingga menjelang subuh. Shalat tahajud dilakukan setelah kita melakukan tidur, dan ketika terbangun kembali, baru deh bisa shalat tahajud. Jadi kalo kamu gak tidur dulu, bukan shalat tahajd namanya ^^
Shalat tahajud itu sangat dianjurkan loh, seperti di dalam al-Qur'an :
Hendaklah Engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajjud, sebagaimana shalat sunnat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang terpuji” (Al-Isra’ : 75)
Dianjurkan melakukan shalat tahajud di sepertiga malam dengan penuh keheningan, karena di saat itu banyak orang yang sedang tidur terlelap. Dan lakukanlah dengan penuh kekhusyukan, renungi hidup yang telah dilalui, instropeksi diri, memohon ampunan kepada-Nya, dan berdoa. Semoga Allah mengabulkan semua doa kita :)
Shalat tahajud sendiri bisa dilakukan minimal 2 rakaat, dan maksimal bisa sampai 12 rakaat, pokoknya jumlah rakaatnya genap, dengan  melakukannya 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, seperti kata Rasulullah SAW : "Shalat malam itu, dua-dua" (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)
yuk bangun, shalat tahajud dulu :)
Seperti yang dikutip dari salah satu sumber, manfaat shalat tahajud sangat banyak, manfaat itu bisa kita rasakan di dunia, maupun di akhirat kelak, yaitu :
  1. dipelihara Allah dari segala macam bencana
  2. tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya
  3. dicintai para hamba yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia
  4. lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah
  5. akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama
  6. wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti
  7. akan mendapatkan keringanan ketika di hisab
  8. Bisa menyeberangi jembatan Shirathal Mustaqim dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar
  9. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan
Subhanallah ya :) Jadi jangan sia-siain dong waktu tengah malam kamu, apalagi di bulan suci ini.. insyaAllah kita bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan tersebut. amiin..

3. Shalat Witir
Kalau kamu udah selesai shalat tarawih di mesjid, pasti deh ada shalat lagi. Itulah shalat witir. Shalat witir adalah shalat penutup, dan gak hanya dilakukan saat Ramadhan aja loh.. tapi juga disunnahkan setiap hari.

Tapi kamu tau gak sih witir itu artinya apa?

Witir artinya ganjil. Witir dilakukan pada malam hari, waktunya dari setelah shalat isya hingga menjelang shalat subuh. So kalo kamu bener-bener udah ngantuk, bisa kok ngelakuin witir 1 rakaat aja. Karena minimumnya emang satu rakaat, dan bisa kamu lakuin hingga 11 rakaat. Inget, yang penting bilangannya ganjil ya! Kalo kamu ngerjainnya lebih dari 3 rakaat, maka setiap 2 rakaat - salam, dan ditutup dengan satu rakaat.

Seperti sabda Rasulullah :
"Barangsiapa mengira tidak akan bangun malam, maka hendaklah ia berwitir pada awal malam, barangsiapa merasa yakin bisa bangun malam, maka hendaklah ia berwitir di akhir malam karena salah akhir malam dihadiri malaikat" (HR Muslim, Ahmad, Tirmizi)
Makanya, jangan pernah meremehkan shalat witir ya ^^ FYI, Nabi Muhammad gak pernah sekalipun meninggalkan shalat witirnya. Seperti sabda beliau, "wahai orang-orang yang cinta kepada Al-Qur'an, shalat witirlah, karena sesungguhnya Allah itu ganjil yang menyenangi (shalat) yang ganjil". Soo.. yuk mengikuti ajaran nabi kita :) witir witir :)

4. Shalat Tarawih
Naah.. disaat Ramadhan, shalat sunnah yang satu ini menjadi sangat populer dan selalu dilakukan berjamaah di mesjid dan mushola terdekat.

Apakah itu? yahaa.. Shalat tarawih! Karena hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Jadi shalat sunnah ini cuma bisa dilakukan 29 / 30 hari selama satu tahun. 
Shalat tarawih ini dilakukan sesudah shalat isya, dan biasanya di mesjid-musholla dilakukan sebanyak 8 rakaat dengan 4 rakaat salam 4 rakaat salam. Karena spesialnya keberadaan shalat tarawih ini, manfaat kalau kita melakukan shalat tarawihnya juga spesial dong :D

  • Dosa-dosa yang telah lalu diampuni oleh Allah
    Seperti sabda Rasulullah :
    "Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni" (HR Bukhari)Apabila kita melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala dari-Nya, maka insyaAllah dosa yang dulu kita perbuat akan diampuni oleh Allah. Subhanallah :)
  • Siapa yang melakukan shalat tarawih berjamaah, diibaratkan seperti telah melakukan shalat semalam penuh
    Seperti sabda Rasulullah, dari Abu Dzar : "Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh"
  • Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang hampir menyamai shalat fardu. :)
  • Menyehatkan fisik, meningkatkan daya tahan tubuh, stamina
  • Membantu dalam mengontrol berat badan, karena kombinasi pembatasan asupan makanan ketika sahur dan berbuka puasa + tarawih. Makanlah secukupnya ketika sahur dan berbuka. So, buat kamu-kamu yang mau diet, yuk tarawih! :D
  • Menurut penelitian, plasma insulin dan  glukosa darah mulai meningkat ketika 1 jam /  lebih setelah buka puasa. Gula darah dan glukosa mencapai tingkat tertinggi pada 1 hingga 2 jam kemudian.
    Dan apabila pada waktu itu kamu melakukan shalat tarawih, glukosa yang beredar itu akan dimetabolisme menjadi karbon dioksida dan air, dan menjadi stabil kembali. (ngerti kan? kalo gak ngerti gula darah, glukosa, plasma insulin, dan metabolisme itu apa.. yuk dibuka lagi buku biologinya :D)
******
4 macam shalat sunnah dulu aja ya yang kita bahas di postingan ini. Ora opo-opo kan? :D
Yuk kita shalat sunnah! Tapi jangan sampai ya shalat sunnahnya udah rajin tiap hari.. eh malah shalat wajibnya 5 waktunya yang bolong-bolong. :D

nb :
Konsistenlah dalam melaksanakan shalat sunnah. Lebih baik melaksanakan shalat sunnah dengan rakaat yang sedikit, tetapi rutin dilakukan setiap hari, daripada banyak rakaat tetapi tidak rutin. Konsisten, berkomitmen, dan luruskanlah niat kita hanya untuk mengharapkan ridho dari-Nya. Sehingga semua manfaat dari shalat sunnah itu bisa kita dapatkan :)

Yuk kita mulai membiasakan diri dari sekarang ^^


47 komentar:

  1. postingan yg bermanfaat... makasiiihhh vi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama..
      alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Hapus
  2. so sweet postingannya, terlebih ada gambar2nya.. jadi tambah menarik.. :)

    *ah saya sudah shalat malam belum ya..

    BalasHapus
  3. wah lengkap banget, sangat bermanfaat
    saya juga suka sama gambar2nya....kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih :)
      kalau suka sama gambar-gambarnya, liat aja di http://komikmuslimah.blogspot.com/

      lengkap kok ^^

      Hapus
  4. nice post ^^b sangat bermanfaat! cukup memotivasi juga :)

    BalasHapus
  5. baru shalat taraweh dan witir yang baru di laksanakan..

    #gambarny kece banget. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk sholat Dhuha dan tahajud nya juga :D

      Hapus
  6. wah, posting yang menggugah untuk lebih rajin ibadah :)
    salam kenal dulu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Rian ^^
      ayo ibadahnya dirajinin lagi!! Yuuk :D

      Hapus
  7. semoga kelak bisa jadi isteri yang solehah ^^..

    BalasHapus
  8. wah.... calon Istri Soleha nih.. :)
    yap... memperbanyak Ibadah termasuk sholat sunnah pada bulan Ramadhan adalah sebuah keharusan bagi siapapun yang tidak ingin merugi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waha..
      amin amin * makasih doanya >.< *

      Hapus
  9. setuju dengan kalimat:
    "Konsistenlah dalam melaksanakan shalat sunnah"

    lebih baik 2 rakaat dan melakukannya dengan ikhlas serta khusyuk dengan konsisten, dr pada 12 rakaat tp tidak khusyuk dan skali". :)

    alhamdulillah, bertambah ilmu lg tentang sholat sunnah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilmunya jangan lupa diterapkan yaa.. biar pahalanya ngalir terus :D

      Hapus
  10. meskipun udah tau tentang ini dari dulu,
    tapi gak tau kenapa susahnya minta ampyuuuuun :(

    semoga ramadhan ini bsa jadi lebih baik :D

    salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ACTION!!
      mulai dari sekarang aja yuuk.. :)

      salam kenal jg ^^

      Hapus
  11. Ilmunya dapat banget...makasihh

    BalasHapus
  12. kunjungan pertama ke sini, met menunaikan ibadah puasa ya. :)

    BalasHapus
  13. solat yang bisa bikin gebetan jadi pacar ada ga ya?
    *astapirulooohhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok..
      tiap abis solat berdoa aja biar bisa dapet gebetan yang kece..
      semoga terkabul ^^

      Hapus
  14. ya allah... solat wajib aja masih bolong bolong :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang semangat yuk beribadahnya ^^
      jangan ada yg bolong-bolong lagi :D

      Hapus
  15. InsyaAllah,

    btw, gambarnya bikin sendiri ya? unyu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kok..
      gambarnya diambil dari http://komikmuslimah.blogspot.com/

      ^^

      Hapus
  16. Penen yang merah merah itu kok sudutnya bisa gonta ganti sih mbak? #norak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong :D
      edit-edit dikit aja kok ^^

      Hapus
  17. waaaaaaaaaaah manfaaaat bangeeeet ini postingannya, mulai besok mau rajin lagi ah sholat dhuha dan sholat2 sunah lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo bermanfaat :)
      yuk perbanyak amalan di bulan Ramadhan!! :D

      Hapus
  18. sedap banget info islaminya ....

    semoga kita lebih giat beribadah di bulan ramadhan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedap dong, kan pake es :P
      amiin..
      ayo manfaatin penghujung ramadhan ini ^^

      Hapus
  19. Terimakasih atas imformasinya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  20. Mampir untuk membaca gan, terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  21. Sangat membantu banget .dan tambah semangat buat terus melakukan sholat sunah.....makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau tulisannya bermanfaat :)

      Hapus
  22. Allhamdulillwh terima kasih banyak ilmunya...

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah...sangat bermanfaat.semoga Allah membalas dengan pahala yg banyak..Aamiin

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah...sangat bermanfaat.semoga Allah membalas dengan pahala yg banyak..Aamiin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...