4.1.12

Permainan yang Tak Lekang oleh Waktu

Udah 2 minggu lebih gue menikmati libur semester genap. Bentar lagi mulai deh disibukin sama kuliah, tugas, dsb. FIGHT!! ^^

Biasanya pas liburan gini gue selalu sempetin reunian bareng temen-temen SMA. Tapi liburan semester ini gak kayak libur-libur yang sebelumnya. Tanya kenapa? yap, ada beberapa temen gue yang kuliah di pendok, di UI dan Sekolah Tinggi punya pemerintah belum liburan, mereka libur pas gue udah mulai kuliah (gak seru banget deh).

Jadinya gak bisa ngumpul rame.. dan ngelakuin ritual-ritual yang udah mendarah daging kalo kita reunian *ceile bahasanya*. Apa itu?

** ENG ING ENG **
Kalau ngumpul-ngumpul harus ada ini :

kartu keramat

yak.. kartu remi sodara-sodara. Walaupun banyak yang bilang ini permainan lama.. tapi kita gak pernah bosan tuh maininnya.. karena bdari setumpuk kartu remi yang terdiri dari 52 kartu (gak termasuk joker) bisa dijadiin alat buat macem-macem mainan. Apa aja tuh?

capcus yuuk.. cekidot ;)


1. Babi
Caranya kamu dan temen-temen duduk melingkar, megang 4 kartu, terus kartunya dioper barengan sampe ada yang nemu 4 kartu sama angka atau huruf, kalau udah ada yang nemu, langsung kasih tanda, yang lain mesti ngikutin. yang terakhir ngikut jadi babi 1. begitu seterusnya. Kalau kasta yg lebih tinggi menanggapi kasta yg lebih rendah dia langsung jadi kasta rendah itu. Urutan kasta: manusia, babi 1, babi 2, babi 3, babi 4, babi 5.

2. Bohong
Caranya kamu dan temen-temen ngeletakin kartu tertutup gitu, terus nyebutin itu kartu apa dan berapa lembar (boleh bohong atau beneran), terus oper ke samping, yang di samping boleh nambahin atau ngebuka kartu kalau dia nganggep orang sebelumnya bohong. kalau ternyata ketahuan bohong, kartunya balik ke orangnya, kalau gak kartunya jadi punya orang yg nebak, begitu seterusnya sampai sisa 1 orang yang kartunya gak habis-habis.


-waktu lagi main bohong-




3. 41
Permainan hitung-hitungan, cuma bisa dimainin maksimal 4 orang. Kartu angka bernilai sesuai angkanya, kalau gambar nilainya 10. kalau 41 itu tinggal dijumlahin aja. Pertama, masing-masing dikasih 4 kartu, lalu sisanya diletakkan ditengah. Setiap pemain bergiliran ngambil 1 kartu yang ditengah, lalu buang 1 kartu yang udah ditangannya (pokoknya yang bakal dijumlahin itu cuma 4 kartu). yg dijumlahin itu kartu yg sama gambarnya.


Siapa yg paling belang itu yang kalah. yang duluan ngumpulin 4 kartu yg sama dengan jumlah 41, itu yg menang. Kalau gak ada juga yang bisa mencapai nilai 41 tapi kartu yang ditengah udah habis, yang paling gak belang dan jumlahnya paling tinggi itu yg menang. Tiap kartu nilainya sesuai angka,yg gambar bernilai 10, khusus as 11. Untuk kartu yang terbuang, kartu yang dibuang itu dalam keadaan terbuka. Jadi setiap orang boleh ngambil kartu yang dibuang terakhir sama orang sebelumnya (aturan gilirannya tetap sistem melingkar biasa). 


Jadi pas tiba giliran dia buat ngambil kartu yg ditengah, trus ternyata kartu paling atas (terakhir) yg dibuang sama orang sebelum dia ada yg menarik buat dia ambil, dia boleh ambil kartu yg itu,tapi dia gak boleh ngambil lagi kartu yg ditengah. Jadi kamu bisa milih, mau ngambil kartu buangan atau kartu ditengah. Ketika udah ada yang menang, semua kartu di tangan dijumlahin, yang kalah adalah yang jumlahnya paling sedikit.

4. Truff
Permainan kartu buat 4 orang. Pertama kali kita dibagiin 13 kartu. Setelah itu kita bidding, penawaran kita mau menang berapa kali. Jumlah kali menang ditunjukan dengan angka, kalau nggak mau pernah menang (kalau nggak salah) pakai gambar. Orang yang menang biding (dengan angka tertinggi, dan kelas gambar tertinggi- dengan urutan Spade-heart-diamond-clab) kartunya ditentukan sebagai trum (jenis kartu yang bisa dipakai buat lawan apa aja, kalau nggak ada kartu dengan jenis tertentu).

Kalau waktu bidding yang menang menentukan jumlah menangnya dengan dua jenis kartu, berarti berlaku no trum (nggak ada kartu yang dianggap sebagai joker). dan setiap ngeluarin kartu kayak main biasa, mana yang nilainya lebih tinggi). dan yang menang ngambil ke-empat kartu di ronde tersebut. kalau udah selesai. kalau jumlah menang kita sesuai dengan biding, kita dapat poin sesuai biding, kalau beda, dihitung selisih menang dan biding, (dalam minus), poinnya begitu terus sampai selesai. *itu buat lawan apa saja. kalau biding nya "0" atau nggak mau pernah menang, dan sesuai dengan jumlah menang apat poin 5.

nb : gue belum pernah main truff :p

5. ada main setan, 42, cangkul, dll. Mungkin di lain waktu aja gue jelasinnya . muehehehe
-waktu lagi main setan-


***

Biar permainannya makin seru, pastinya harus ada hukuman dong.. kalo yang kalah di suruh ngelakuin ini itu, atau mukanya dicoret.

yang kalah mukanya kena coret

Tertarik nyoba bermacam permainan kartu remi kalo lagi ngumpul?
*Let's try*

Semakin rame yang main semakin seru looh ;)


14 komentar:

  1. hahha biasanya maen cangkul or 41 :D
    baru tw lho ada yg namanya babi jg :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. main babi seru loh :D cobain aja!

      Hapus
  2. ga pernah main kartu remi T.T
    apapun jenis permainannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah? masa sih?
      seru looh. cobain aja ^^

      Hapus
  3. mainan babi aku nggak tahu yang mana, tapi dulu suka banget sama kartu, sekarang hampir nggak ada waktu buat main :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sibuknya :o smoga ada waktu luang buat mainin babi :P hoho

      Hapus
  4. haha setuju sekali dengan tulisan yang satu ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. merci :)
      udah coba mainin semuanya? :D

      Hapus
  5. rame main kartu ini atau uno ya??
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 rame kok, asal yg mainnya banyak pasti seru :D
      main uno juga bisa pake kartu remi kan :)

      Hapus
  6. biasanya suka main cangkul..
    sanksi pke arang kuali mama.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus tuh sanksinya.. pake arang di ekor kuali!! haha

      Hapus
  7. well, gue gak bisa main kartu joker sama sekali #tragis

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau gue bikinin tutorial mainnya gak? #eaaa

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...