17.3.12

Tipe-tipe Ujian di Dunia

Akhirnya UTS berakhir \^.^/
Walaupun udah siap ujian, tapi gak ada salahnya kan gue ngebahas tentang itu disini.. boleh kan yaa? :D

Siapa sih yang gak pernah ngerasain ujian? tanya deh sama bonyok, nenek, kakak, abang, n adek kamu yang udah sekolah.. pasti deh semuanya pernah terjebak dalam momen ini. Kamu juga kan ?

Sekarang gue bakal ngoceh tentang jenis-jenis ujian yang ada di dunia *ceile mainannye dunia*
Yuk mari langsung aja cekidot !! :)

1. Close Book

ayoo tunjuk tangan siapa yang pernah ujian tutup buku?

oke.. semuanya pada nunjuk tangan. Fine. Turunin tangannya lagi..
Emang tipe ujian yang satu ini paling sering dipake buat para guru n dosen sebagai tipe ujian mereka. Kalo kamu dapet tipe ujian close book ini, artinya semua jawaban yang ditanyain pasti ada di dalam buku cetak. So tinggal baca buku aja deh, dijamin ujiannya berhasil.



Kalo kamu masih anak sekolah, jangan heran kalo hampir semua ujiannya close book terus. Tapi kalo ntar udah masuk dunia kuliah, gak semua ujian bakal kayak gini.. Kamu bisa aja ujian open book, oprn laptop, open paper, dan open-open lainnya (yang bakal gue bahas di point-point selanjutnya)

Walaupun kamu gak bisa liat buku buat ujian tapi bisa buka jimat, tapi ujian close book ini memiliki tingkat kesulitan soal yang paling rendah dibanding tipe ujian lainnya. Karena jawabannya berkisar di teori, pengertian, contoh-contoh umum yang semua ada di buku.


2.Open Book

Salah satu tipe ujian yang lumayan santai, open book. Kita bebas liat buku apa aja waktu ujian berlangsung, mau liat jawabannya di komik naruto terbaru, novel, koran kompas atopun majalah trubus gak masalah..  Diizinin banget kok, asal kamunya gak jadi ribet sendiri bawa seabrek buku buat ujian. Rempong cuss :o

Tapi jangan harap semua jawaban yang kamu cari ada di buku.. Gak segampang itu. Dengan tipe ujian open book, biasanya si dosen lebih nuntut logika dan analisis kamu dalam ngejawab pertanyaan. Bukan cuma jawaban teori belaka yang bertebaran di tiap buku.

Tipe open book ini memiliki tingkat kesulitan soal lebih besar daripada close book, karena kamu dituntut buat bisa menganalisis soal. Kalau mau nyontek ke tetangga pun bakalan susah, karena logika dan analisis tiap orang pasti berbeda kan..



3. Open Laptop

Menurut gue ini yang paling seru.. Open Laptop ! yeah XD

Kenapa seru? karena kita bisa buka laptop sepuas-puasnya, bisa liat semua materi yang ada di laptop, dari word, presentasi, pdf, dll ketika ujian berlangsung.

Tapi biasanya ketika ujian open laptop ini berlangsung, dosen ngelarang adanya transaksi colok-mencolok flashdisk, modem, ataupun aktifin wireless. Jangan harap kamu bisa browsing waktu ujian, apalagi buka fesbuk. muehehe :3

Ujian open laptop ini biasanya dipakai buat jurusan-jurusan yang berbau programming.. Ujiannya ngetik script di laptop, yang cukup menguras logika kamu buat ngejawab soalnya.


4. Take Home Test

Ujian yang dilaksanain di rumah masing-masing.. Lebih kayak PR gitu deh, tapi punya nilai dan kesulitan soal yang lebih dibanding PR di sekolahan, ataupun tugas-tugas dari dosen.

Gak banyak dosen yang makai sistem ujian kayak gini.. yang jelas tipe ujian take home punya tingkat kesulitan yang paliiiiiing tinggi dibanding tipe ujian lainnya.

Enak sih enak kalo dapet ujian take home.. kalo kamu mikir bisa dengan gampang nyontek punya temen yang pinter, bisa-bisa aja. Tapi biasanya dosen kamu lebih cerdas dan punya maksud lain dengan ngadain tipe ujian take home ini.

****

Soo.. tipe ujian yang mana yang paling kamu sukai? share disini yuk!
Kalo pernah ngerasain tipe ujian jenis lainnya juga bisa di share disini kok ^^

8 komentar:

  1. paling seneng ujian open book pas kuliah.. tapi paling sebel kalo open book gak bawa catatan sama sekali. sama aja -____-" *nyesel senyesel-nyeselnya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar yaa #pukpuk
      *padahal gue juga pernah kayak gitu* -__-"

      Hapus
  2. Take Home Test
    gk pernah nemu in yang kayak gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja request ujian take home sama dosennya :P susah looh

      Hapus
  3. nice post .. mampir di blogku yea ,, saling follow ..
    http://cyber-sancay.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...