17.4.11

c++ : menentukan hari dan tanggal pada kalender

nah , sekarang mari kita bikin sebuah program yang menginputkan bulan, tanggal dan hari.. setelah itu kita bisa tau tanggal berapa aja yang ada di hari yang sama. disini saya pake struktur pengulangan, sehingga kita bisa menginput tanggal, hari dan bulan secara berulang-ulang.
kira-kira tampilannya kayak gini :



mungkin banyak yang bertanya-tanya, gimana tuh logika algoritma nya ??
yo wess, daripada berlama-lama bingung.. ni saya kasih tau algoritma nya dalam bahasa c++ .
monggo di simak :)

program:


#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main()
{
int i,t;
char h[6];
char b[9];
char x;
cout<<"program mengetahui tanggal pada kalender 2011"<<endl;
cout<<"============================================="<<endl;
do
{
      cout<<endl<<"masukkan hari : ";cin>>h;
      cout<<"masukkan bulan : ";cin>>b;
      cout<<"masukkan tanggal : ";cin>>t;
      cout<<"Hari "<<h<<" di bulan "<<b<<" akan jatuh pada tanggal : ";
      while (t<=31)
      {
            cout<<t<<" . ";
            t+=7;
      }
      cout<<endl;
      cout<<"Mau Lanjut  [y/n] ? "; cin>>x;
} while (x!='n');
keluar : {}
getch();
}

tinggal di copast aja, abis di running hasilnya bisa di coba sendiri.. 
tapi pastiin pas menginput tanggal dan hari, tanggal itu menunjukkan hari yang pas.. bukan asal.

gimana ?? tertarik mencoba? kalo mau coba bikin contoh program c++ yang lainnya, tinggal klik disini

6 komentar:

  1. maaf kakak,nanya dong..
    char h [6];
    char b [9];
    itu bisa dijelasin 6 dapet dari mana,9 dapet dari mana? aku baru bgt soalnya bljar c++,hehe. makasih utk jawabannya :)

    BalasHapus
  2. char h [6]; itu mksudnya jumlah karakter huruf yg kita masukin maksimal itu cm 6 karakter, kan h disini maksudnya hari..
    coba hitung deh, hari yg paling panjang SELASA kan? 6 karakter..

    kalau char b[9]; itu sama aja kyk char h [6]; , tapi b itu sebagai simbol untuk bulan.. SEPTEMBER tuh yg paling panjang, 9 karakter :)

    semoga bisa dimengerti ^^

    BalasHapus
  3. asalamualaikum..mau tanya maksudnya "cout<<endl" apa y?? terimakasih

    BalasHapus
  4. gan, bisa buat kode penanggalan hijriah gak?? misalny inputnya itu tgl msehi nah ouputnya itu tgl hijriah..

    BalasHapus
  5. klo diganti kalender 2015 bisa gak ? rumusnya tetap sama ?apa beda lg?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...