27.7.11

(Jangan) Panggil Aku "Kucai"

Kucai, sebuah kata yang sangat bermakna dan hanya ada di minang. Temen-temen gw sering ngomong "kucai" buat temennya yang emang "kucai".

Jadi "kucai" itu apa?
Kucai merupakan kata sifat yang merupakan singkatan dari Kuciang Aia. Di minang sendiri Kuciang berarti kucing, dan Aia artinya air. Jadi Kucai itu kalo di transletin jadi Kucing Air, Water Cat. Tapi mesti diingat, kucai itu bukan berarti kucing !! kucai itu kata sifat  ^^

jadi bukan yang ini :


Bingung ya? wajar deh kalo bingung.. gw juga kalo bukan orang minang pasti bakalan bingung  :D

Jadi gini, daripada berbelit-belit, gw kasih contoh aja deh..

Misalnya nih, lo pulang kuliah bareng temen-temen pake bus, eh tiba-tiba temen lo lewat pake mobil sendirian, dia nyapa lo sih.. tapi gak nawarin bareng gitu, langsung ngacir pulang duluan.. Nah itu yang namanya "kucai". Lebih ngutamain kepentingan pribadi dibanding kepentingan bersama, rela di jauhin cuma karena mentingin ego sendiri, kalo di minang bisa dibilang juga "sakalamak dek inyo se" ..



ato contoh lainnya, kamu di suruh bikin tugas kelompok sama dosen, tapi ada satu temen kamu yang gak ikutan kerja, kamu sama temen-temen internetannya googling tugas, si kucai malah internetan buat download film. Ntar kalo nilai kelompok rendah, dia marah-marah ke kamu. Gak rela kan kamu capek-capek cari tugas, dia santai-santai, malah nuntut nilai pula. MySpace >> itu yang namanya kucai

*gak gak gak kuat, gak gak gak kuat, aku gak kuat sama kucai kucai



Coba deh kalo lo punya temen kayak gitu? Bikin makan hati juga sih, kalo sekali-sekali sih masih bisa diterima.. tapi kalo keseringan? wedeh-wedeh.. TERLALU !!

Gak ada yang suka sama "kucai". Kalo kamu punya temen yang "kucai" , mending kamu ingetin dia biar bisa ngerubah sikapnya.

Tapi kalo ternyata yang "kucai" itu diri kamu sendiri, mending kamu instropeksi diri deh.. Jangan sampai temen-temen kamu menjauh cuma karena sifat kucai kamu itu. Gak mau kan kehilangan temen-temennya?


********

Semoga postingan singkat ini bisa bikin kita sama-sama sadar dan bisa berubah menjadi lebih baik :)
Sampai jumpa di postingan berikutnya yaa MySpace

9 komentar:

  1. halo cebong...lama tak main disinii :D

    kucai?? jadi inget salah satu nama tokoh di laskar pelangi. lalu apa hubungannya pengertian kucai dengan kucing air??? *bingun O.o

    BalasHapus
  2. hai armae .. makasih udah berkunjung :)

    kucai itu singkatan, kepanjangannya KUCiang AIa (bahasa minang), kalo di bahasa indonesia.in jadi kucing air :D

    hehe

    BalasHapus
  3. Jadi kucai tuh arti laen dari egois ya?
    Thanks for sharing, baru kali ini belajar bahasa minang, hehehe

    BalasHapus
  4. Ke-yu-Si-E-ai kucai.... kucai... cai cai cai... chaiya chaiya....

    *numpang ngamen aja*

    BalasHapus
  5. ikbal : thanks :)
    tante hani : monggo, silahkan ngamen :D

    BalasHapus
  6. mantap iphi...nia baru tau singkatan kuciang aia tu kucai..hahahaha

    BalasHapus
  7. jiha.. di teknik tu istilah umum ma nik
    tiap ada yg dulu2an, kucai.. haha

    BalasHapus
  8. Pacar gw malah nama panggilannya kucai. Senang dipanggil gtu. Tp suka brgaul. Tp cuek jg sih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...