28.4.11

Tips Membangun Hubungan Interpersonal

Tahukah anda bahwasanya mencari teman itu mudah.. namun membina hubungan tersebut menjadi jangka panjang yang sulit..
Lantas apakah yang bisa kita lakukan agar suatu hubungan menjadi langgeng dan harmonis???
Berikut ini adalah 8 pedoman membina hubungan dengan orang lain..

1. TERSENYUMLAH
Dengan tersenyum Anda telah mengisyaratkan bahwa Anda siap menjadi sahabat bagi orang lain. Tidak semua orang pandai berkomunikasi, kadang-kadang mereka merasa kurang nyaman berbicara dengan orang yang tidak mereka kenal. Maka sikap ramah dan tersenyumlah merupakan langkah awal untuk menenangkan sikap mereka.

2. BERIKAN PERHATIAN YANG TULUS
Semua ketrampilan, bakat, dan pendidikan di dunia ini tidak akan pernah membuat orang lain lebih terkesan daripada perhatian Anda yang tulus ikhlas kepadanya.

3. JADILAH PENDENGAR YANG BAIK
Salah satu kunci untuk menjadi pendengar yang baik adalah kemampuan untuk mendorong orang berbicara mengenai dirinya sendiri. Biasanya diperlukan beberapa pertanyaan yang tepat. Bila Anda sabar dan bertahan, Anda bahkan dapat membujuk orang paling sedikit bicara untuk cerita tentang dirinya sendiri.

4. JAGALAH PERASAAN ORANG LAIN
Manusia adalah makhluk emosional. Meskipun keinginan kita untuk selalu rasional dan bersikap logis, namun kita tidak boleh lupa hal di atas. Sebagaimana Dr. Paul Parker berkata “Anda akan berhubungan dengan orang lain dengan lebih berhasil jika dengan memperhatikan emosinya daripada memperhatikan pikirannya.”

5. BERIKAN PUJIAN ATAU APRESIASI YANG TULUS
Ingatlah tiada yang lebih penting di muka bumi ini daripada manusia. Tidak ada ruginya bagi kita memuji atau memberi apresiasi dengan tulus dan hormat, agar membuatnya merasa penting, bahkan ini akan memberikan dorongan / semangat yang luar biasa bagi orang lain. Dan manfaat tambahan bagi Anda adalah bahwa ini akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan orang tersebut.

6. SEBUTKAN NAMA MEREKA DENGAN BENAR
Nama merupakan suara terindah dan terpenting bagi pemiliknya. Jadi penting bagi kita untuk menyebutkan nama mereka dengan benar, karena mereka akan merasa sangat dihargai oleh Anda.

7. BICARALAH HAL-HAL YANG DIMINATI
Strategi yang terbaik untuk digunakan bila memulai satu hubungan adalah menfokuskan perhatian Anda pada apa yang disukai oleh orang lain. Bila Anda tanggap, biasanya Anda dapat belajar mengenai minat orang lain dengan cepat.

8. JADILAH ORANG YANG DAPAT DIPERCAYA & KONSISTEN
Ada beberapa hal yang dapat merusak suatu persahabatan dengan lebih cepat atau lebih parah lagi bila seseorang mengingkari suatu kepercayaan.
Ini terjadi bila orang tidak konsisten, dimana bedanya kata dan perbuatan. Ini juga terjadi bila ia sendiri membuat hilangnya kepercayaan itu karena dia tidak memenuhi kewajibannya, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Kehilangan kredibilitas tidak hanya merusak persahabatan, tapi juga merusak hubungan bisnis. “Orang harus lebih dahulu percaya pada Anda sebelum mereka bersedia mempercayai pandangan atau barang Anda.” Kesempatan dengan orang lain akan hilang dengan cepat jika orang lain tidak dapat mengandalkan Anda.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...