17.4.11

c++ : program bilangan berpangkat


kita bisa membuat berbagai macam program hitungan dengan dasar algoritma. Jadi siapa bilang algoritma itu nggak asik??
kalo kita udah nguasain algo, semua bakal terasa indah kok..
dan sekarang saya mau coba ngasih algoritma membuat jumlah perkalian dari bilangan berpangkat. kondisi awal : memasukkan besar pangkat dan bilangan yang di pangkatkan

untuk lebih jelasnya, di bawah ini saya lampirkan algoritmanya dalam bahasa c++ , cekidot 
>>>> 



#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main()
{
int i,b,p;
float hasil;
cout<<"program menentukan hasil pangkat bilangan"<<endl;
cout<<"========================================="<<endl;
cout<<"masukkan bilangan : ";cin>>b;
cout<<"masukkan pangkat : ";cin>>p;
cout<<endl;
hasil=1;
for (i=1;i<p;i++)
{
      cout<<b<<"x";
      hasil*=b;
}
hasil*=b;
cout<<b<<" = "<<hasil<<endl;
getch();
}

hasil :




 selamat mencobaaa :) 
silahkan liat contoh-contoh program dalam c++ yang lainnya dengan klik disini

6 komentar:

  1. yaap, semoga bisa membantu :)

    BalasHapus
  2. skali kali berkunjung di blogku yaa...
    salam anak RPL provinsi SUL-SEL..,
    =======VB Criminals=========

    BalasHapus
  3. kemaren berkunjung kok ;)

    salam VB , gue lagi blajar Vb semester ini ^^

    BalasHapus
  4. kak beri penjelasannya dund... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaa.. baru nyadar gak ada penjelasannya
      tapi itu simpel kok, intinya ada di :
      for (i=1;i<p;i++)
      {
      cout<<b<<"x";
      hasil*=b;
      }
      hasil*=b;

      lebih gampang dimengerti kalo dibikin contoh kayak yg diatas :
      kalo pangkatnya 4 (p=4)
      bilangannya 3 (b=3)

      jadi cout<<b<<"x"; akan nampilin "3x" sebanyak 3 kali (karena pakai perulangan i=1;i<4 )


      semoga bisa dimengerti ya ^^

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...