25.1.12

Indahnya Pantai di Sumatera Barat

Gue suka pantai, gue suka langit, gue suka gunung, gue suka alam bebas. Tapi apa mereka juga suka gue? Jangan bilang cinta gue bertepuk sebelah tangan #eh
Apalagi dengan status gue yang tinggal di daerah yang di kelilingi pantai. Yap! kalo orang luar datang ke daerah gue.. kayaknya kurang afdol kalo gak ke pantai dulu. Karena emang itu salah satu daerah wisata wajib disini :D

Pantai.. pantai.. pantai..
deburan ombak yang menghempas bebatuan.. menghapus jejak di putih yang indah.. hembusan angin yang menyejukkan.. Love it!

Kali ini gue bakal share tentang beberapa pantai yang pernah gue kunjungin di daerah kediaman gue selama ini (baca: Sumbar). Penasaran? Yuk capcuss cin.. Cekidot!


1. Pantai Carocok

Pantai Carocok berada di daerah Painan, tepatnya di kecamatan IV Jurai dengan Jarak Tempuh 77 KM dari Padang. Sekitar 200 meter ke arah barat dari pantai Carocok terdapat sebuah pulau kecil berpasir putih yang bernama pulau Cingkuak. Disini kita bisa main banana boat sepuasnya. Pemandangannya indah banget, hamparan pasir putih yang menggoda dan air laut yang jernih membuat kita terhipnotis buat nyemplung di dalamnya :p Recommended beach banget deh.. gak nyesel kalo kalian datang ke pantai ini.

FYI, liburan semester kemaren gue baru aja balik dari sana bareng temen-temen satu jurusan. Seharian di hamparan laut yang indah itu bikin gue pengen lagi lagi dan lagi kesana :3

pemandangan dari Pulau Cingkuak


2. Pantai Padang

Yuhu.. dari namanya kalian pasti bisa nebak kalo pantai ini ada di daerah Padang. Pantai Padang merupakan pantai yang paling sering gue kunjungi dibanding pantai-pantai lainnya ya iya lah. Kalo kamu menghadap ke Pantai, disebelah kirinya kamu bisa liat gunung Padang yang membentang luas.

Karena letaknya yang strategis, gak jauh dari pusat kota Padang, Pantai Padang menjadi salah satu objek wisata yang gak pernah habis dikunjungi para wisatawan luar maupun oleh warga Padang sendiri. Pada sore hari kamu bisa menikmati pemandangan Sun Set yang memukau, dan saatnya untuk bilang sempurna see you tomorrow pada senja yang perlahan menghilang.

Padang Beach

3. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah merupakan salah satu pantai yang berada di kota Pariaman, Sumatera Barat yang berjarak sekitar 60 km dari kota Padang. Hamparan pasir putih yang dibalut hembusan angin sepoi menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Jika kita melihat dari tepi pantai, tampak pula deretan pulau-pulau kecil dari kejauhan, seperti pulau Kasiak, Angsa Duo, dan Pulau Pandan.

Kalau kamu berangkat dari Padang, gak perlu ngeluarin kocek dalam buat sampai ke Pantai yang mempesona ini. Hanya dengan Rp. 2500 kita bisa mengunjunginya dengan kereta api wisata yang datang setiap harinya menuju stasiun Pariaman.

Kalo kamu berkunjung pada awal bulan Muharram, tepatnya tanggal 10 Muharram, kamu bisa menyaksikan langsung upacara pembuangan Tabuik, pesta tahunan rakyat Pariaman dan ribuan orang yang memadati pantai Gandoriah ini.

Gandoriah Beach

4. Pantai Air Manis

Pantai yang satu ini terkenal dengan batu malin kundangnya yang bersejarah. Ada yang gak tau cerita malin kundang? NDESOO!! haha. Jadi ceritanya tentang anak yang durhaka sama ibunya, terus dikutuk deh jadi batu, dan kejadianya itu bertempat di pantai air manis ini. So, jangan salah batu malin kundang beserta kapalnya ini jadi objek wisata yang menarik perhatian pengunjung yang gak lupa mengabadikan gambar bersamanya.

Satu hal yang gue tekankan.. Jangan tanya gue kenapa airnya manis.. banyak cewek-cewek cantik yang datang kesana kali yaa :o termasuk gue tapi perasaan gue airnya tetep deh, asin -__-"

garis-garis ombak di pantai air manis

5. Pantai Carolina

Pantai Carolina terletak di daerah Teluk Bungus, 25 km di selatan kota Padang. Disini kita akan disuguhkan pemandangan pohon pinus yang berjejer rapi di tepi pantai, membuat nyaman setiap orang yang berkunjung. Pantai ini juga bersih banget dan termasuk ke dalam nominasi pantai terindah di daerah Padang. 

waktu lagi main ke Pantai Carolina bareng Nina

6. Pantai Tiram

Pantai Tiram terletak lebih kurang 12 km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), tepatnya di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Pantai Tiram ini terletak sejajar dengan BIM. Kalau kamu baru keluar dari BIM, cukup belok kiri setelah pintu masuk menuju pantai Ketaping, dan kamu akan sampai di Pantai Tiram.

Pantai Tiram belum terlalu dikenal, karena memang masih baru, dan masih dalam proses perkembangan. Disini kita bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang pastinya maknyusss :) Gak nyesel deh kalo kesini, bersih, pasir putih, dan wonderful.


7. Pantai DLL

Sumatera Barat emang identik dengan pantai. Saking banyaknya, gue gak bisa jabarin satu-satu ^^ So, bukan nama pantainya yang "DLL", tapi itu merupakan kumpulan dari semua pantai yang belum sempat gue sebutin di atas. 6 pantai di atas udah pernah gue jabanin sih, makanya bisa tau . hehe

-kabur dikejar ombak di pantai deket rumah temen gue-


Sumatera Barat termasuk kawasan pesisir, sehingga memiliki banyak pantai yang bisa memanjakan kita sejenak, melepaskan diri dari kebisingan kota. So, gak nyesel deh kalo kamu ke Sumatera Barat. Walaupun judulnya sama-sama "pantai", tapi pesona dari tiap pantai gak sama.. Ayo jangan sampai ketinggalan menikmati keindahannya juga ;) 



At the beach, just another day in paradise!


18 komentar:

  1. tidak semua pantai di padang itu indah.......he he......3/4 pantai dipadang banyak sampah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih.. ada beberapa. tapi itu kan karena ulah manusia juga yang gak mau ngerawat pantai itu sendiri.

      padahal aslinya pantai dilahirkan sebagai tempat wisata yang indah dan menenangkan :)

      Hapus
  2. wah,gua tinggal dekat pantai.... waktu kecil sering maen2 (surfing) ke pantai #adzie , tapi dah gede sering surfing di internet...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. surfing? wew :o pengen bisa surfing juga *ngiri*

      ckck.. anak zaman sekarang mainannya udah canggih yak :D

      Hapus
  3. Pengen liat batu malin kundang... :3
    Bener juga, kemaren saya ke pantai yang di padang. Kebanyakan sampah dari pada pengunjungnya. Huehehehhe, but i still love it! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk ke pantai air manis :3
      makanya sampahnya dipungutin dong kaka. jangan diliatin aja :o

      Hapus
  4. Gondoriah sama Air Manis!!!! waaaaaa!! :O :O

    BalasHapus
  5. cubadak sama sikuai juga kereen!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sikuai itu keren . banget malah
      tapi sayang bgt gue belum pernah kesitu -,-

      *kapan yak* :D

      Hapus
  6. pantai tiram itu sepertinya menarik. belom pernah kesana soalnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. pantai tiram itu masih baru dan belum terlalu banyak pengunjung. bersih juga :D ayok ke pantai tiram ^^

      Hapus
  7. waw pantainya top banget, kamu udah pernah daatang kesana semua... we e e e jadi pengen ke sumatra nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah udah pernah didatengin semua :)
      ayok ke padang! :D

      Hapus
  8. Wah ... pantainya bersih ya ... lain dengan pantai di jawa :3

    BalasHapus
  9. salam kenal..
    aniwey..pantai air manis nya persis banget ama garis pantai di pantai lagundi...
    someday,i will come to this place...nice recommended... ^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...